34

Hati2 dengan tagihan PAM anda..

Kejadian yang saya khawatirkan akhirnya terjadi juga sama kami..

Pernah suatu ketika saya membayar tagihan melalui counter pengelola PAM Bintaro langsung ke gedung BTC (biasanya sih bayarnya cuman pake ATM bank Permata), waktu itu saya liyat ada ibu2 yang komplain ribut2 masalah tagihan yang gak wajar, entah bagaimana ceritanya yang saya denger si pengelola menuduh ibu2 itu berusaha mengakali meteran PAM dengan menggunakan pompa or apa gitu, dan ributlah mereka, tapi saya ga tau akhir keributan itu kemenangan ada di pihak mana.

Saat itu saya hanya mengelus dada, betapa buruknya pelayanan umum yang harus kita bayar mahal ini, berharap tak terjadi pada saya.

Oke, masalah jasa air bersih yang sampai ke rumah kami, memang sampai saat ini hampir 2 tahun menjadi konsumen air bersih yang disupplai oleh jasa PAM Bintaro, tidak ada masalah, malah kami merasa sangat puas dengan air yang melimpah ruah, bersih, dan selalu mengalir deras.

Dalam sebulan biasanya saya membayar tagihan sekitar 130-150 ribuan (sudah termasuk uang kebersihan dan abonemen PAM), mahal memang, tapi so far kami puas dengan kualitas air bersih yang kami pakai. Tapi kemudian masalah datang pada saat kemaren kami mau membayar tagihan pemakaian bulan desember yang lalu, alangkah terkejutnya melihat tagihan yang harus dibayar adalah 600ribu rupiah… astaghfirullah permainan apa ini ??

Jadi ada kesalahan pencatatan angka meteran pemakaian bulan lalu ilustrasinya begini :
pemakaian rata2 per bulan adalah 20-30 m kubik
tiba2 pemakaian bulan desember tercatat pemakaiannya adalah 180m kubik –> ga masuk akal, katanya catatan petugasnya begitu
bulan ini petugasnya mencatat dengan angka yang benar (otomatis pemakaiannya minus kan?) –> dianggap nol, tapi tetep bayar abonemen bulanan+kebersihan

Padahal makin besar pemakaian makin besar pula angka pengalinya… dan itu artinya berasa banget selisihnya…

Dan yang paling bikin jengkel tetep aja kami disuruh bayar tagihan yang salah itu sebesar 600ribu..  ya ampuuuuuuuuunnn emang kita mo bikin kolam renang atau tambak ikan nih… dudulz banget sih !!! aaarrrrgggg……. sebeeeeeeeeeeelll

Saat itu yang membayar ke BTC adalah si mas, dan kebetulan saya ga bisa ikut. Saya menyesal saat itu saya gak bisa ngomel2 langsung di depan petugas2nya… arghh jadi gemes, dengan kalemnya suamiku yang membayar apa adanya tagihan yang tak masuk akal itu… duh betapa…

Petugasnya bilang bisa jadi kesalahannya ada pada kami yang salah menuliskan angka di papan meteran, bisa jadi petugasnya yang salah catet… menurut pengakuan suami, dia gak pernah menurunkan angka meteran di papan, yang ada setiap bulan dia naikkan sesuai yang ada di kran air pam.

Nah karena kami ga punya barang bukti jadi susah mendebatnya.. oke kali ini kita yang salah..

Pelajaran untuk semuanya :
1.  kalo ada tukang catet dari PAM atau PLN, pastikan yang dicatat sama dengan yang di meteran, tolong liyat dengan seksama dia catet di buku atau apa minta  tolong untuk ditunjukkan ke kita
2. cek juga setiap tagihan, apakah meterannya sama dengan yang dicatet, kalo bisa catet baik2 di buku sendiri
3. selalu simpan baik2 bukti pencatatan meteran dari petugas pencatat.. (untuk masalah saya harusnya saya bisa menang eyel2an dengan membawa bukti ini, sayangnya saya nggak rajin mengoleksi bukti2 ini, tadinya saya pikir ga berguna)
4. jangan mau membayar begitu saja tagihan yang tak masuk akal, selesaikan dulu, kalo diputus? ya demo aja !! tulis di public gede2 kalo mereka mencurangi konsumen.. *dasar monopoli

Jadi waspadalah sebelum kita dirugikan.. !!

*nggerundel ga abis2, coba waktu itu bisa ngomel2 langsung ke petugasnya 😦 uuugghh.. awas ya kalo sampe kejadian lagi… !!!