Hati2 dengan tagihan PAM anda..

Kejadian yang saya khawatirkan akhirnya terjadi juga sama kami..

Pernah suatu ketika saya membayar tagihan melalui counter pengelola PAM Bintaro langsung ke gedung BTC (biasanya sih bayarnya cuman pake ATM bank Permata), waktu itu saya liyat ada ibu2 yang komplain ribut2 masalah tagihan yang gak wajar, entah bagaimana ceritanya yang saya denger si pengelola menuduh ibu2 itu berusaha mengakali meteran PAM dengan menggunakan pompa or apa gitu, dan ributlah mereka, tapi saya ga tau akhir keributan itu kemenangan ada di pihak mana.

Saat itu saya hanya mengelus dada, betapa buruknya pelayanan umum yang harus kita bayar mahal ini, berharap tak terjadi pada saya.

Oke, masalah jasa air bersih yang sampai ke rumah kami, memang sampai saat ini hampir 2 tahun menjadi konsumen air bersih yang disupplai oleh jasa PAM Bintaro, tidak ada masalah, malah kami merasa sangat puas dengan air yang melimpah ruah, bersih, dan selalu mengalir deras.

Dalam sebulan biasanya saya membayar tagihan sekitar 130-150 ribuan (sudah termasuk uang kebersihan dan abonemen PAM), mahal memang, tapi so far kami puas dengan kualitas air bersih yang kami pakai. Tapi kemudian masalah datang pada saat kemaren kami mau membayar tagihan pemakaian bulan desember yang lalu, alangkah terkejutnya melihat tagihan yang harus dibayar adalah 600ribu rupiah… astaghfirullah permainan apa ini ??

Jadi ada kesalahan pencatatan angka meteran pemakaian bulan lalu ilustrasinya begini :
pemakaian rata2 per bulan adalah 20-30 m kubik
tiba2 pemakaian bulan desember tercatat pemakaiannya adalah 180m kubik –> ga masuk akal, katanya catatan petugasnya begitu
bulan ini petugasnya mencatat dengan angka yang benar (otomatis pemakaiannya minus kan?) –> dianggap nol, tapi tetep bayar abonemen bulanan+kebersihan

Padahal makin besar pemakaian makin besar pula angka pengalinya… dan itu artinya berasa banget selisihnya…

Dan yang paling bikin jengkel tetep aja kami disuruh bayar tagihan yang salah itu sebesar 600ribu..  ya ampuuuuuuuuunnn emang kita mo bikin kolam renang atau tambak ikan nih… dudulz banget sih !!! aaarrrrgggg……. sebeeeeeeeeeeelll

Saat itu yang membayar ke BTC adalah si mas, dan kebetulan saya ga bisa ikut. Saya menyesal saat itu saya gak bisa ngomel2 langsung di depan petugas2nya… arghh jadi gemes, dengan kalemnya suamiku yang membayar apa adanya tagihan yang tak masuk akal itu… duh betapa…

Petugasnya bilang bisa jadi kesalahannya ada pada kami yang salah menuliskan angka di papan meteran, bisa jadi petugasnya yang salah catet… menurut pengakuan suami, dia gak pernah menurunkan angka meteran di papan, yang ada setiap bulan dia naikkan sesuai yang ada di kran air pam.

Nah karena kami ga punya barang bukti jadi susah mendebatnya.. oke kali ini kita yang salah..

Pelajaran untuk semuanya :
1.  kalo ada tukang catet dari PAM atau PLN, pastikan yang dicatat sama dengan yang di meteran, tolong liyat dengan seksama dia catet di buku atau apa minta  tolong untuk ditunjukkan ke kita
2. cek juga setiap tagihan, apakah meterannya sama dengan yang dicatet, kalo bisa catet baik2 di buku sendiri
3. selalu simpan baik2 bukti pencatatan meteran dari petugas pencatat.. (untuk masalah saya harusnya saya bisa menang eyel2an dengan membawa bukti ini, sayangnya saya nggak rajin mengoleksi bukti2 ini, tadinya saya pikir ga berguna)
4. jangan mau membayar begitu saja tagihan yang tak masuk akal, selesaikan dulu, kalo diputus? ya demo aja !! tulis di public gede2 kalo mereka mencurangi konsumen.. *dasar monopoli

Jadi waspadalah sebelum kita dirugikan.. !!

*nggerundel ga abis2, coba waktu itu bisa ngomel2 langsung ke petugasnya😦 uuugghh.. awas ya kalo sampe kejadian lagi… !!!

28 thoughts on “Hati2 dengan tagihan PAM anda..

  1. Wah, sama nih Mba kejadiannya sama saya. Biasanya pemakaian saya tiap bulan, 60rb.. Tiba2 naik jadi 200rb. Awalnya qta mw complain tapi telat karena dibukti tagihannya ada tulisan complain paling lambat 1 hari (atau 2 hari, saya lupa pastinya0 setelah bukti tagihan diterima. Mikirnya yg udahlah, siapa tau bulan depan udah bener, taunya masih tetap 200rb. Bulan berikutnya pas suami ada dirumah, petugas PAMnya datang ngecek, dan suami komplain.

    Jawabannya pemakaian qta gak bisa dikurangi, karena yang tercatat di PAMnya gak bisa diganti. Sebagai gantinya, kata petugasnya, bulan depan pemakaian PAM saya akan dikurangi agar bisa mnyeimbangi keadaan sekarang. Kemaren terima tagihan, cuma 60rb tapi tetap jumlah meterannya beda 50 m kubik dari yang sebanarnya.

    Kejadian ini karena biasanya petugasnya ngira2 Mba, pemakaian qta tiap bulan, jadi asal masukin aja dicatatannya. Dan mereka suka gak percaya ama papan meteran yg qta pasang. Alasannya mereka harus cek langsung ke meterannya. Tapi buat saya yang rumahnya kosong dan dikunci, ya jadinya gak bisa kan.

    Nyebelin juga kadang2. Saya ngotot pengen komplain tapi kata suami gak perlu. Padahal sebel.. =D

  2. Konsumen (di Indonesia) memang selalu menjadi pihak yang tidak punya “Bargaining Power”. Jika ada komplain tagihan yang dirasa konsumen “tidak wajar”, pihak Produsen (PAM,PLN,Telkom) selalu menggunakan senjata “Tagihan harus dibayar dulu, baru “ketidakwajaran” diselesaikan belakangan. Kalau gak mau bayar, akses diPUTUS!”. Hak Konsumen diabaikan sama sekali, sangat menyedihkan😦 . Ya beginilah kalau penyediaan air dan listrik dimonopoli Pemerintah. Coba ada pemain swasta yang ikut berkompetisi, pelanggan mereka pasti akan “bedol desa” ke Swasta. Spt urusan komunikasi, Telkom sudah tidak bisa lagi semena-mena spt dulu.

  3. yah begitulah negeri kita yang tercinta, that’s why i always dream to live abroad just to know the comparation between our country and another.

  4. @Bundanya Dita :

    Hm.. padahal yang PAM Bintaro itu yang ngelola swasta loh mbak, tapi karena masih monopoli jadinya nyebelin juga😦

    @wulan :

    lha itu sih impian semua orang mbak, hehehe… anyway.. congrats ya.. buat bedol desanya😀 doakan kita bisa nyusul juga… huhuhuhu *mupeng mode=on

  5. *Weh, Bundanya Azkia galak tenan, hehe*

    Meskipun belum pernah ngalami, at least dapet hikmahnya. Malah info dari Nurul ini dapat dijadikan alat pencegahan.

    Thx ya…

  6. Waduh…. Kok ya gw bulan ini tagihan PDAM Pam Bintaro yang rumahnya kosong melompong ngga ada yang ninggalin, bulan Maret 2009 tagihannya ngelunjak jadi Rp.1.927.900 hampir 2 juta Rp. padahal biasanya tiap bulan walau rumah kosong gw bayarnya Rp.160.000. Ngadu kemana ya gw…. Mana gw sekarang tinggal di Kalimantan lagi… PDAM Resse, suableng bin guendeng nih…

  7. Sama banget mba, aku juga pernah mengalami kejadian kayak gini tapi untuk tagihan PLN. Dan meterannya buanyak banget dan oleh Bapak saya tetep dibayar. Tapi setelah diceritain saya jadi yang panas dan mo mencari pembuktian. Untungnya semua tagihan bulanan masih ada, jadi saya bandingkan, cek meteran asli, komplen sana sini karena dioper terus. Alhamdulillah pihak PLN bisa menerima dan mengganti kelebihan pembayaran berupa kompensasi bulan2 berikutnya hanya bayar abonemen saja (sampai 3 bln kalo ga salah)

  8. Klo aku sampe sekarang sampe stress gara2 bayar abodemen PAM yang nunggak sampe 18 bln sekitar 2jt an lebih, di maki-maki boss abis2an!!!salahnya aku gak nge cek meteran, tapi memang sudah gak pake PAM dari dulu2 cuma belum di putus aja, tapi tagihan terus-terusan dateng!!sudah konsultasi sama boss ke-2 minta acc di bayar, dia setuju dan nyuruh bayar dan di urus..pas boss pertama liat laporanNa marah-marah dan meki-maki aku, eh..boss ke dua cuci tangan begitu aja!! begini nasib jadi karyawan 99,9 % untuk di marah-marahin 0,1 % di bayar untuk kerja kerasnya..Huff

  9. makanya, jangan mau tinggal deket rumah yg kerja di PDAM, krn cepet di azzab allah swt. mereka itu suka mencurangi orang kecil. orang2 yg tertindas doanya selalu dikabulkan.
    PDAM = TUKANG PALAK RAKYAT KECIL DENGAN MODAL AIR
    padahal air itu milik orang banyak. bukan instansi!

  10. aku berulang dikerjain sama tukang catet.Kalo siang rumah suka kosong. Krn belum dapat pembantu lagi.Jd petugas PDAM-nya nulis sesuka dengkulnya . Biasaya bayar 60 ribu, tiba2 membengkatk jadi 220 rb, 3 bulan berturut2.

  11. tagihan saya bulan ini 800ribu, belum saya bayarkan. biasa nya hanya bayar 50rb lebih /bln, sementara saya skrg lg sibuk mencari bukti-bukti pembayaran terdahulu, tapi rasanya sudah pada hilang…

    ada saran untuk saya dari yg sudah mengalami hal serupa agar saya bisa melalui masalah ini agar tidak membayar 800rb ?

    terimakasih sebelumnya.

  12. saya juga kena masa rumah tangga biasa ditulis tarif usaha dalam rumah tangga, kemudian tiap oktober 2011 tagihan sudah akhir 2175 padahal pemakaian akhir desember 2011 masih menunjukkan 2130…. bayangkan berapa yang harus saya bayar untuk selisih kubikasi ga jelas dikomplain masih ngeyel…. kesalahan petugas lapangan kita yang tanggung….mentang2 rumah saya kalo siang kosong terus ditinggal kerja jadi menurut mereka ga ada bukti padahal sudah dikomplain pake foto… bener2 bermasalah tolong ditertibkan petugas lapangan yang suka merugikan masyarakat ini, terima-kasih.

  13. yah.. Sabar ya buuu.. Memang petugas pencatat meter seperti saya ini bekerja sesuai prosedur dan schjule pencatatan yang berkala.. Jika ada angka yang rancu kami tidak segan akan mengecek hingga berkali kali kerumah ibu..
    Angka yang anjlok banyak faktor penyebabnya.. Antara lain kebocoran, lupa nutup keran dan sebagainya..

  14. hasu tenan. kok bisa sama dengan saya y?> saya juga bulan desember membengkak jadi 500k. anjing bener. dibilangnya keran kita bocoor.

  15. yap Petugas PAM tidak semuanya seperti anjing, tp yg seperti anjing geladak kelaparan lebih banyak…., laporan meter rusak malah dipermasalahkan, padahal sdh pernah diperiksa dgn hasil kondisi segel meter baik utuh semua, tp sebulan kemudian diperiksa lagi dgn hasil kondisi segel rusak, jadi hrs bayar Rp.1.500.000 + denda. Gila………pret..

  16. Saya baru kejadian ni … angka meteran tidak sesuai struk tagihan, jadi saya terbayar 10 kali lebih banyak dr biasanya, petugasnya salah catat, sdh saya komplain tp blm d tindak lanjuti, gimana nih … apa hrs ttp saya byr,YLKI bisa bantu gak ya… kata tmn2 biasanya dsuruh byr sj sesuai tagihn, tp saya gak terima…itu untuk 10bln saya byr air lho… mohon pencerahan…

  17. PDAM drakula makan darah semua, air gak dipake , bocor sedikit tau-tau tagihannya 780000 padahal biasa cuma bayar abonemen 35000 saja, benar2 drakula penghisap darah mereka…😦

  18. Di kontrakan saya pun tega teganya juga petugas memanipulasi data yang biasanya pemakaian hanya 5 m3 tagihan bulan juni menjadi 24 m3 yg biasanya bayar 29.234 skrang hrs bayar 115.984 melonjak 3,9 kali lipatnya.
    Dan anehnya lagi struk yang saya dapat catatan meternya pun tidak sama dengan meter air.
    Meter di meteran sampai saat ini hanya 71 m3 tapi di struk tertulis stand awal 77 m3 dan stand akhir 101m3, petugas dapat angka begitu darimana ya…..?
    saya yang ga tau apa petugas yang berbohong…kalo berbohong berarti dari semua atasan sampai yg petugas catatnya semua bekerja sama untuk mencari tambahan dengan membohongi konsumen…..

  19. saya juga mengalami hal yang sama, biasa tagihan dirumah cuma 40rb tiba tiba bulan kemarin tagihan 360rb, bulain ini 240rb.. sudah komplain katanya ada yang bocor, sudah lapor tapi masih tetep aja bayarnya masih mahal, masak komplain harus tiap bulan.. kecewa sekali, kenapa kemarin pas perbaikan nggak sekalian di cek semua,

  20. Klau baca2 koment kadang ketawa sendiri koq bisa ya ……… eh sekarang saya nggak bisa ketawa pasalnya juga ngalami hal serupa tiba2 saya kena pemakaian 1000 kubik rasa mau nangis udah gitu bebannya dikenakan tarif maksimal jadi kalau di hitung2 Rp 5.868.000, – alasannya selama 4 tahun ada kesalahan pencataatan padahal tiap bullan saya bayar 80 ribu itu pun 3 hari sekali air mengalir tapi gimana lagi kalau nggak dibayar bakal di putus eamng kita sebagai rakyat jelata posisinya terjepit ya udah lah mau gimana lagi yang penting sabar sapa tau kita banyak rejekinya aamiin semoga PDAM jadi lebih baik Merdeka!!!! Rakyat kecil juga warga negara Indonesia kan?????

  21. baca nya miris yaa..apalagi buat saya pengantin baru yg tinggal dkontrakan…awalnya bayar 60rb bulan ke2 jadi 120rb skrg bulan k3 harrus bayar 250rb..kesellll gendok banget rasanya padahal pemakaian normal…duit segitu emang mungkin ga besar buat orang lain tp buat saya yg mulai belajar mandiri nominal itu gedeeeee banget..hikss

  22. dari atas baca sampai komen terakhir masalahnya masih samaya kak.,….. jd kakak2 disini semua permasalahan PDAM punya saya ini malah sangat absurd lagu dan ni sensse..ga masuk akal..ada yg bs kasih saran ga? gimana saya dan ibu saya menyelesaikan ini jadi tadi pagi ibu sy ke loket pembayaran PDAM kotim Sampit/kalteng tmpt saya tinggal kan.. kami memang menunggak 4 bulan ceritanya.. nah ketika ibu saya kesana berniat melunasi tiba2 ada yg aneh , ketika ibu saya memberikan bukti pembayaran terakhir ke loket tiba2 mbak loket bilang “ibu ini bayar abnomen 10 rb aja ya ” ..loh ibu saya kaget, ga mungkin seneng soalnya aneh kan 4 bulan ga bayar kata ibu saya, cb tlong cek lagi mba? … setelah di cek lagi ternyata kata mbak nya kami menunggak 21 bulan????? hah? ibu sy syok, wkt itu sy ga ikut memang biasa sy kerja ibu sy yang urus pembayaran pdam itu. …..kata org PDAM bilang, ibu nomer rumah berpa, ibu sy jawab ..pas di cari di server mreka sgala dokumen pelanggan disitu…mereka menemui nama ayah saya, ya betul namanya tapi data2 lain nya bukan.. mereka punya foto dokumen rumah pelanggan.. dan mereka memasuka no.pelanggan yg ada di kertas bukti pembayaran terkhir kami.. dia bilang ini ga ada no.rumah nya bu? tapi cb ibu liat foto nya? ini bnr rmh ibu? soalnya sy masuka no.pelanggan milik ibu ini..dokumen ini yg muncul? lalu…ibu sy lihat, hah? bukan ini bukan rmh kami… sy ga tau posisi rmh ini dmn… , lalu di carinya nama pelannggan yg sama… dn dapet no.37 rmh sy.. dan nama ayah sy.. dan ibu sy bilang, nah itu bnr rmh kami, kami sdh 7 tahun tinggal disitu…dan apa kata mereka? ini bnr rmh ibu? kalo bnr…data kami mnytakan pelanggan ini dgn data ini milik ibu sdh menunggak 21 bulan??? ibu sy lgsg jengkel…bertanya2 dan bilang ga mungkin… mereka bilang ibu selama ini membayarkan rekening PDAM org lain.. ini rummahnya sdh lama kosong, jadi ibu slma ini bayar kan punya rumah itu.. lah?? dr mana mreka tau itu rmh kosong..?? laluy ibu sy jawab ” kalo slma ini kami membayarkab rumah org, dan rumah kosong, kenapa kami tetap membayar mahal 120-178 rb tiap bln slma ini??? katanya itu rmh kosong… ? seharusnya kami cm bayar beban slma ini? jadi rumah kos0ong itu siapa yg memakai air kok smp ratusan ribu kami bayar, kalo mmg bnr bgtu?? hga msuk akal… dan kata anda rmh kami 21 bln menunggak? knp tidak diputus dari dulu?? knp kami ttp bs pakai? dan bayar smahal itu? untuk rmh org lain? nah katanya lmt itu juga satu komple dgn kami tp ga ada nomer nya, Aneh kaya bego bngt kalo pihak PDAM menyambungkan pdam ke pelanggan yg ga jelas alamat dn identitasnya.. rmh aja ga ada nomer jgn2 ga ada RT sm RW nya , senodoh itu kah pihak PDAM? jadi ibu saya debat sedikit dan mereka debt lebuh keras,… ” ibu bagaimanapun ksalahan nya, mau dr pihak ibu/ kami itu ga penting, yg penting ibu bayar dulu 21 bulan rumah ibu itu PDAM nya? ” laah yaibu sy ga mau ….dan untung nya ibu sy simpan smua bukti pembayaran nya smpai bulan terakhr iru… mreka sruh ibu sy puylang dn catat mo.pelanggan yg nempel ddpan rmh.. dan no. kilometer air nya.. ternyata apa??? beda lagi sama no.pelanggan yg lembar terakhir bukti pembayaran kami…? jadi ma sy pulang2 nangis…. dan cerita bkin sy jengkel jg…. jadi bsook kmi mau ksna lg bwa bukti no,pelanggan dan rmh kami sy mau ikut tp sy kerja… moga aj sy bs ijin… jd tmen2 dsni ada yg bs bntu sy ga? apa aja yg bs sy lakukan untk pembelaan..? susah sih ga pnya laki2 drumah yg ngrus..mohon bntuan nya ya…

  23. Sm kyk sy jg ..biasany byr air 40rb atw 60rb. eh ne tb” 200 bhkn 300rb.
    Pdhl wkt bocor di pipa toilet aj byr ny 100rb. Klo sy gk drmh pst PAM sy matiin.

  24. Saya mau curhat mba, sekarang saya sedang dihadapkan dengan masalah pelik PAM ini, saya domisili di jogja, biasanya bayar PAM 1 bulanya cuma 36.500 pemakaian 37 M3, trus nunggak 1 bulan pembayaranya 62.000 dengan pemakaian 51 M3, okelah, mungkin kita sedikit boros, selnajutnya karena rumah ditinggal pulang kampung sekitar 2 bulan pas mau alangkah terkejutnya saya mbak pembayaran 680.000, dengan pemakaian 119M3 dan 191M3, saya langsung minta penjelasan disana kok bisa sampai segini, padahal biasanya cuma 36.500 dan paling besar 62.000, kok bisa sampai 680.000, emosi saya udah naik tu, kata petugas mungkin bocor mas, apa mungkin ada akal2an petugas yang salah mencatat? masa naik pemakaianya bnyk sekali padahal d rumah cm 2 orang, dari 37 M3 ke 119M3 dan 191 M3.

Leave a Reply

