Proses Kehamilan di Inggris

Alhamdulillah, sebelum berangkat ke UK, saya dinyatakan positif hamil 6 minggu, hihihi… karena semua tiket sudah dipesan, ya tidak ada pilihan lagi selain berangkat dengan bismillah..

Perjalanan di pesawat selama hampir 20 jam, aman terkendali. Oya, saya berangkat sendiri tanpa ditemani suami, karena rencananya suami dan anak-anak akan nyusul 6 bulan lagi.

Alhamdulillah emang dasar rezeki bumil ya, saat penerbangan pertama yang seharusnya saya duduk di kelas standar, eeeh.. tiba-tiba karena seatnya penuh dengan rombongan umrah maka saya dipindah ke kelas bisnis. Senangnyaaaa… bumil bisa makan enak, tidur rebahan penuh dengan selimut yang hangat dan bantal yang empuk dari Jakarta sampai ke Abu Dhabi. Lumayan lah 9 jam perjalanan tidak terasa. Setelah itu transit di Abu Dhabi selama kurang lebih 2,5 jam, lalu lanjut ke Manchester. Delapan jam berikutnya terasa agak lelah, tapi kan cuman 8 jam, dan hari sudah pagi, lumayan ga terlalu lama, ga berasa juga karena saya sengaja beli koneksi wifi 3 jam di atas pesawat, jadi bisa browsing dan chatting untuk menghilangkan rasa bosan. Begitu sampai di Manchester, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kereta menuju York, kurang lebih 2 jam. Dengan menenteng sebuah koper 23 kg, dan tas ransel kira-kira 5 kg berisi laptop dll, plus satu tas samping untuk dompet, dll sampai juga ke York dengan selamat. Alhamdulillah tidak ada keluhan yang berarti, dari mual dan lelah punggung. Dilanjutkan langsung menuju kampus untuk bertemu dengan supervisor.

Nah.. begitu nyampai di kampus, hal pertama yang musti dilakukan oleh bumil adalah melakukan registrasi di campuss medical center, mengisi formulir registrasi dan menunjukkan student card ke bagian registrationnya. Lalu mereka menginput nama kita di sistem, dan kita diberikan satu nama GP yang akan menjadi semacam dokter pribadi kita, semua record akan dipegang oleh si GP ini. Oya, dari registrasi ini juga mereka akan memberikan NHS Number untuk identifikasi kita. Ga perlu dihafal sih.

Setelah registrasi selesai, kita perlu membuat appointment untuk bertemu dengan midwife. Karena York kota kecil, maka midwife di kampus sangat terbatas, jadi waktu saya mesen dapet jadwal appointment baru 3 minggu berikutnya.. hehe.. lama banget kan..

Nah setelah itu tibalah saat yang ditunggu-tunggu, bertemu dengan midwife untuk pertama kalinya. Saat itu usia kandungan saya 10 minggu 3 hari. Disini prosesnya lama sekali. Midwife akan bertanya banyak hal tentang riwayat kesehatan kita, riwayat kesehatan keluarga, keturunan, dll, sampe dilakukan tes untuk menghitung kadar karbondioksida dalam paru-paru kita, apakah berpotensi meracuni bayi atau tidak. Karena saya bukan smoker, maka hasil tes saya menunjukkan angka 2, sangat aman. Makin tinggi kadar karbondioksidanya makin berbahaya. Trus selain itu juga dilakukan tes urine dan tes darah (diambil 3 kali sampel) buseet deh banyak beut…

Oya saat itu juga midwife akan memperkirakan duedate kita, kira-kira si baby akan lahir sekitar tanggal 24 September 2014, tapi nanti akan dilihat lagi berdasarkan hasil USG, bener atau engga hitungannya. Trus midwife juga menyuruh saya mengkonsumsi asam folat sampai 12 weeks, dan juga disuruh mengkonsumsi vitamin D. Nah, vitamin ini semua gratis, kalau kita mau minta resep ke GP. Tapi kalau mau beli sendiri juga murah kok, sebotol cuman 1,5 pounds itu dah banyaaaak banget isinya. Kenapa di indonesia vitamin saya dulu mahal2 amat ya.. oya sebaiknya mengkonsumsi asam folat ini dimulai sejak sebelum kehamilan, berhubung saya gak sempet ya sudah jadi baru 10 weeks saya mulai konsumsi asam folat. Kata midwife nya, its better late than not taking any of them🙂

Oya trus pas ditanya proses melahirkan sebelumnya, pake episiotomy atau engga, saya jawab always😀 hahaha.. dia kaget dong.. Whaatt??? katanya :p kok kaget ? iya katanya sebisa mungkin episiotomy dihindari untuk mengurangi resiko katanya.. lhaa baby saya gede, gimana dong, ada triknya untuk menghindari episiotomy ternyata, seperti senam dan pijat gitu katanya, biar lentur.. ah ya sudahlah.. nurut saja, saya juga ngeri di episiotomy lagi😀

Di akhir proses wawancara dengan midwife, dia akan membuatkan appointment untuk kita melakukan pregnancy screening yang pertama, yakni usia 12 weeks. Screening ini meliputi downsyndrom test (optional) dan USG scan. Kapan saatnya kita harus ke hospital untuk melakukan first trimester scan  akan dikirim by post ke alamat kita oleh pihak Hospital. Kebetulan saya dapat jadwalnya malah pas masuk kehamilan 14 weeks. Telat sih ke midwifenya.. hihi.. yaudah gpp. Trus midwife akan memberi kita semacam surat pengantar untuk ambil darah ke hospital, dan memberi kita selembar kartu yang harus di cap dan ditandatangani untuk diposkan ke kantor pusat (duh lupa tujuannya kemana ya, seinget saya newcastle aja gitu). Saya tinggal masukin kartu tersebut ke kotak pos saja, karena di amplopnya sudah tertera alamat dan cap posnya.

Oya, disini USG cuman dilakukan sebanyak 2 kali doang, pertama saat 12 weeks dan yang kedua saat 20 weeks (ini biasanya bisa ketauan gendernya), sisanya kalo perlu2 aja pas mau lahiran, kalau semua normal ga akan di USG. haha..

Sekarang kehamilan saya memasuki 12 weeks, sedangkan appointment saya baru dapat 2 minggu lagi. Jadiii… sekarang saya blum bisa lihat baby saya lagi ngapain ya? hihi kalo di Indonesia dah ketemu terus tiap bulan nih..

7 thoughts on “Proses Kehamilan di Inggris

  1. wahhh ternyata di sana itu benar2 care banget ya mbak ama bumil, dah gitu prosesnya juga diperhatiin banget, beda bgt ama di Indo. ih keren. pokoknya biar sehat ya mbak di sana🙂

  2. Wah, pas lagi ke negeri orang pas hamil ya. Rejeki dobel namanya nih🙂

    Lucu ya, kalau di indonesia, setiap visit spog selalu di usg, disana sepanjang kehamilan cuma 2x hihi. Bener-bener alami ya. Semoga ibu-baby sehat sampai lahiran🙂 Salam dari Shaina..

    • hihihi… sehat mbak? adeknya shaina gimana? iya disini semua yang tidak perlu ya tidak dilakukan, ga lebay terlalu canggih kaya di indo gitu deh, dipikir2 ngapain juga coba usg mahal2 tiap bulan, mana bayar pula tiap usg ratusan ribu… Yah doakan lancar ya, so far sih kebo banget nih hamilnya, ga kayak orang hamil deh, buncit aja, makan tidur terus.. hihihi…

Leave a Reply

