hikmah ramadhan taun ini

Ramadhan kali ini, banyak hal yang baru dalam hidup ku..

Kuliah sudah mulai.. toko makin rame.. pembantu sudah resign.. sebuah kombinasi yang pas dihadirkan dalam Ramadhan ku kali ini, tentunya ini bukan sebuah kebetulan bukan? Allah pasti punya rencana.. tepat di Ramadhan tahun ini.

Pengen nangis rasanya, otak ini isinya seperti benang ruwet bekerja multi threading.. persis benang ruwet.. Ya Allah hanya kepadaMu tempatku meminta pertolongan..

Santai sejenak, menikmati segelas es rumput laut, dan mendesign ruang kerja yang nyaman, sambil ngeblog.. mudah2an bisa mencairkan ketegangan otot2 leher ku..

Cerita tentang asisten rumah tangga yang bikin pusing itu berlanjut, ceritanya panjang, si asisten itu (selanjutnya ku sebut “dia”) dilobbi sama ibuku agar bertahan paling ga sampai lebaran, dengan asumsi lebaran bisa lebih mudah nyari penggantinya.

Dia setuju, dan mau mencarikan pengganti. Tapi oh tapi.. kelakuannya makin buruk.. sedih.. sampai akhirnya entah dia tiba2 sudah memegang tiket mudik dari pacarnya tanpa bilang2 ke aku, aku cuman tau dari tetangga.

Dan aku?? kalang kabut lagi, mencari pengasuh azkia selama aku tinggal kuliah… musim deket lebaran gini siapa yang mau kerja? Survey tempat2 penitipan anak.. azkia ga gampangan dengan orang baru😦 — sama kaya bundanya😀

Aku melamun.. dulu pertama datang dia begitu lugu, polos, jujur, sederhana, ini kali pertama dia ke jakarta, sekarang, dia berubah drastis sejak dekat dengan pacar premannya itu.. sudah beberapa kali pula kena tipu, masih aja lengket… *sigh*

Siapa yang salah? aku? tentunya.. kurang tegas dari awal. Suamiku juga terlalu memberi kebebasan kepada dia, pulang larut boleh, pergi ga pamit boleeh, nginep2 boleeh, pulang pagi juga boleeh, mau kluar kapan aja boleeh, mau bergaul dengan siapa aja boleeh, mau bawa pacar ke rumah juga ga pernah ditegur.. sampai akhirnya entah kecantol dimana dengan pacar premannya itu.. ditipu jual beli hp, dibawa nginep2.. astaghfirullah..

Kalo aku marah dan negur dia, suami ku mulai ngomel “jangan dimarahi, kesian..”

Jadi pelajaran berharga buat kami.. keluarga besar juga sepakat, daripada dia membawa kemudharatan di rumah kami, lebih baik dijauhkan..

Kemaren tetangga, ada yang kecurian uang, hp, dll.. ternyata pelakunya pembantu baru nya.. naudzubillahi mindzalik.. mudah2an Allah selalu menjaga kita.

Otakku berpikir keras, pengen rasanya tidak perlu mengandalkan orang asing untuk melakukan tugas2 ini, aku pengen ada mesin di rumah ini, robot yang sistematis .. hehe.. andai ku seorang super woman.. andai cita2 untuk kuliah ini tidak perlu ada..

astaghfirullah.. harusnya aku bersyukur, mengapa malah berandai2 dan mengeluh.. aahh.. tapi tak perlu gundah.. Allah sudah mengatur semuanya..

Tapi sekarang, aku tak lagi bisa mengeluh, (lha iki opo namanya kalo bukan mengeluh.. hehe.. cuman curhat kook😛 ), ditemani celoteh lucu azkia setiap saat, menatap wajah sayu nya.. membuatku merasa jadi super woman.. hehe.. “nak, doakan semuanya lancar ya.. bismillah, pasti ada jalan keluar terbaik.. pasti ada pertolongan Allah.. amiin”

owya teman2, selamat berpuasa yaa.. mudah2an puasa kita kali ini benar2 bisa membawa kita menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.. dan semua ibadah dan amalan kita diterima oleh Allah.. amiin

10 thoughts on “hikmah ramadhan taun ini

  1. Kalau saya boleh berpendapat😀
    Siapa saja yang tinggal di rumah adalah kewajiban kepala rumah tangga & nyonya untuk membinanya, jangan karena kita sudah memberikan kewajiban materi kita melupakan kewajiban sosial kita, Mereka juga manusia yang bukan hanya butuh makanan fisik tapi juga makanan batin, karena kesibukan tuan & nyonya maka makanan hati mereka terlupakan, Atau tuan & nyonya juga jarang memberi makanan hati tuan & nyonya sendiri.

  2. Sing sabar dik. Itulah hidup. Penuh dinamika. Kadang dinamikanya enak, kadang bikin kepala puyeng. Tapi Insya Allah kalau dijalani semua ada jalan keluar terbaiknya, seperti doa dik Nurul itu *sok nasehatin nih, ntar kalau aku yang puyeng, aku gntian curhat ya..😀 *

    Kalau soal ART, sama nih. Teh Della belum tahu bisa terus apa gak? Kebayang gimana kalau balik dari mudik trus gak ada ART. Waduh…gimana aku bisa kerja ya?. Trus kalau sudah menyangkut pacar ART, wedew kita jadi ikut pusing. Kalau hal yang prinsipil spt nginep2 apalagi perginya sama cowok, pulang larut, emang harus ditegasin. Pokoknya punya ART itu kayak punya anak ABG deh🙂

    Selamat menjalankan ibadah puasa juga ya dik. Semoga puasa ramadhan th ini membawa berkah dan hikmah yang baik🙂

  3. sabar ya nung, semoga cepat dapat prt yg lebih baik lagi. makanya gw gak suka pake PRT kalo dapet yg baik mah enak kalo gak huh, makan atiiii. tapi gw masih numpang nyokap sih hehehehe. btw apa kabar nih nung? azkia udah bisa ngomong belum? arya masih blebebblebeb auk ah gelap…hahahahaha

    • hahahha… azkia udah bisa nyanyi dong.. ” cicak cicak hap ” segitu doang tapi… hihihi.. gpp la, kayaknya si arya jalannya kan lebih dulu jadi mungkin ngomongnya belakangan. Azkia baru bisa jalan umur 15 bulan tapi ngomong mayan laah kalo ditanya dah nyambung dikit2.. hehe..

  4. Sabar sabar… Puasa gini pahalanya nambah kok untuk orang2 yang sabar🙂 Hehe gampang ngomongnya susah dilakukan ya… Soal ART, sepertinya itu jalan yang terbaik, semoga azkia cepet dapet gantinya yang baik, cocok dan ga aneh2…

  5. booking asisten rumah tangga baru di malang dari sekarang. nyarinya kudu dari seminggu sebelum lebaran. kalo udah H+2 lebaran, biasanya stock sudah habis.

    dan emang kayak punya anak ABG sih, kudu punya aturan jelas dari awal. namanya juga jadi pembina pramuka, huehehe …🙂

    • booking nya udah dari 2 bulan yang lalu, sejak si “dia” sounding akan berhenti lebaran ini. Tapi yang di malang dah pontang panting nyarinya belum nemu juga.. huhuhu.. ya wis lah sabar saja… kalo ada info ya om..

  6. alhamdulillah 8 tahun nikah baru 3 kali ganti pembantu .. 3bulan, 6 bulan dan yg terakhir sudah 6 thn .. pengalaman dgn 3 pembantu : dari awal kita harus tegas memberitahukan aturan main di rumah selama dia ikut kita, jd gak boleh itu gak pamit untuk jalan2, menerima tamu tidak pada waktunya .. dsb .. apalagi rata2 Ass.RT adalah wanita/perempuan, maka kita otomatis jadi pengganti orangtuanya ataupun keluarga (jika dapat janda kayak pembantu terakhir saya).

    prinsip saya ass.RT itu adalah jodoh .. bisa berjodoh panjang .. bisa berjodoh pendek … jadi gak usah stres kalau ditinggal ass.RT artinya emang jatah dia bersama kita cuma sebentar.

    oh ya satu lagi nih,diantara majikan pria dan wanita harus ada profil yang dicreate agar ditakuti oleh ass.RT, spt saya menetapkan bahwa suamiku itu galak /tegas .. jadi kalau saya gak suka kelakuannya .. saya tinggal bilang, “kata bapak, mbak gak boleh ngasih makan ira di dpn rumah tetangga”. nurut deh dia🙂

    sorri jadi panjang .. mudah2an segera dapat ass.RT yang lebih baik. amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s