Mencoba lagi..

Tentang posting sebelumnya, saya memang sedang kalut dengan berbagai masalah yang ada di otak ini, jadinya yaa biasalah namanya manusia selalu mengeluh.. huehehe.. hari ini pengen sedikit refreshing dengan kembali ngeblog..

Komentar yang paling tepat mengingatkan saya adalah dari mbak Justin, tentang “fokus” !! yep bener banget selama ini saya kurang fokus. Jadinya berantakan semua. Sekarang setiap saya mengerjakan sesuatu saya selalu berusaha menerapkan kata itu pada otak saya. FOKUS !

Pagi2 begitu konek ke internet, kadang saya sampai tidak lagi bisa berfikir mana yang harus dikerjakan lebih dulu, akhirnya malah buka2 fesbuk, update status ngga penting, liyat status teman atau corat coret bikin desain interior rumah… hahaha gak penting bgt kan ?

Sekarang beberapa hal akan coba saya perbaiki, mulai dari :
mandi pagi ! hahaha.. ya ya saya ini kalo udah libur bawaannya males mandi, yang ada mandinya selalu kesiangan.. apalagi musim ujan gini, dingin.. ternyata ini berdampak pada semangat kerja saya, kalo mandi lebih pagi badan terasa lebih segar, dan pikiran akan bisa lebih fokus.

Menata rapi ruang kerja, saya masih memimpikan punya ruangan kerja senyaman di kubikal kantor saya dulu dengan meja yang lebar, lcd ukuran 17 inch dengan resolusi tinggi, kursi empuk yang bisa berputar sambil digoyang2, nanti lah kalo rumahnya membesar.. haha.. sekarang sih cukup di meja rias yang sudah disulap jadi meja kerja.. penataan ruang kerja yang rapi membuat semangat jadi lebih baik.

Membuat checklist note untuk pekerjaan yang harus segera diselesaikan sesuai deadline nya.. seperti komen dari Bundanya Dita dengan menyusun berdasarkan kebutuhan “penting-mendesak”.. saya tempel pake “post-it” di kaca meja rias yang multifungsi itu.. jadinya memang jelek tempel sana sini, tapi paling tidak ketika membuka laptop saya lebih terarah menyelesaikan pekerjaan. Dulu saya suka mencatat deadline2 itu di hp, tapi ternyata tidak efektif, suka lupa😀

Melakukan review terhadap target hari ini setiap 5 menit menjelang tidur. Yang belum terselesaikan dipasang untuk jadi target besok.

Termasuk membuat jadwal jalan saya dalam seminggu. Saya coba untuk menempel jadwal saya di kaca. Hari ini jam sekian kerja kelompok, hari ini jam sekian harus ke lokasi produksi *jaaah bahasanya.. haha*, hari ini jam sekian janjian sama si anu, hari ini jam sekian membeli ini.. begitulah seterusnya.. meski beberapa meleset tapi setidaknya ada guidance mengingat memory otak semakin menipis.. huehehe..

Mendelegasikan tugas semaksimal mungkin.. memisahkan perkerjaan teknis dan non teknis, memisahkan sebisa mungkin pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya teknis ke para asisten. Memang kadang hasilnya kurang memuaskan, tapi yaa.. namanya tangan ini cuman 2 kaki juga cuman 2, ngga mungkinlah kalo semua ngotot mau dikerjakan sendiri..

Untuk tugas kuliah, sedini mungkin, diusahakan untuk tidak terlalu mefeet mefeet dengan deadline.. dicicil lebih baik daripada dikebut di akhir deadline.. meski untuk tugas yang sifatnya kelompok agak sulit diprediksi mengingat kesibukan yang lain juga..

Mengatur waktu kuliah, untungnya MTI menyediakan pilihan yang sedikit lebih fleksibel sehingga saya bisa kuliah hanya 3 hari dalam seminggu, dengan 2 kali kuliah malam dan 2 kali kuliah siang. Satu hari dirapel ngambil 2 matakuliah. Kuliah malam menjadi sangat membantu karena saya bisa menyelesaikan banyak hal di siang hari, dan perjalanan relatif lebih lancar, hanya butuh waktu 5 jam untuk sampai di rumah kembali. Cuman yang kasian azkia sih, kadang harus menunggu atau tertidur sendiri sambil bermain di sofa. Tapi gapapa lah cuman 2 hari aja. Moga2 bisa sekalian menyapih.. hehe..

Untuk azkia selalu saya sediakan focustime setiap hari, ketika saya sedang focustime dengan azkia, saya harus fokus dan berusaha tidak terganggu dengan konsentrasi yang lain.. meski kadang waktunya suka susah.. cerita sampai semua buku sudah habis kadang ga mau bobo juga.. yaa gapapa namanya juga minta perhatian.. sekalian dikasitau kalo bunda sedang kerja, azkia maen sendiri di samping bunda..

“Berhenti merasa bersalah”.. ya ya perasaan ini mengacaukan semuanya.. sekarang saya berusaha mengingat lagi tujuan saya kemana, untuk siapa, yang pasti saya tidak pernah menyesal telah bisa menyaksikan perkembangan azkia day-to-day, bahkan suatu kepandaian baru yang ayahnya sendiri baru sadari setelah seminggu azkia bisa, saya orang pertama yang mengajarkan padanya, setidaknya di usia nya saat ini butuh banyak hal dasar dan prinsip sebelum dia mengenal dunia lebih luas… Tidak, saya tidak ingin menjadi ibu hebat untuk azkia, saya hanya ingin memberi semampu saya bisa untuknya.. mengemban sebaik mungkin amanah Allah ini..

Menjadwalkan waktu refreshing, minimal sebulan sekali hang out, pergi dari kesibukan untuk sejenak menikmati hidup bersama orang2 tercinta… untungnya si mas punya resolusi itu tahun ini.. huehehe..

Untuk suami.. ehem.. sabtu minggu jatah focustime nya😛 untungnya dengan pekerjaan barunya, suami lebih sering pulang malam.. hehehe jadi sekarang jarang masak juga, lumayan mengurangi satu beban pikiran saya.. hhaahaha.. ini membantu banget, kalo gak pasti pusing hari ini masak apa, belanja apa.. sekarang sabtu minggu aja masak2nya.. kalo ada request dari suami, kalo ga, beli aja deeh.. hehe😀

Terakhir : berhenti ketika lelah ! kadang penat membuat otak tidak bisa berpikir sehat, uring2an terus.. saat itu saya harus berhenti sejenak dan istirahat🙂

Yaa begitulah kira2 beberapa hal yang saya coba perbaiki saat ini, toh sudah diniatkan dengan baik, insyaAllah semoga selalu ada kemudahan.. amiiin..

4 thoughts on “Mencoba lagi..

  1. selamat nung, sepertinya kaw sudah mulai menata dengan baik. selintas aku membaca jadwal yang padat dan harus minta ditaati agar tidak saling bentrok, tapi tak mengapa.. jika kaw merasa berbeda tidak seperti kebanyakan orang lain, melakukan hal yang berbeda adalah wajar hehehe😉

    mengutip salah satu tokoh idolaku, agnes monica (%$#@$%???) “superstar harus bermental baja”, maksudnya jangan cepat goyah dan bimbang kalau sudah punya tujuan.

    hakakakakaka.. (pdhal aku sendiri sering bingung)

  2. Alhamdulillah, ikut senang membacanya. Ya begitulah hidup. Kita berhak menentukan pilihan tapi harus bertanggungjawab dengan pilihan itu dengan menjalaninya secara smart, bagaimananpun caranya. Insya Allah semua bisa dijalani dengan baik dan bahagia🙂

Leave a Reply

