Belanja susu kaleng sebulan berapa?

Ada perbincangan santai dengan seorang sahabat yang punya 2 anak masih kecil2..

“anakmu pakai susu apa?” (Sahabat)
“masih ASI” (saya)
“wah jadi kamu belum pernah tau ya pengeluaran untuk beli susu”
“ya belum tau lha wong gak pernah beli susu”
“buat susu anak saja saya bisa habis sampai 3 juta loh perbulan, anak saya minumnya yang susu soya”
“haah? mahal amat !!” (suer kaget banget dan ga nyangka angkanya sampai segitu)
“iya, kalo kakaknya susu yang 900 gram bisa habis dalam 2 hari, kalo adiknya dalam waktu 4 hari”
alamaaak.. yang benong.. (puyeng)
“emangnya nggak makan nasi ya ?” (saya bingung apa perutnya muat tuh)
“saya lebih prefer mengajarkan dia minum susu daripada makan nasi, biar gedenya nggak susah minum susu”
“bentar lagi juga kamu bakal tau kalo buat susu anak tu posnya emang gede”
“mudah2an saya masih bisa ngasih ASI sampai anak saya 2 tahun”
“wah ASI mah udah gak mencukupi, mau ngga mau musti ditambah sufor”
“memang tidak cukup, makanya anak harus dilatih makan makanan bergizi dan seimbang”

“wahai anakku, bunda bukannya pelit, bukannya mau itung2an, justru bunda tau yang terbaik hanya ASI, investasi untuk masa depanmu, untuk kesehatanmu nak.. yook mimik ASI lagi.. ”

Aku anak sehat,tubuhku kuat.
Karena ibuku rajin dan cermat.
Sewaktu aku bayi selalu diberi asi
Makanan bergizi dan imunisasi.
Berat badanku ditimbang selalu.
Posyandu menungguku setiap waktu.
Bila aku diare,ibu telah siaga.
Pertolongan oralit telah siap sedia.
(ini adalah lagu favorit yang kita nyanyikan buat Azkia)


Saya kutipkan artikel dari KOMPAS :

Anak Mau Sehat, Jangan Andalkan Susu!

Propaganda
minum susu dinilai terlalu berlebihan. Padahal, untuk anak di atas umur
dua tahun, ibu cukup memberi satu hingga dua gelas susu setiap harinya.
Budaya kebanyakan memberi susu sering dilakukan oleh sejumlah ibu yang
sebenarnya tak mau repot ketika anaknya tak mau makan.

“Banyak
ibu sekarang malas memberi makan anaknya, memang karena sulit makan,
jadi diberi susu saja tiga sampai delapan gelas per hari,” ujar
pemimpin redaksi sebuah majalah kesehatan ‘Nirmala’ Andang Gunawan
dalam acara peluncuran buku ‘Hidangan Favorit Ala Mediterania’ di
Jakarta, Sabtu (8/11).

Akibatnya, timbullah generasi obesitas,
yang ditandai banyak anak di bawah umur yang kini memiliki berat badan
berlebihan. Menurut Andang, tidak selamanya susu memberi manfaat yang
sama baiknya kepada semua orang.

Bahkan ada orang yang alergi
setelah minum susu. Jika timbul gejala demikian, Andang menganjurkan
segera berhenti mengonsumsi susu. Andang mengatakan dirinya memang
menentang kampanye minum susu yang berlebihan.

Menurut Andang,
susu bukanlah segalanya. Di satu sisi, memang kandungannya menjaga
ketahanan tubuh. Namun, yang paling penting adalah bagaimana orang tua
menjaga pola makan yang seimbang untuk anaknya.

“Kita tuh
sudah terpola pikirannya kalau nggak minum susu, anaknya bakal nggak
tumbuh dan nggak sehat. Yang benar, jaga keseimbangan pola makan buah
dan sayuran serta susu,” ujar Andang.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/11/08/1509318/anak.mau.sehat.jangan.andalkan.susu

PS : no offense buat temen2 yang sanggup belanja susu semahal itu, saya cuman kaget n ga pernah nyangka angkanya bisa sampai segitunya.. kalo anaknya nambah satu lagi aja, berpa ya kira2 pengeluarannya?

26 thoughts on “Belanja susu kaleng sebulan berapa?

  1. Alamaaak 3 jeti? Barusan temen kantor curhat, anggaran susu buat anaknya 720rb/bln aja sdh berat apalagi 3jt ya. Katanya, “untuk anak ke-2 nanti saya mau seperti ibu aja” (maksudnya kasih ASIX buat anak). Alhamdulillah🙂 .

  2. wakakaka.. sumpah jadi ketawa bacanya..
    kok bs sama ya lagu wajib azkia sm sunghee? hehehehe

    aku anak sehat tubuhku kuat.. bla..bla..

    salam dr sunghee buat azkia..

  3. nungki,

    kok dari beberapa postingan kamu, kesannya temen2 yang ngasih sufor ke anaknya itu pada males2… n kurang tau cara ngerawat anak ?

    inget ya ngasih asi buat anak itu memang pekerjaan mulia yang sangat melelahkan…
    but it doesnot mean that those with sufor are lower than u…..

  4. Nurul…
    Joanka juga sudah nggak full ASI udah campur sufor krn ASI ku dah bangkrutttt hiks…
    tp gapapa lah yg penting semept kasih asi dan anakku sehat
    Nur itu yg keluar 3 jt sebulan buat sufor kok bisa gitu ya
    Anaknya apa gak dikasih makan ya…
    Skrg setelah makan Joanka cuma habis 2 kaleng sufor 900 gram lho sebulan… kira2 pengeluaran gak sampai 400 rb deh….

  5. ralat… hihihi joanka sudah nggak ASI sudah full sufor maksudnya…
    masih berasa pengen kasih ASI soalnya hix…

  6. @mamanya joanka :

    iya aku aja kaget terbengong2 ternyata anaknya emang ga doyan makan.. dan katanya yang soya emang jauh lebih mahal daripada susu yang sapi ya? CMIIW

    Joanka udah ga mik ASI lagi ya, tapi makanan bergizi dia doyan kan Put? gapapa sing penting Joanka sehat2 selalu, kan udah sempet investasi ASI di bulan2 pertama kehidupannya, itu sangat2 berharga loh Put.
    Nanti buat adeknya joanka mudah2an bisa ya.. udah ada belum? hihihi..😛 katanya temen2 rum lagi pada demen hamidun😀

    Udah pernah baca milis asiforbaby belum? Ternyata susu UHT jauh lebih bagus daripada susu formula bubuk loh Put.. tapi untuk anak diatas 1 tahun ya.. Joan udah 1 tahun kan?

    silakan dibaca
    http://health.groups.yahoo.com/group/asiforbaby/message/41251

  7. Iya, susu soya emang lebih mahal dari susu sapi.
    Huhuhu emang udah gak mik ASI, tp syukurlah makannya lahap, dan aku usahain menunya bergizi terus hehehe…

    Belooom aku belom ikutan trend hamidun part 2 ntar aja ahhh :p

    O iya soal UHT emang katanya lebih bagus untuk anak diatas 1 thn, aku rencana mau kasih juga kalo Joanka dah 1 thn, selang seling sama sufor. Joanka masih 2 bulan lg umur 1 thnnya…

    Btw Azkia montox deh😛, cantik sekali..

  8. hai nungki, mo ikutan komen nih🙂
    apa ga puyeng ya ngabisin 3 juta cuma buat sufor? mending buat bayar cicilan hehehe.
    Sekarang anakku udah 7 bulan dan temen2 kantor non asi udah pada mojokin aku untuk kasih sufor, duh kudu tabah deh pokoknya.

  9. mbak nungee, salam kenal:)
    kita sesama alumni ilkom nih, tapi beda kampus hehe:p

    wah bener..
    aku juga nemu ibu yang ngasi susu ke anaknya sebagai pengganti makan karna anaknya gak mau makan.
    menurut aku kalo anak gak mau makan, pinter2 ibunya nyiptain suasana dan ganti menu.
    jangan sampe tergantung sama susu, sukur2 gak alergian sama susu, kalo alergi?
    nah repot sendiri deh…

    mudah2an zikra gak susah makan dah gede nanti *loh kok malah curhat:p*
    salam buat azkia dari zikra hehe;)

  10. betul…mbaku anaknya 2, umurnya 3 thn dan 1,5 thn..sebulan abis 1,5 juta untuk susu…dudududu….ampun deh…
    mba nung..aku masih junior pejuang ASI, br memulai perjuangan.Anakku br 2 bln dan same with u..aku full time worker… sharing2 ya…

  11. yeah nung..

    nicho poko ku juga minumnya sekarang banyak suleng (susu kaleng) ketimbang ASI. Ibu2 yang tak bisa kasi ASI, tak semuanya ingin begitu. aku sempat bete & tidak terima, cari2 alasan biar poko2ku cuma ASI aja, berulang kali dgn berbagai alasan aku berhasil membuang suleng yang sudah dibikin. Tapi tetep saja tidak berhasil, poko2ku pernah panas, aku takut karena dia kurang minum.. akhirnya aku bertobat, meskipun sudah katam teori ASI, mungkin aku & poko kurang beruntung dalam hal ASIX hiks hiks..

    Setidaknya sampai sekarang masih kupertahankan poko2 nyusu tiap malam, karena kemesraannya tak pernah tergantikan, memandang matanya yang menatapku dgn penuh iba hiks hiks.. dan aku tetap mendukung teman2 yang bisa ASIX full.. hoyeah.. tetap semangat, semampunya hee..

  12. hi Nung, untunglah aku juga gak pernah mengeluarkan uang sebanyak orang yang diceritamu itu untuk beli SuFor, malah sekarang Raditku sejak umur 3th, udah sangat berkurang sekali SuFornya sejak aku ajarin dia minum susu pake gelas. Dan sekarang beralih ke susu UHT saja. itu pun tidak terlalu banyak karena pola makannya yang bagus🙂
    Good Job kalo bisa kasih ASI selama mungkin, untuk radit aku juga cuma bisa sampe 1,5 th saja tapi untuk calon dedeknya radit aku usahakan sampai 2 th deh apalagi dengan statusku yang akan jadi ibu RT🙂
    Hidup ASI…. I still believe that natural things better than the artificial one🙂

  13. saya pernah ngalami hal tersebut, tapi tidak sampe 3 juta perbulan. kalo ngga salah bisa sampe 550rb/bulan hanya untuk susu anak pertama.

    Alhamdulillah, anak kedua sekarang ASI terus, walaupun pernah ngerasain susu kaleng karena ditinggal seminggu ke Jakarta. (salut buat mba nungki yang bisa nyusuin ASI walaupun di TOKYO, persiapannya bagus dan patut ditiru).

    Kerasa banget penghematan pengeluaran dengan ibu yang menyusui. (bukan berarti pelit, kaya mba nungki bilang)

  14. cerita dari temen suami ya, mbak ?🙂
    lebih tepatnya bukan 3 jt, tapi kurang lebih segitu.
    kebetulan balita & batita saya (3,5 & 2,5 thn) masih doyan minum susu, sebelumnya, ke-2 asi eksklusif selama 6 bln pertama. bukan berarti ibu-nya malas mengajari makan lhoo🙂, malah si ibu saking rajinnya mengurusi pasukannya, rela meninggalkan karirnya🙂. Dan ke-2 nya lagi seneng-senengnya makan. Namun karena kami tidak membiasakan untuk minum selain susu, air putih & juice, si kecil kalo habis beraktifitas minumnya susu. air putih & juice sebagai selingan. karena kebetulan ke-2 nya alergi terhadap susu sapi, maka minum susu soya, yg harganya lumayan premium. si balita rata2 menghabiskan 400gr dalam 2-3 hari, sedang si batita menghabiskan 900gr dalam 4-5 hari. Jadi sebulan sekitar angka diatas.
    Bagaimanapun juga ASI lebih unggul…
    Bukan berarti setelah 2 tahun masih ber-ASI-ria kan mbak ?🙂
    Btw, blog yg bagus & salam buat Anjar ya

  15. @ ansubagia :

    hehe… iya pak, saya terinspirasi dari cerita Bapak.. saya kaget setengah sadar mendengar angka segitu, saya bayangkan saja seandainya saya nggak kerja apa ya bisa beli susu semahal itu ya.. *loh kok malah saya yang pusing.. hehe..😀

    Sekedar sharing juga, ponakan saya juga alergi susu sapi, tapi sekarang sudah umur 8 tahun, dari umur 4 tahun susunya udah mulai dicampur dengan susu sapi sedikit demi sedikit, ga intens juga minum susunya, cuman segelas sehari, cuman ya itu makannya buanyaaakk banget.. saya aja kalah😀 makan buah nya juga jago, bukan jus tapi buah segar, alhamdulillah anaknya sehat2, malah pinter banget tapi emang body nya lebih mini dibanding temen2nya😀

    Untuk kebutuhan susu anak diatas 2 tahun itu sebenarnya hanya sekitar 250 cc sehari, sisanya bisa didapatkan dari bahan makanan lain. Yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai si anak jadi malas makan gara2 kebanyakan susu atau malah jadi obesitas karena kebanyakan susu, jelas obesitas itu tidak sehat, dan justru gizi yang penting terdapat pada bahan makanan segar selain susu.

    Mohon maaf ya pak, saya hanya sekedar urun pendapat, dan trimakasih sekali lagi jangan bosen2 mampir kemari ya Pak.. salam juga buat pasukannya😀 laki2 semua kayaknya ya?

  16. @ Ahromi Irawan :

    Wah terimakasih pak, Anda mengingatkan saya pada masa2 itu, “Antara Tokyo dan Jakarta, ASI Bunda tetap untuk Azkia” … hu hu hu.. masa yang sangat mengharukan ketika saya pulang dan saya dapati stock ASIP di kulkas tinggal satu botol..

  17. Asli senyum senyum kecut baca tulisan ini. Makan itu khan 4 sehat 5 sempurna. MAkanan padatnya 4, susunya cukup 1 gelas sehari. Kok jadi kebalik ya…? Buatlah makanan padat untuk anak kita dengan bumbu cinta, insya Alloh anak2 kita akan tumbuh sehat, berilah asi, bila kurang tambah dengan susu tambahan, namanya juga susu tambahan, ya secukupnya saja.
    Inna, pemerhati masalah anak (makanan dan gigi anak2), Ibu 6 putri dan 1 putra

  18. ikut komen ah,, suka sama tulisan mba,,,
    pokoknya semangat terus buat ngASI, is the best,, menyemangati diri sendiri dikala produksi asi lg menurun, padahal bayi br umur 6bulan,, semangat!!!

Leave a Reply

