6

Episode Menyapih dengan Cinta (jilid 2)

nah, di bagian ini, cerita berlanjut dengan hari ke 4-7 setelah konsisten disapih..

hari ke 4 azkia mulai rewel minta bobo sama bunda lagi.. hihi ngga mau sama tantenya, iya deh mumpung bunda ga kuliah malam, tapi akibatnya jadi sedikit kolokan.. minta digendong sampe tertidur, dan itu luamaaa sekalee.. sampe pegel, mana berat nya dah 13 kilo aja.. heddeeeh.. dislimur2kan pake nonton video rekaman dia di hp sampe abis ga bobo juga, hiyaah.. sampe ada kali 1 jam ngegendong kaya bayi lagi sambil nyanyi dari a-z.. baru merem, beberapa kali masih terbangun di malam hari, tapi ga teriak2 lagi, cuman nangis dikit, mimik air putih trus digendong bentar bubu lagi.. tapi masih yaa.. pake acara gendong..

hari ke 5 – surprisingly.. azkia punya acara sendiri sebelum tidur.. gak minta gendong lagi.. nyuruh bunda nyanyi dari a sampe z.. nyanyi “ngarang sendiri”.. ga boleh nyanyi yang dia kenal.. hahahaha.. misal : “unda nyanyi cicicici ya.. sekarang nyanyi cipucipu..”.. howaa.. sampe dower yang nyanyi ga bubu juga, sambil dia gulung2 tindih sana tindih sini, akrobat deh pokoknya.. sambil ngoceh apa gitu gak jelas..

tapi oh tapi.. akhirnya dia bobo sendiri, sambil menutup mukanya dengan guling, sepanjang malem ga bangun2 lagi… langsung bangun pagi jam 6 sueger buger gitu, langsung senyum2 sambil nyanyi2.. hehe..

hari ke 5.. coba dicuekin.. tapi gagal, kebetulan si ayah lagi nonton DVD di depan, uthuk2 azkia bilang “mau tuyun, ndak mau bobo”.. “ayah, asia mau dinodino” haha.. dia minta disetelin DVD toopy n binoo favoritnya.. disuruh sambil boboan ga mau, akhirnya ditinggal masuk kamar sama ayahnya dengan harapan azkia ngikutin, eeh ternyata sampe jam 11 malem sampe film nya abis dia ga bobo juga, nonton sendirian gitu.. sampe kita berdua dah teler, tiba2 dia gedor2 pintu kenceng banget, “salamakum undaa… asia mau bobo”.. spontan kita berdua kaget.. hahaha.. abis tu tengkurep gitu aja, akhirnya bobo juga dia.. semalaman ga bangun2 juga.. lelap sampai pagi 🙂

hari ke  6 – 7 bobonya sudah otomatis, kita cuekin saja, azkia gulung2 sendiri di tempat tidur, sampe entah posisinya gak jelas lagi, tiba2 nyudut, tiba2 di atas bunda, sudah tidur.. hehe.. bangun malam sekali, sambil merem nangis, dielus2 bobo lagi..

alhamdulillah sejauh ini lancaaar.. paling ga, saving more energy, azkia udah ga bangun2 malem lagi, ga pake rewel lagi sebelum bobo, jadi seger deh bangun paginya 🙂

tentang asi, sampe tadi malam, masih suka merembes, tapi udah ga meres lagi, cuman 3 hari pertama setelah menyapih aja meresnya, abis tu udah mulai berkurang isinya, tapi kalo malam kadang masih suka merembes aja, tiba2 basah..

3

nenen-aholicnya kembali… uhuuy..

uhuuyy… betapa gembiranya bunda, kemaren, hari ke-10 pasca sariawan parahnya, azkia mulai kembali ketagihan nenen.. tiba2 dia bilang “nenek ulu nda.. nenek ulu nda.. azkia nenek nda..bebek sini sama azkia” hmm, mau ngeledekin bunda lagi ya? setelah sebelumnya tiap disodorin cm diledekin doang, masuk gigit nyengir.. eeh ternyata tidak, beneran dia mau nenen lagi, sambil merem2 dan tersenyum cerah..

yeayy..tadi malam sudah kembali seperti semula… “nenen-aholic” bunda nyebutnya 😀 moga2 lancar sampai 2 tahun yaaaaaaaaa… *a big hug for my princess.. lagi happy happy happy* 😉

4

Detik2 akhir perjuangan ASI untuk azkia

Hari ini sudah seminggu azkia tidak nenen bunda.. 3 hari pertama mau tapi tidak bisa, hari selanjutnya sudah tidak ada gairah untuk nenen, hari ini, cuman diledekin doang bundanya, “azkia mau nenen nggak, nak?”..begitu disodorin ke dia, masuk gigit.. Nyengir.. azkia bilang “ndak moh.. ndak moh” huhuhu..

Tapi alhamdulillah sakit sariawannya sudah berangsur2 sembuh, disusul gigi gerahamnya pada numbuh, nafsu makan dan nyusu UHT sudah kembali seperti semula, tapi cm satu yang ga kembali, nenen-aholic nya.. Huhuhu.. Korupsi 3 bulan sebelum sampai waktunya 2 tahun 😦

Dan, sudah 2 malam, azkia bisa tertidur sendiri di kasurnya, tanpa kelon2 sama bunda.. Sambil memeluk boneka bebek kesayangannya, dia goyang2 kakinya, lalu lhep tidur deh, Meski tengah malam masih merengek minta gendong, bukan minta nenen..

Ternyata begini rasanya nyapih, koq jadi bundanya yg melow ya.. Padahal kemaren2 kita (saya dan ayahnya az) dah yakin bgt ngasitau azkia kalo bentar lagi 3 bulan lagi, azkia udah ngga nenen lagi sama bunda, karena azkia udah besar, nenen bunda buat adek.. (padahal adeknya aja blum direncanakan.. Hehe) Tapi begitu harinya tiba, rasa2nya koq bunda masih antara siap dan tidak siap ya.. Dah 20 bulan terbiasa memeluknya sambil tertidur.. Ahh cepat sekali waktu ini berlalu nak, perasaan baru kemaren kau lahir, pasti tak akan terasa pula tiba2 dirimu dah abg… Huwaaaa… bimbing kami ya Allah agar bisa senantiasa mendidik dan menjaga amanahMu ini dengan sebaik2nya..

Posted by Wordmobi

4

Menuju proses penyapihan

Sudah 3 hari azkia kena sariawan parah (gejalanya mirip hfmd) yang muncul secara tiba2 diseluruh bagian mulutnya, paling parah di ujung lidahnya, jika dihitung lebih dari 20 bintik sariawan tumbuh bersamaan 😦

Sudah 3 hari pula azkia ngga bisa nenen, tidur malam rewel, keinginannya untuk nenen bunda musnah begitu saja, ketika lidahnya terasa perih terkena nenen bunda.. hiks..

bunda gimana? Produksi ASI yang masih cukup banyak ini, bingung mau diapain? sedih banget, karena semalaman dianggurin jadi bengkak, akhirnya mau tak mau harus diperah lagi, tapi azkia udah ngga mau minum ASIP, disendok ngga mau, dikasih sedotan ngga mau 😦 apa rasanya aneh?

Akhirnya dengan berat hati, diperah sedikit lalu dibuang.. huwaaaaaaaaaa 😦 takut kalo diperah sampai habis produksi akan bertambah banyak.. sebuah kondisi yang berkebalikan dengan dulu..

Sebenernya masih 3 bulan lagi rencana kami menyapih azkia, si mas pun bilang “apa mau sekalian disapih aja?”..  hm.. gimana ya? antara siap dan tidak siap, masalahnya azkianya sebenernya masih mau tapi gak bisa, kasian kalo disapih dengan terpaksa gini 😦 gimana ya? bingung.. lets see deh, kalo udah sembuh apa azkia masih mau nenen ya?

17

Sekali Lagi : Perjuangan ASI yang tidak mudah

Hm.. sebenernya buat saya, perjuangan tinggal 3 bulan lagi menuju 2 tahun ASI.. jadi tinggal mikirin gimana nyapihnya. Jadi saya sudah merasa bebas se-bebas2nya.. hahaha..

Tapi saya tidak pernah lupa cerita tentang susah payahnya memberi ASI exclusive hingga ASI full tanpa tambahan sufor pada buah hati saya. Pengalaman yang begitu lekat di hati saya itu membuat saya begitu gigih meng-kampanye-kan pentingnya ASI pada teman, sahabat, sodara, tetangga, lingkungan sekitar saya.. *dooh, emak2 banget !* :p Saya pun yang awalnya tak yakin bisa, ternyata bisa!

Pun ketika seorang teman dengan bangganya menceritakan berapa kaleng susu yang sanggup dihabiskan oleh anaknya dalam seminggu, saya dengan gemas hanya bilang bahwa saya bahkan tak pernah tau bentuk kaleng terbaru produk susu bayi, karena kalo ke supermarket nggak pernah ke area itu, hehe 😀

Saat azkia masih belum umur 1 tahun, saya ingat, saya pernah bertekad, suatu hari nanti saya pasti bisa berbagi keberhasilan kisah ASI dengan orang lain, padahal sedang ketar ketir dengan stok ASIP yang ada.. tapi selalu yakin dan berdoa.

Hari ini saya kembali merasa gemes. Permasalahan yang sama seperti sebelum2nya. Banyak cerita hingga hari ini, kerabat, teman, sahabat, tetangga, ketika masih hamil sudah saya cekoki macem2 about ASI, ketika orang2 bercerita heroiknya kisah melahirkan (biasalah, orang hamil suka ditakut2i nanti kalo melahirkan begini begitu.. haiyaah), saya cuman bilang, bahwa setiap ibu hamil pasti bisa melahirkan (terlepas bagaimana caranya).. dan melahirkan itu nggak lama, sekejap saja, tapi tak semua ibu bisa memberi ASI nya, bukan karena sepenuhnya tidak bisa, tapi tidak tahu, dan perjuangan ASI jauh lebih lama, 2 tahun! karena itu harus disiapkan dengan baik. Dan saya pun yakin, background medis manapun pasti mengatakan bahwa menyusui itu adalah proses natural.

Hari ini, terdengar kabar, seorang ibu dengan anak berumur 3 hari tidak mau menyusu, lebih suka dengan dot + sufor yang diberikan, dan selalu ketiduran setelah nge-dot.. Alhasil, ASI pun di hari ke-3 belum keluar. sang ibu panik.. tegang.. dan akhirnya menyerah, sejuta ketakutan ibu baru terbayang di benaknya.. takut kurang asupan, takut kuning, takut beratnya turun.. takut.. takut.. *maaf saya tidak mau menghakimi siapapun, saya tau paniknya ibu baru, saya juga dulu begitu*

memang begitu, memang tidak mudah, memang tidak langsung, tak ada cara lain selain meyakinkan diri sendiri, kalo diri sendiri ragu, ya sudah, mau apa? Meski teori khatam kalo diri sendiri ragu mau apa? Siapa juga yang bilang bayi bisa bertahan 3×24 jam awal kehidupannya tanpa asupan lain? Menyusui itu proses natural bu, Tuhan telah menciptakan satu paket, tidak pernah salah, ada bayi, pasti ada ASInya. Tidak perlu panik, tidak perlu minder, tidak perlu resah, tidak perlu gundah… ASInya ada kok..

Tidak ada yang bisa disalahkan, karena memang tidak semua orang beruntung memiliki lingkungan yang mendukung ASI. Saya termasuk salah satu yang beruntung. Meski susah payah memerah ASI di negeri orang, menjaga kuantitasnya, bercapek2 melayani tuan putri yang marah2 karena ASI tidak keluar di awal2 kelahirannya.. saya masih cukup beruntung mendapat dukungan dari teman2 milis, blog dan internet!

Tapi hingga detik ini, saya selalu merasa sedih.. kalo mendengar kabar2 seperti ini.. hiks.. kasian bayi2 itu.. akhirnya saya selalu berkata “tenang saja.. jangan panik.. jangan pernah menyerah, tidak ada cairan yang lebih baik bagi seorang bayi selain ASI ibunya.. perjuangan untuk ini tak kan pernah sia2 untuk bayimu bu”

Buat teman2 yang belum bisa memberikan ASI buat bayi nya.. ayo kembali berusaha..  jangan takut, menyusui itu natural kok.. Masih gagal juga? ngga papa, yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin, nanti buat adeknya dicoba lagi ya 😉

..sambil menatap azkia kecil yang kini sedang tumbuh menjadi anak yang pintar dan lucu.. setidaknya bundamu sudah memberikan hadiah dari Tuhan yang dititipkan pada bunda untukmu, ASI ini hakmu nak.. Jadi anak yang sholehah ya.. amiin..

23

Azkia 1st year anniversary – sarjana S2 ASI



hari ini setaun yang lalu…

aku dan si mas menanti dengan penuh harapan kapan si jabang bayi ngasih aba2 mau kluar…
karena hari ini adalah HPL nya.. dan akhirnya pertanda itu datang juga.. flek dan kontraksi teratur..
alhamdulillah segalanya dipermudah, total cuman 3 jam-an menahan sakit..
masuk RS jam 8 malem, bayiku lahir jam 10.40..
ternyata melahirkan tak seseram yang kubayangkan sebelumnya…

cuman bentar bangeeeeet ga krasa.. hehe.. (iyalah dibanding hamilnya yang 9 bulan 😀 )
siapa yang ga ketagihan coba.. wekekeke..

waaaaaah.. sekarang sudah setaun umur bayiku… bukan bayi lagi dong…
sudah setaun jadi ibu.. mudah2an bunda bisa jadi ibu yang lebih baek lagi buat azkia..

selamat juga buat wisuda sarjana S2 ASI nya.. yang dirayakan dengan makan nasi kuning rame2.. ehehehe.. azkia juga ikut makan loh..
alhamdulillah ya nak, kita dikasih kesempatan sama Allah untuk tetep bisa ASI full.. mudah2an bisa lanjut sampai 2 taun.. amiiin

Selamat ulangtaun putriku sayang.. Jadi anak yang sholihah ya sayang, sehat2 selalu…

…amiin…

Ini dia perubahan wajah azkia dalam setaun pertamanya 🙂

Ultahnya ngapain aja? cuman bagi2 nasi kuning ke tetangga temen maen nya azkia.
Ini juga dadakan idenya muncul spontan dari si ayah. Gara2 si ayah lagi pengen makan nasikuning.

Hadiah buat azkia dari aybun apa? mmm.. dari dulu pengen beli ban renang sama kolam karetnya,
tappi kok azkia tertarik sama sepeda temennya juga ya 😀 wehehee.. any idea? ato ada yang mo mbeliin? 😛

13

perhatian kecil yang ternyata berguna

Kemaren entah kenapa tiba2 mood untuk memerah ASI sedikit tak sebagus biasanya, maleeees banget, belum apa2 sudah kebayang pegelnya tangan dan leher ketika harus memenuhi sebotol susu ukuran 150 ml yang kubawa. Biasanya jam 10-an sudah berangkat ke toilet untuk melakukan pekerjaan rutin ini, tapi kemaren aku beranjak agak siang, sekitar jam 1 an,

tapppiii oo’ooww betapa senangnya aku ketika membuka cooler bag ku terselip pasrah sekotak susu ultra coklat kesukaanku… cihuyy..
ini pasti ulah si mas yang tiap hari menyiapkan botol susu dan coolerbag ku selagi aku memerah sesi 1 di rumah 🙂

huwaaaaaaaaaa… seketika semangatku langsung pulih… hahaha… dengan bayangan menengguk sekotak susu ultra dingin setelah selesai acara perah memerah ini… suegeer e rek 😀 alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan 😀 lumayan hampir luber saking semangatnya.. hahaha..

Dan hari ini, aku menemukan lagi-lagi si makanan favoritku (kali ini edisi double impact dari breadtalk ) yang terselip pasrah di dalam coolerbag ASIP ku 🙂

horeeeeeeeeee… memerah lagi aaah..

*sesederhana ini ya ternyata… kadang perhatian yang kecil dan remeh seperti ini bisa membuat produksi ASIku menjadi makin banyak loh.. terimakasih suamiku..

ayoo para bapak2, jangan segan2 memberi kejutan perhatian kecil pada sang istri ya… biar produksi ASI untuk si kecil juga makin lancar 😛

selamat memerah ibu2 !!