How to keep your self motivated

Happy new year everyone !!

Ini postingan pertama di tahun 2017.. yeay 🙂

Sebenernya saya gak absen ngeblog kok, tapi beberapa bulan terakhir ini saya lebih rajin menulis diary perjalanan riset saya mulai dari belajar matlab, java, eclipse dkk gitu deh, yang pastinya terlalu teknis dan ga asik untuk dishare di blog bertema kehidupan emak2 ini hehe.. 😀

Hari ini, 3 Januari 2017 adalah hari pertama saya datang ke kampus… mm.. masih sepi.. sudah sebulan saya gak setor muka, karena libur natal adalah libur yang paling heboh di Inggris raya sini, semua orang merayakan dan banyak yang mengambil cuti tambahan. Ya mirip lah seperti libur lebaran di Indonesia. Jadi kalaupun datang ke kampus ya suasananya sepi seperti libur panjang.

Hari pertama rasanya sudah pasti malas ya…  Tapi jangan berlarut-larut, karena ini adalah awal tahun yang baru, banyak target yang sudah di set untuk tahun ini. Taun ini adalah taun final studi S3 saya, target submit thesis adalah akhir tahun ini. Banyak mahasiswa S3 yang berguguran di tahun terakhir, alasannya: JENUH! yup.. sama seperti sekolah-sekolah yang lain, dulu jaman kuliah S1 juga masa masa kritis ada di tahun terakhir, saatnya waktu berjalan begitu lambat dan membosankan. Ada yang harus dijaga dari dalam diri kita, yakni SEMANGAT !

Jadi, apa yang saya lakukan hari ini untuk tetap semangat?

  1. Hal pertama yang saya lakukan saat datang ke kampus adalah cek email ( termasuk email-email promosi online shopping.. hehehe… iya jujur.. butuh 30 menit untuk adjustment ini )
  2. Selanjutnya tutup semua browser, simpan hp dan mulai membuka buku catatan. Baca pekerjaan terakhir sebelum libur sudah sampai dimana. Oiya ini kebiasaan saya, saya selalu mencatat kegiatan harian saya di sebuah buku. So old school ya? Tapi buat saya, kebiasaan menulis di buku memang masih belum bisa tergantikan dengan catatan elektronik. Rasanya beda.
  3. Ketika otak sudah mulai on dan ingat tentang target yang harus dilakukan selanjutnya, maka buat coretan baru tentang apa yang direncanakan untuk beberapa hari ke depan. Contohnya, hari ini saya menulis tentang struktur paper yang ingin saya susun. Memang susah, tapi begitulah cara memulai, harus mencoret dari kertas yang kosong. Tulis judul atau apapun yang terlintas dalam benak.
  4. Susun plan lebih detail: bahan apa saja yang diperlukan untuk poin nomor 3. Misalnya, untuk contoh draft paper saya, saya butuh result dari eksperiment saya. Nah mari dikumpulkan dan didaftar.
  5. Dibuka dan dicek kembali hasil pekerjaan terakhir. (gak perlu kerja dl, ngecek aja 😀 )
  6. Ok saya rasa coretan poin nomor 3 sudah cukup untuk permulaan hari pertama. Sekarang saatnya memikirkan plan yang lebih besar.
  7. Cek kalender setahun. Rencanakan hari-hari besar. Misal, saya akan ada ujian terdekat di akhir bulan Januari, lalu bulan Februari kami merencanakan liburan keluarga, bulan Juni lebaran, bulan Juli saya ujian lagi, dan bulan Desember saya harus submit thesis. Bersamaan dengan ini saya juga mulai ngecek kira2 distribusi pengeluaran di bulan apa yang paling besar. Kapan bayar sewa rumah, kapan bayar cicilan, dsb.
  8. Ngobrol ! Iya langkah selanjutnya untuk keeping up your motivation adalah ketemu dan ngobrol dengan rekan sejawat di kampus. Kalau saya hari ini malah didatengin sama supervisor hehe.. jadi makin semangat ya…
  9. Jangan lupa makan bergizi ya dan tidur yang cukup malam ini, karena ini adalah hari pertama, masih ada 365 hari lagi untuk mencetak prestasi besar di tahun ini.

Buat saya impian yang muluk2 malah terlalu abstrak. Saya tidak memotivasi diri saya terlalu jauh. Prinsip saya adalah cukup selesaikan apa yang ada di depan mata dengan sebaik-baiknya, selanjutnya dipikir nanti saja, terlalu banyak melamun itu tidak sehat 🙂

Dulu pun begitu, saat menyelesaikan kuliah S1, yang saya pikirkan adalah bagaimana menulis skripsi sebaik2nya sehingga bisa lulus dengan cepat, saya gak pernah memikirkan nanti mau kerja apa, tinggal dimana, dll. Moga2 prinsip yang sama juga bisa diterapkan untuk studi S3 ini. Karena yang dipikirkan jadi terlalu banyak, padahal kapasitas otak semakin tua semakin mengecil. So, enjoy aja lah 🙂

Semangatt tahun baru !!

4 thoughts on “How to keep your self motivated

  1. Masyaa Allah… Sebenernya banyak banget yg mau dikomentarin dr tulisan mba kali ini, dr tentang buku catatan yaaangg…so amaze mba rajin bgt melakukan hal demikian, sampe planing ke depan yg rapi banget… So salut lah sama mba, moga2 disehatkan, dikuatkan, dimudahkan dalam sgala urusan ya mba, biar cpt kelar dan melanjutkan hidup kembali di tanah air tercintah 🙂 #peyuk

  2. Mba Nungqee..semoga dimudahkan semua urusannya incl.thesis dll…
    Abis lulus nnti balik ke Indonesia jd dosen lg mba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s