Sekali Lagi : Perjuangan ASI yang tidak mudah

Hm.. sebenernya buat saya, perjuangan tinggal 3 bulan lagi menuju 2 tahun ASI.. jadi tinggal mikirin gimana nyapihnya. Jadi saya sudah merasa bebas se-bebas2nya.. hahaha..

Tapi saya tidak pernah lupa cerita tentang susah payahnya memberi ASI exclusive hingga ASI full tanpa tambahan sufor pada buah hati saya. Pengalaman yang begitu lekat di hati saya itu membuat saya begitu gigih meng-kampanye-kan pentingnya ASI pada teman, sahabat, sodara, tetangga, lingkungan sekitar saya.. *dooh, emak2 banget !* :p Saya pun yang awalnya tak yakin bisa, ternyata bisa!

Pun ketika seorang teman dengan bangganya menceritakan berapa kaleng susu yang sanggup dihabiskan oleh anaknya dalam seminggu, saya dengan gemas hanya bilang bahwa saya bahkan tak pernah tau bentuk kaleng terbaru produk susu bayi, karena kalo ke supermarket nggak pernah ke area itu, hehe😀

Saat azkia masih belum umur 1 tahun, saya ingat, saya pernah bertekad, suatu hari nanti saya pasti bisa berbagi keberhasilan kisah ASI dengan orang lain, padahal sedang ketar ketir dengan stok ASIP yang ada.. tapi selalu yakin dan berdoa.

Hari ini saya kembali merasa gemes. Permasalahan yang sama seperti sebelum2nya. Banyak cerita hingga hari ini, kerabat, teman, sahabat, tetangga, ketika masih hamil sudah saya cekoki macem2 about ASI, ketika orang2 bercerita heroiknya kisah melahirkan (biasalah, orang hamil suka ditakut2i nanti kalo melahirkan begini begitu.. haiyaah), saya cuman bilang, bahwa setiap ibu hamil pasti bisa melahirkan (terlepas bagaimana caranya).. dan melahirkan itu nggak lama, sekejap saja, tapi tak semua ibu bisa memberi ASI nya, bukan karena sepenuhnya tidak bisa, tapi tidak tahu, dan perjuangan ASI jauh lebih lama, 2 tahun! karena itu harus disiapkan dengan baik. Dan saya pun yakin, background medis manapun pasti mengatakan bahwa menyusui itu adalah proses natural.

Hari ini, terdengar kabar, seorang ibu dengan anak berumur 3 hari tidak mau menyusu, lebih suka dengan dot + sufor yang diberikan, dan selalu ketiduran setelah nge-dot.. Alhasil, ASI pun di hari ke-3 belum keluar. sang ibu panik.. tegang.. dan akhirnya menyerah, sejuta ketakutan ibu baru terbayang di benaknya.. takut kurang asupan, takut kuning, takut beratnya turun.. takut.. takut.. *maaf saya tidak mau menghakimi siapapun, saya tau paniknya ibu baru, saya juga dulu begitu*

memang begitu, memang tidak mudah, memang tidak langsung, tak ada cara lain selain meyakinkan diri sendiri, kalo diri sendiri ragu, ya sudah, mau apa? Meski teori khatam kalo diri sendiri ragu mau apa? Siapa juga yang bilang bayi bisa bertahan 3×24 jam awal kehidupannya tanpa asupan lain? Menyusui itu proses natural bu, Tuhan telah menciptakan satu paket, tidak pernah salah, ada bayi, pasti ada ASInya. Tidak perlu panik, tidak perlu minder, tidak perlu resah, tidak perlu gundah… ASInya ada kok..

Tidak ada yang bisa disalahkan, karena memang tidak semua orang beruntung memiliki lingkungan yang mendukung ASI. Saya termasuk salah satu yang beruntung. Meski susah payah memerah ASI di negeri orang, menjaga kuantitasnya, bercapek2 melayani tuan putri yang marah2 karena ASI tidak keluar di awal2 kelahirannya.. saya masih cukup beruntung mendapat dukungan dari teman2 milis, blog dan internet!

Tapi hingga detik ini, saya selalu merasa sedih.. kalo mendengar kabar2 seperti ini.. hiks.. kasian bayi2 itu.. akhirnya saya selalu berkata “tenang saja.. jangan panik.. jangan pernah menyerah, tidak ada cairan yang lebih baik bagi seorang bayi selain ASI ibunya.. perjuangan untuk ini tak kan pernah sia2 untuk bayimu bu”

Buat teman2 yang belum bisa memberikan ASI buat bayi nya.. ayo kembali berusaha..  jangan takut, menyusui itu natural kok.. Masih gagal juga? ngga papa, yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin, nanti buat adeknya dicoba lagi ya😉

..sambil menatap azkia kecil yang kini sedang tumbuh menjadi anak yang pintar dan lucu.. setidaknya bundamu sudah memberikan hadiah dari Tuhan yang dititipkan pada bunda untukmu, ASI ini hakmu nak.. Jadi anak yang sholehah ya.. amiin..

17 thoughts on “Sekali Lagi : Perjuangan ASI yang tidak mudah

  1. “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Al-Baqarah [2]: 233)

    Wahai manusia nikmat Rabb-mu manakah yang kamu dustakan.

    Kadang suami, orang tua, saudara, sahabat, teman, tetangga dll tidak mensupport bahkan menentang Firman Allah yang diatas,

    Wahai ibu siapakah yang akan kamu turuti ?

    Yang menciptakanmu atau orang2 yg menentang firman Allah ?

    Ingat bahwa Allah melihat apa yang kamu kerjakan.

    Hanya hati ibu masing2 yg mampu menjawabnya😀

  2. Yeah…gak terasa ya, 3 bulan lagi Azkia lulus S3 ASI. Dita kurang 6 bulan nih, daaan stock ASIP kembang kempis nih😦 .

    Dirimu gimana dik? Masih merah ASI kah? Azkia bisa tidur tanpa ngedot ASIP? Sekarang ini tambahan susunya Az UHT aja? Sharing dong..

    Kalau soal ASI ini, aku berterima kasih sama dirimu lho. Salah satu blog yang bikin aku melek pentingnya ASI ya blogn ini🙂

    • yoih mbak, sebentar lagi.. sebentar lagi.. hehehe ^^

      ga usah ngoyo lah mbak, udah tinggal 6 bulan kan, kasih UHT saja.. hehe.. merahnya sedapetnya saja. aku juga udah ga meres lagi, kalo kutinggal ngampus cuman dikasih UHT saja.. Azkia udah lama bisa bobo siang tanpa ngedot, tapi masih harus diayun2, atau kalo udah kecapekan banget bisa tidur sendiri.

      Sejak umur setahun, dotnya udah kulepas, ganti sedotan dan gelas. Takut jadi kebiasaan.. hehe ^^ solusinya kalo mau bobo ya gitu, kudu digoyang2 diayun2 sampe ketiduran. Tinggal malem aja yang bobonya sambil nenen.

      Sampe sekarang masih UHT aja tambahannya, blum ada susu yang lain, lagi survey.. cuman kok mahal2 ya.. hahaha akhirnya mundur lagi deh, mending beli buah2an daging ayam tempe tahu… kayanya lebih mantep gizinya, nti deh tunggu bener2 disapih

      • nung, klo udah disapih, kenapa masih bingung cari susu? kan azkia dah terbiasa uht? kenapa ga pake uht itu aja?

        susu yang ‘ga jadi dibeli karena mahal2’ itu apakah maksudnya susu bubuk kalengan yang iklannya heboh2 itu?

      • hm.. waktu masih kurang dari 2 tahun susunya : uht + asi, kalo udah lewat 2 tahun pengennya : susu + uht.. gizi susu terbaiknya memang ada di UHT, tapi tambahan suplemennya yang ga ada, mungkin lewat 2 tahun sudah butuh suplemen tambahan kalo anaknya ga gitu doyan makan (nanya : bener ga sih?) perlu gaknya juga belum banyak tau ilmunya sih, tapi sampe saat ini azkia ngga mau yang lain selain UHT yang diminum langsung dari kotaknya. Susu yang ga jadi dibeli itu yang letaknya di supermarket biasanya diletakkan khusus di lemari kaca pake gembok, atau yang kalengnya pake sensor maling itu.. hm.. pantes aja salesnya pada heboh2, ternyata harganya mahal sekale..

      • nung, bukannya kita percaya bahwa anak2 ga perlu suplemen tambahan selama makannya terjaga, cukup gizi dari sayur, lauk dan buah2an? Jadi tetep tidak perlu suplemen, yang kadang (menurutku) kadarnya tak jelas dan bisa berakibat ginjal bekerja keras untuk membuangnya. misalnya vitamin, klo kebanyakan pasti dibuang oleh tubuh.. setidaknya klo dari sumber alami masih okelah, tapi kalau dari suplemen.. entahlah.

        azkia kan dah mik asi dari kecil, orang2 yang pro-asi biasanya tidak bersahabat dgn susu kaleng karena tidak alami untuk bayi/anak mereka.

        tapi sebenarnya aku juga tengah mencari informasi hehe.. makanya aku bertanya padamu, siapatau kau tau sesuatu. Aku sudah menggantikan semua susu kaleng nicho dengan UHT sejak 1 tahun (yeah, nicho tidak se lucky azkia dalam hal asi), gizi2 lainnya tetep dari makanan. aku takut klo anakku minum susu kaleng yang +++ itu, dia ga mau makan yg alami lagi😦 susah2 aku melatihnya dari bayi makan yg alami..

        but if u know something, please let me know yaw..🙂 thx

      • hmm.. yaya.. ngerti tentang isu yang satu itu, apalagi banyak susu bertimbal.. masalahnya memasukkan makanan yang sehat pada anak2 umur 2tahun ke atas udah ga semudah bayi, banyak kemauannya.. mungkin pilihannya bukan susu kaleng, tapi tambahan bentuk apa ya? *kita belajar lagi, cari ilmunya dulu yuk.. hehe

  3. mampir… salam kenal. wah mbak.. ditunggu lho sharing proses penyapihannya. Anakku alhamdulillaah udah 14 bulan ini masih ASI terus.

    btw, blog suami mbak inspiring buat beli rumah. kapan yaaa???

  4. aslkm. Mba, salam kenal saya Susan. udah dari sebelum merid dulu saya baca blog Mba & bener2 bikin saya terinspirasi untuk buat blog juga. Tapi secara saya gaptek maka blog tsb baru bisa terealisasi sekarang. Hehee telat. Mampir yah Mba ke keluargazulfadhli.blogspot.com. Oya, cerita2 Mba tentang ASI eksklusif juga bener2 menginspirasi saya. Alhmd anak kami, Zahia Shahmin Najla, 13 bulan, sampai saat ini masih ASI eksklusif. ok deh, salam kenal dari Dek Zahia untuk Ka Azkia

  5. walopun aku punya pengalaman sendiri ttg seluk beluk perjuangan per-ASI-an dan suka dukanya ngasi ke Laras. Tapi tetep terharu kl baca pengalaman org lain. Laras jg 2 bln lagi lulus S3 nya, mudah2an sampai jg wisudanya. Msh terus berjuang, masih mompa di kntr walopun dah cmn 1x sehari. Semangat dan sabar ya bu !!

  6. Salam kenal terima kasih infonya sangat menarik, oh iya di dalam ASI itu ada molekul ajaib / pintar pengalaman sistem imun ibu yang dapat di transfer dan merupakan karunia Tuhan yang dapat di buktikan oleh sains tahun 1949 oleh dr. Sherwood Lawrence di beri nama ” Transfer Factor” – solusi bagi masalah kesehatan anak anda di masa depan.

    info lanjut http://4lifes.wordpress.com/

    thanks
    ryankenny

  7. Betul banget Nung, perjuangan ASI memang tak mudah, selamat buat semua yang sudah berhasil memberikan ASI ekslusif kepada anak2nya. Kemaren ketemu temen ternyata anaknya nenen sampe umur 3,5 th🙂 trs kakak sempet hampir nyerah nyampur asi dan sufor tapi untunglah dia punya dokter anak yang cukup keras dan support ASI banget, akhirnya kakakku berhasil juga dengan ASI ekslusifnya.
    Wah azkia sudah tambah besar ya, sudah mau tamat ASInya hehehe….. selamat ya Nak, kamu punya ibu yang tangguh……..

  8. akhirnya saya selalu berkata “tenang saja.. jangan panik.. jangan pernah menyerah, tidak ada cairan yang lebih baik bagi seorang bayi selain ASI ibunya.. perjuangan untuk ini tak kan pernah sia2 untuk bayimu bu”

    Buat teman2 yang belum bisa memberikan ASI buat bayi nya.. ayo kembali berusaha.. jangan takut, menyusui itu natural kok.. Masih gagal juga? ngga papa, yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin, nanti buat adeknya dicoba lagi ya😉

    ..sambil menatap azkia kecil yang kini sedang tumbuh menjadi anak yang pintar dan lucu.. setidaknya bundamu sudah memberikan hadiah dari Tuhan yang dititipkan pada bunda untukmu, ASI ini hakmu nak.. Jadi anak yang sholehah ya.. amiin..

    mbak, aku copas kalimat diatas buat jadi inspirasi-ku ya (aku br aja abortus spontan, jd posisi sekarang ya masih CABUMIL alias : calon ibu hamil)

    disini mbak : http://ndutyke.tumblr.com/post/419504302/asi-ini-hakmu-nak

  9. Asslm,salam kenal mbak….kalu aku,punya masalah bayiku yg tiba2 ga mo asi lagi..h jd setres aku mba..mmg aku bantu sm sufor,akhirnya bayiku lbih milih ngedot,yah asinya sa perah aja..drpada ga ke isep kan sakit kepenuhan asinya….tapi sa masi ttp coba untuk netekin bayi aku,walopun masih nolak sampe skrg..oh iy umurnya baru2bulan lebih..kita tukeran link ya mba…hehe

Leave a Reply

