Toilet training untuk Azkia

yup.. sekali lagi milestone yg telah berhasil dilewati oleh Azkia (15,5 bulan)… Huhuii.. senangnya bunda..
Sebenernya ga sengaja bunda mengajarkan toilet training untuk Azkia, lagian Azkia belum bisa ngomong dengan bener. Bunda juga ga gitu ngerti teori sebaiknya kapan anak mulai diajarkan buang air di toilet, yang bunda tau sih, orang2 tua jaman dulu rajin men-“tatur” bayi2nya dari sejak umur 3 bulan. Nah kalo bunda ini termasuk orang yang males, jadi pake aja tipers/popok plastik, beres… hahaha…

Ceritanya berawal dari sepulang dari jalan2 ke jogja kemaren, 3 hari di jogja dengan hawa yang sangat panas itu, biar praktis bunda pakein diapers pagi siang sore malam.

Akibatnya apa? PARAH bangeeett !!! Hiks.. bunda jadi sedih mengingat hari itu.. Azkia kena diaper rash PARAH!! seminggu lebih tempat pipisnya merah bintik2, setiap kali kena air/ kena pipis selalu nangis kejer tuh Azkia.. diobatin pake Zwitsal with zinc gak mempan, ga berkurang sedikitpun merahnya, yang ada makin benyek😦

Trus, nanya ke mama nicho (mbak justin) yang anaknya juga punya kulit sensitif sama kaya Azkia, dikasih tau salep Myco-Z dan sabun betadine antiseptik setiap abis pipis/pup, dan resep untuk selalu kewer2 (tanpa popok, tanpa diapers) tiap siang hari… oke bunda coba.. dan Alhamdulillah sembuh.. huff.. terimakasih mbak justin🙂

Nah, berhubung Azkia sesiangan kewer2, cuman pake celana dalem aja, jadinya kan pipisnya kemana2 tuh, akhirnya bunda telatenin men-“tatur” Azkia pipis dan pup di kamar mandi tiap 2 jam sekali, hari pertama dan kedua, yang ada di kamar mandi malah maen air, maen bebek, bukannya pipis, begitu dipakein celana lagi langsung cuuurr😀 mana pipisnya gak teratur pula, sebentar diganti celana, eeeh pipis lagi..

Oiya sebelumnya sih, Azkia udah bisa disuruh pipis setiap mandi, jadi begitu buka baju, langsung suruh pipis, itu udah bisa sejak lama, cuman kalo ke kamar mandiri hanya untuk pipis aja blum bisa.

Hahaha.. tapi bunda yakin kok, Azkia pasti bisa, anak pinteeer😀

Gak butuh waktu lama, hari ketiga, Azkia udah mau disuruh pipis di kamar mandi, begitu buka celana, “piis… piiis…” langsung cuuur, bunda tepuk tangan meriah “horeeee.. azkia pinter, bisa pipis di kamar mandi…” azkia juga lebih seneng lagi, mulai mengerti kalo itu sebuah prestasi, dia ikut tepuk tangan, hihi😀

Hari ke-4, Azkia mulai bisa menunjukkan tanda2 pengen pipis, meski blum bisa ngomong, dia pegang2 celana sambil menatap bunda dan bilang “eeh.. ehh.. ehh..” cuman pake instinct aja, apakah ini sinyal Azkia mau pipis? langsung bunda angkat ke kamar mandi dan cuuuurr… banyak pipisnya.. “horeeee azkia pinter udah bisa bilang mau pipis”.. tepuk tangan makin meriah, dibantu ayah juga ikutan tepuk tangan buat Azkia.. hihihi..

Gak lama setelahnya, Azkia berlagak gitu lagi, aneh kan barusan pipis, mosok iya pipis lagi, kali ini sambil nepuk2 pantat nya sendiri.. langsung bunda bawa lagi ke kamar mandi, eeh ternyata mau pup.. horeeeee… bisaaa😀

Hari ke-5, siang hari lulus.. gak ngompol sama sekali, bahkan tidur siang pun udah gak ngompol..

Tapi beberapa kali kecolongan kalo Azkia lagi asyik maen di luar rumah, suka gak konsen langsung cuur aja, tanpa ngasih tanda2, tapi kalo di rumah aja, Azkia udah bisa tuh, ngasih tanda2 kalo mau pup/pipis.. Alhamdulillah.. ternyata tak sesulit yang kubayangkan..

Tadi malam, sebelum bobo, Azkia minta pup, setelahnya bunda tetep pakein diapers, bangun pagi2, dia langsung minta pipis sama ayah, dan berhasiilll.. diapersnya hampir kering, mungkin cuman sekali pipis malem hari pas bobo..

horeee… selamat yaa sayangkuuwwhh.. moga2 besok lebih pinter lagi..

13 thoughts on “Toilet training untuk Azkia

    • belum sepenuhnya bebas sih bun, bundanya yang belum pede kalo bawa kluar2 masih ber-diapers, padahal nge-mall pun azkia kemaren udah mulai menunjukkan tanda2 mau pipis, ga nyaman gitu, tapi berhubung ga mau repot, dibiarkan pipis di diapersnya dulu, setelah nyampe rumah baru dimulai lagi trainingnya

    • iya iya.. bundanya amazin banget, ga nyangka semudah ini mengajarkannya, hayoo ditaa pasti bisa.. ssstt.. kuncinya ada pada bahasa ibu loh, dikasih tau pelan2 sambil peragakan cara pipis, cara pup, cara bilang kalo mo pipis, sambil dikasih tau kalo pipis tempatnya di kamarmandi, ya kaya nasehatin anak udah gede gitu, meski anak kita kayaknya blum faham, tapi dia ngerti loh, ajaibnya bahasa ibu😉

    • siip.. ayoo mulai dilatih, bikin fun aja, kalo misal ezra nangis ga mau pipis, kasih maenan, kalo azkia andalannya maen semprot2 air.. huwahaha.. basah semua deh.. jaman orang tua kita dulu malah bayi belum 1 tahun dah ga ngompol karena rajinnya orangtua men-tatur bayi..

    • hahaha… bener juga ya? ngirit😛

      shaina juga dah bisa pipis dan pup di potty ya.. pinter, emang udah masanya kali ya.. kalo azkia ga punya potty jadi ya langsung noilet ajah.. haha😀

  1. Wah azkia pinter deh. Mas ufid kalah deh. Pernah beberapa kali dicoba awalnya sama seperti azkia, di kamar mandi ga pipis begitu keluar kamar mandi malah cur, waduh waduh, jadi mikir deh mamanya. terus udah dicoba lagi habis pup tanpa tipers lumayan juga ditatur mulai bisa. tapi ya itu tadi bener2 butuh ketelatenan mamanya. kemarin dicobain lagi eh pas beser (pipis per 15 menit), pake kena karpet segala, jadi ya belum dicobain lagi neh. perlu dicoba tuh tipsnya azkia🙂

    • iya mbak, azkia juga sebenernya blum 100% bebas kalo siang, kadang masih kecolongan juga sih, cuman biar ga repot, aku ga kasih dia duduk di karpet, kasur atau sofa, semua digulung, azkia maen di lantai, jadi kalo kecolongan tiba2 ngompol bersihinnnya ga repot, kalo bobok siang masih aku alasin perlak..

      ya pelan2 sih, namanya juga lagi belajar ya kan😉

  2. seneng dengernya…aku malah yg belum ngajarin farissa TT,tapi lahamdulillah pengasuhnya yang suka ngajarin,waduh..harus di coba ini.makasih ya buat ilmunya.bener banget nung,bahasa kita ke anak layaknya kita bicara sama orang dewasa ja,akupun k farissa gitu..kadang kita yang amazing sendiri dengernya,tiba2 liat anak sudah bisa berhitung,sudah kenal warna..sudah pandai bernyanyi,pokoknya tetap semangat..dan gpp dech ngomong sendirian juga he..hee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s