ART ku ABG..

4 tahun berumah tangga 3 kali pengalaman  ganti ART, yang pertama setia sampe 2 tahun, umur nya 27thn, yang kedua setia sampe nyaris 1 tahun kerja, umurnya 65thn, yang sekarang baru 3 minggu kerja  ABG imut2… hahaha…

Saya ambil 2 ART kakak adik sepupu berasal dari kota yang sama, umurnya masih sangat belia, masanya mereka ABG.. masih seneng2nya maen..

ART saya yang pertama janda kembang yang masih seneng2nya pacaran, yang kedua nyaris sempurna kecuali penyakit manula yang cukup mengkhawatirkan, yang kali ini… ehhmm… ABG

saya kok, merasa sedikit terharu, keduanya nampak anak penurut, anak baik.. lulusan sekolah SD.. tidak banyak berulah..

saya jadi ingat, saya dan suami barusan punya pengalaman pahit tentang pemberian fasilitas pada seseorang yang bener2 kami harapkan bisa terangkat kehidupannya, ternyata ujung2nya menohok keluarga kami dari belakang, ketika air susu dibalas dengan air tuba, saya dan suami mengambil pelajaran dan hikmah sedalam2nya, belajar untuk lebih waspada dan berhati2..

tapi pengalaman itu tidak membuat kami lantas berhenti untuk berpikir mengembangkan potensi seseorang yang terlihat mampu..

saya jadi ga tega menyuruh keduanya bekerja jadi asisten rumah tangga yang hanya sibuk dengan urusan domestik.. saya melihat masa depan nya masih panjang, potensinya masih bisa terus berkembang.. saya kok merasa sayang2.. ibarat mereka itu anak2 saya, saya bener2 ga tega nyuruh2.. pengen ngasih sesuatu yang lebih bermanfaat buat mereka.. tapi apa ya? kursus? kejar paket? any idea??

*tulisan iseng sambil cari inspirasi buat nulis thesis..

8 thoughts on “ART ku ABG..

  1. kursus aja mbak, lebih bagus lagi kl mbak punya usaha, maka kursus mereka pun bs diarahkan sesuai kursus yg mbak punya, semisal contoh tetangga saya, dia pekerja kantoran tp punya usaha jahit yg udah lumayan, pesenannya rata2 borongan buat seragam kantor, trs dia ambil art dr kampung masih kecil trs dia kursusin jait, skrg si art nya bs bantu jait sambil nemenin anaknya dirumah.

  2. Yang penting anaknya punya kemauan maju. Kalau masih mau belajar, sebaiknya kejar paket dulu. Kalau mau maksimal ya sampai SMA🙂 . Sekolah akan mengajarkan cara berpikir. Baru deh kursus apa yang dia minati.

    Wedew….udah mau thesis to? Kadang suka ngiri yang bisa sekolah lagi sampai tinggi. Mugo2 ide thesis segera datang, segera dikerjakan dan kelar. Dan jadi sarjana S2!!!!🙂

  3. moga artnya betah dan kerjanya bagus ya. klo aku kmrn punya pengalaman ga enak dapet art abg, umurnya 17 th, kliatannya lugu, kerjanya bgs ternyata…..gaya pacarannya udah ky suami istri…..:( krn ketauan, mgkn malu, dia berenti.

  4. Kalau aku sich belum pernah ngalamin, tapi urun idea; kalau menurut kang Bundit bener juga.
    Kalau Dia nya niat untuk maju kenapa tidak ? Tapi perlu diingat oleh kita tujuan awal adalah tenaganya untuk menjadi ART, tetapi kalau umur dia belum 18 th apa ya nggak takut melanggar HAM ?🙂

  5. bisa kejar paket or kursus keahlian mba, sehingga kelak ketika udah gak sama2 keluarga mbak lagi, mereka punya skill yg bisa menjadi keahlian mereka untuk bisa dijadikan modal dlm menyambung hidup😀

  6. kursus. kalau kejar paket a atau b, baru kalau mereka yang meminta. soalnya yg namanya sekolah perlu endurance tinggi. kalau bukan motivasi dari dalam, biasanya susah.

  7. Sama mbak
    ART ku juga masih ABG
    n punya keinginan sama kek mbak juga
    mungkin coba ngobrol sama mereka juga kali ya mbak
    pengennya sekolah atau ikutan kursus, gitu

    ditunggu sharingnya kalo mbak udah melaksanakan ‘misi’ ini ke ART mbak ya
    hihi

    Salam kenal
    \(^^,)/

  8. Pembantuku ikut saya lebih dari 10 tahun, yang kata si sulung, kekuatannya sama dengan 5 kali tenaga kuda..kuat banget, suka gendong si sulung dan baru berhenti saat si sulung kakinya menyentuh tanah. Saya kursuskan menjahit, sayangnya tak sampai berjazah, karena menjahit, membuat pola, juga harus kuat matematikanya…walau saya bekali kalkulator. Setelah menikah masih tinggal di rumah, baru pindah setelah anaknya usia mau masuk SD.

    Pembantuku di Bandung saya kursuskan…dia akhirnya lulus SMP..tapi saat SMA, dia tak tahan di goda cowok-cowok jadi berhenti. Dia bisa ngetik di komputer, nyopir (lebih hebat dibanding saya yang tak berani nyopir)….sekarang udah 17 tahun ikut, sejak si bungsu SD ampai sekarang ambil S3 di Jepang.

    Ada berbagai macam kursus, tapi sebaiknya yang sesuai kompetensinya, agar berhasil.
    Itu semua pembantu perempuan, jika pembantu laki-laki disekolahkan sampai lulus STM, ada yang kerja jadi PNS, ada yang kerja di perusahaan….

Leave a Reply

