Tentang Daycare dan Azkia

Pagi tadi nganter azkia ke daycare, hari ini rencana masuk kuliah agak telat2 dikit, biar bisa ngeblog dulu, hehehe.. kalo di kampus ngeblog ga konsen suka diintipin temen :D

Sekilas tentang daycare yang saya pilih. Sebelumnya saya sudah pernah survey ke daycare di salah satu apartemen di kawasan sudirman,  jaman dulu sih, waktu masih ngantor juga pernah cari2 alternatif barangkali kondisi tidak memungkinkan untuk azkia ditinggal di rumah.

Waktu itu saya browsing di internet, cuman menemukan beberapa saja yang cukup populer, tapi lokasinya nggak ada yang sejalan, akhirnya saya hanya survey ke daycare yang ada di dekat kantor, melihat websitenya sih keren, sepertinya programnnya cukup bagus. Tapi begitu melihat sendiri ke lokasinya, errr… sebuah ruangan yang ukurannya menurut saya cukup kecil, dihuni oleh beberapa orang pengasuh berseragam babysitter dan anak2 kecil.. dengan sebuah tv besar, tanpa halaman.. tanpa playground..  tapi anehnya harganya cukup lumayan mihil.. buat saya sepertinya kurang sreg meninggalkan azkia di sana. Kebayang penatnya dia mengikuti kemacetan lalu lintas, 1,5 jam berada di mobil menuju ke lokasi daycare, sampe di tempatnya yang dia dapat hanya duduk di ruangan yang cukup sempit, saya ngga yakin azkia bisa.. azkia butuh tempat lebih luas untuk berlari.. hehe..

Nah, begitu menemukan daycare yang suasananya cukup homy di bintaro, saya langsung jatuh hati.. Rumahnya cukup lega, mainannya banyak, kamar mandi dan dapur lengkap suasana seperti di rumah. Kecuali rumah kami kecil, rumah daycare itu besar.. hehehe… :P

Begitu pula pola pengasuhan yang diterapkan, pengasuhnya bukan seorang babysitter, tapi para guru playgroup yang diperpanjang waktunya sampai sore, ada psikolog, ada dokter, ada therapist, ada lagi koordinator penyusun program daycare yang begitu concern dengan perkembangan anak-anak yang ikut terjun langsung mengasuh anak-anak.. pola pendekatannya sangat personal..

Awalnya proses adaptasi Azkia memang tergolong cukup lama, dia ngga mudah berinteraksi dengan orang baru. Mungkin udah bawaan, turunan, atau pola asuhan yang membuatnya seperti itu.. entahlah..

Minggu pertama di daycare dihabiskan dengan menangis sepanjang hari, termenung dan berteriak2 memanggil bunda… huff.. saya pun jadi deg2an, kepikiran, takutnya nanti azkia malah jadi trauma atau something worse gitu..

Sampai-sampai suaranya jadi habis.. serak.. saking seringnya dia berteriak2 memanggil bunda di sekolahnya..

minggu kedua masih sama, meskipun intensitasnya sudah berkurang.. sampai gurunya memanggil kami ke sekolah, ditakutkan Azkia mengalami “Separate Ancient Disorder” (buat temen2 psikologi bener ga nulisnya) hehe.. saya juga baru tau ada istilah seperti ini..  Untuk anak2 lain, hanya butuh waktu 2-3 hari untuk lepas dari orangtuanya dan beradaptasi dengan kebiasaan dan suasana baru di daycare.. tapi Azkia cukup lama 2 minggu dia baru memperlihatkan tanda2 positif..

Tapi syukurlah, lewat dari 2 minggu, Azkia sudah berhasil melalui masa-masa sulit itu, sekarang .. begitu sampai di tempat sekolahnya “bye bye bunda” dengan pedenya tanpa tangisan, tanpa teriakan.. saya tau Azkia bisa melalui semua ini..

Gurunya pun bilang “Azkia hebat, tak sedikitpun terdengar tangisan dan teriakannya, semua kegiatan dia selesaikan dengan baik, makan di tempat duduk sampai habis, mandi, pakai baju, bahkan bangun tidur pun dia nggak pakai acara merengek2, mau pipis dan pup juga bilang”..

So sweet darling..

Perkembangannya sampai saat ini, cukup signifikan, pastinya Azkia jadi lebih mandiri, dia sangat mudah memahami semua ucapan dan perintah simultan dari kita.. perkembangan kata-katanya juga cukup baik, kata per kata yang dia ucapkan sudah hampir sempurna, toilet training sudah 100% lulus, dan satu lagi yang bikin bangga.. makannya gampang bangeeeeeeeeet.. gak pake lama, gak pake muter2, apa aja masuuuk, hap hap hap..  hehe..

Dulu sih emang saya pernah berniat tidak akan memasukkan dia ke playgroup karena saya pikir, dia bisa bermain di rumah, tapi ternyata kali ini karena kepepet saya harus memasukkan dia ke daycare, tapi setidaknya pendidikan di daycare tidak membebani dia dengan berbagai pelajaran yang berat, hanya mengajarkan kemandirian dan life skill seperti pakai baju sendiri, pakai sepatu sendiri, minum sendiri,dll..

Keep growing my dear baby.. We love you so much..

41 thoughts on “Tentang Daycare dan Azkia

  1. Kayaknya Dita kalau dititipin d Daycare juga sama kayak Azkia, lama adapatsinya. Secara sekarang2 ini nempeeel mulu kalau ada Bundanya hehehe.

    Wah..ikut seneng Az dapat dititipin di daycare yang bener2 care sama anak. Selain aman anak jadi lebih pinter ya? :-)

    Ada cabangnya di Bekasi gak? hehehe

  2. duch ga tega rasanya denger cerita mu kalo azkia nangis slama 2 minggu itu .. alhamdulillah sekarang malah azkia tambah pinter ya .. info day care nya donk nung alamat & telp nya .. makasih

  3. Hehehe. Kalo begini2, aku jadi inget Nikki (sekarang 5 tahun). Klo di skul, dia yang paling lama bisa beradaptasi. Dalam artian, temen2nya dah ditinggal ama ortu dr sejak kapan, dia mah… masih harus ditemenin. :p
    Yah, namanya anak-anak. Pasti beda-beda lah yah.

  4. oke, buat semuanya… nama daycare nya Family Tree alamatnya di jl. Bintaro Utama 3. Persis sebelah toko buah So Fresh. No telp nya lupa.. nti kucari dulu ya :D

  5. Bunda Az…kutunggu liputanmu yang lebih lengkap mengenai daycare itu. Advantage dan disadvantage nya dsb dsb. Foto2 Az selama disana juga. Masak cuma info nama dan no telp doang ;-) (pura2 gak tahu ada yang lagi sibuk ngerjain tugas kuliah :D )

  6. salam kenal.saya novi gian,temennya anjar waktu smu.ga nyangka ya ternyata anjar romantis hue hue hue.
    anak saya udah 6 bulan jadinya hrs rajin cari info ttg mp asi.awalnya nyambung ke blog bunda dita.terus nyampe ke blog nunung deh.
    salam buat anjar dan keluarga.mudah mudahan pernikahannya mendapat barokah dan puteranya mjd anak yg shalih

  7. Salam Kenal Mba..
    Saya Lia, kebetulan sekali saya baca blog mba ini.
    Saya lagi cari2 daycare. Boleh tau ga mba disitu kisaran Harga nya berapa?
    Saya perlu mem-budget-kan nih..
    Makasih banyak

    Salam
    Lia

  8. Wuih Azkia puinter deh….toilet training dah 100% Alvaro br 70% ini karna maminya malas kadang2 msh suka dipakein diapers..tp anak2 itu pinter ya bun skali dibiasain Walaupun alvaro pake diapers mau pipis tetep aja dibuka dan lari kekamar mandi(he he he..)

    bunda Azkia semangat ya kuliah nya(jd malu ni sndirinya cuma rencana doang ambl kuliah lg,ketunda mululu)padahal Alvaro ada mamaku yg jagain…ah pokoke jd malu deh ama bunda azkia he he he

  9. tapi setidaknya pendidikan di daycare tidak membebani dia dengan berbagai pelajaran yang berat, hanya mengajarkan kemandirian dan life skill seperti pakai baju sendiri, pakai sepatu sendiri, minum sendiri,dll..

    > alhamdulillah…seneng baca-nya :) eh tapi ini postingan usia-nya udah setahun lebih ya? hehe, dan aku juga ga terlalu ngikutin perkembangan cerita mbak sekeluarga. apa skrg masih ikutan day-care?

  10. Lam kenal mba Nung, saya lagi bingung untuk meninggalkan anak saya usia 14 bulan di rumah, rasanya kurang nyaman ditinggal sm pembantu, saya dan suami sibuk, sebelumnya ada baby sitter tp saya kurang puas dan nyaman, kira2 aman ga ya untuk anak saya yg baru belajar jalan? terimakasih

  11. kok gak dikasih tau, biaya ya, pendaftaran, harian, bulanan ato semesteran……………… plus fasilitasnya apa aja, aku lagi butuh nih, daycare deket rumah, nerimanya anak yang idep-idep aja, sedangkan anakku aktif dan cerewet…………….

  12. assalamualaikum,,,,hai salam kenal sist. nama anak kita sama ya,,,azkia,,,yuk qt sharing yuk,,,,
    umur berapa anaknya,,,,azkiaq umur 2 tahun.buka juga blokq ya,,,di rumahazkia.blogspot.com,,,,

  13. Mba, mau tanya, daaycare tempat azkia ini msh ada gak ya?klo boleh, bs di share nama n lokasinya? Saya jg butuh nih, gak sreg ninggalin anak dirmh sm pengasuh nya. Terima kasih.

    • masih ada mbak. Namanya Family Tree (Little Tree) di bintaro sektor 3. No telpnya 021 736 2042. Kalo sekarang azkia daycare di Khalifah, ada di sektor 5 ada juga di sektor 9.

  14. Mba, mohon informasinya mengenai daycarenya azkia dong ? Khalifah daycare berapa biayanya ? programnya apa saja ? atau mungkin bisa dikasih contact personnya. saya lh cari daycare didaerah bintaro soalnya kantor bintaro juga. tks ya…

    • Dear bunda, ini alamat PG/TK KHALIFAH TANGERANG V (Jl. Perkici Raya Blok GA 3 No.7, Bintaro Jaya Sektor V, T.7358315) biaya Daycare :
      fullday 800.000/bln ; halfday 400.000/bln ; overtime 20.000/jam

  15. Mba.. Kebetulan skrg saya lg coba titip anak saya di daycare.. Tp kl ditinggal, nangis kejer.. Baru 2 hari dicoba.. Ada tips ga,biar anak sukses didaycare??
    Ga tega bgt denger anak nangis2,manggil2 kita.. Huhuhuu..

    Boleh minta alamat emailnya mba,supaya bisa sharing..

    Makasih sebelumnya.. :)

  16. Hi mba Nungqee.. saya boleh minta review daycare little tree dan khalifah? azkia waktu itu di daycare khalifah yg di sektor 5 atau sektor 9?

    Kebetulan saya sdg cari daycare utk anak saya di bintaro, dan rencana mau taro di khalifah, cuma disana tdk ada cctv nya, jadi saya agak khawatir.

    Kalau boleh, kindly share… thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s