MPASI pertama Azkia

nyam nyam... MPASI pertama Azkia D
Alhamdulillah setelah lulus S1 ASI exclusive nya dengan predikat cumlaude (huehehehehe…predikat dari bunda untuk Azkia nih😀 ), sekarang Azkia sudah lebih dari 1 bulan mimik ASI plus, plus apa? ya MPASI lah.. MPASI nya Azkia sebulan ini apa aja? begini critanya…

Azkia diduga punya alergi
Waktu masih ASIX badan Azkia muncul blentong2 putih2 mirip panu tapi agak kasar di pipinya.. kata neneknya “gapapa itu kena ASI nanti sembuh sendiri”
eh beberapa hari kemudian muncul juga di punggungnya, tangannya dan kakinya… waduh.. kenapa nih?
Pas waktu jadwal imunisasinya Azkia, aku tanyain ke bu dokternya deh, katanya “ini ada kemungkinan alergi, ibunya jangan makan makanan yang tinggi alergen ya..”
Aku udah puasa makan telor, kacang, ikan laut, susu sapi.. kok masih muncul ya? Dan lebih kasar lagi munculnya..
Sempet bingung, padahal dari silsilah kayaknya aman ga ada yang alergi..
Hm.. selidik punya selidik, bu dokter menyarankan agar sabun mandinya diganti dengan Sebamed yang PH balanced.. dicobain deh, kok ga wangi ya.. huehehe.. eeh 3 hari langsung sembuh tu putih2 kasarnya.. walah2 ternyata kulit sensitif tho..

Masalah Pup
Hari kedua ketiga, keempat MPASI, Azkia mulai susah pup.. kerrraaas banget… hu hu hu… bundanya bandel sih.. ga sabaran ngenalin MPASI nya… gara2 kena apel fuji, selanjutnya aku blum berani lagi nyoba2in apel ini. Itu juga baru bisa pup setelah kena tomat sama pepaya

MPASI saat mudik lebaran
kemaren bawaan perlengkapan MPASI Azkia yang dibawa selama perjalanan :
alat makan lengkap, botol2 susu, botol bersendok, foodmakernya, termos, panci stainless (penting nih!!), buah2an segar, tepung beras dan tepung kacang hijau Gasol, alat sterilisasi botol, sabun cuci botol, sikat botol😀

*bikin si ayah geleng2 kepala, anak satu kok bawaannya buanyak banget, huehehehe….

MPASI Azkia apa aja?

*aturannya pengenalan makanan yang sama selama 3 hari berturut2 lihat reaksinya, kalo ada yang ga beres, bentol2 atau pupnya susah, dll, segera tandai dan catat jenis makanan apa itu, tapi aku sih gak saklek segitunyah..

Berikut ini ilustrasi buat memudahkan temen2 aja ya..

hari 1 – 3 : sekali sehari makan pepaya, oiya kebetulan aku gak punya blender khusus, jadi semua makanan Azkia dibikin pake Pigeon Baby Food Maker (ini juga hadiah dari temen)… slurp slurp pepaya diseruput habiss… sampe minta nambah2…😀 hasilnya OK, tidak ada reaksi yang aneh di tubuh azkia.
mimik ASI masih 3 botol @150ml(selama ditinggal ngantor, malemnya sih tetep langsung nenen)

hari 4 – 5 :
pagi makan bursu : tepung bubur Gasol (beras merah) campur ASI
sore makan buah : pepaya

hari 6 – 7 :
pagi makan bursu : tepung bubur Gasol (beras coklat) campur ASI
sore makan buah : pepaya

hari 8 – 10 :
pagi makan bursu : tepung bubur Gasol (beras coklat campur merah) campur ASI
sore makan buah : pepaya, tomat

hari 11 – 13 :
pagi makan bursu : tepung bubur Gasol (beras coklat campur merah) campur ASI
sore makan buah : jeruk baby

hari 14 – 16 :
pagi makan bursu : tepung bubur Gasol (beras coklat campur merah) campur ASI
sore makan buah : kacang hijau

trus tinggal diganti2 kombinasi makan sorenya aja, paginya sebagai pengganti tepung beras bisa mulai dikenalkan kentang / ubi jalar

kalo udah pinter makan buburnya, dilanjutkan dengan 3 kali makan, (4 sehat)
–> kalo Azkia 7 bulan + baru dikenalin macem2 ini
pagi makan bubur+lauk+sayur: tepung beras Gasol + bayam + brokoli + kaldu ayam/daging
siang makan buah : pepaya/ pir/ jeruk baby/ melon/ alpukat/ tomat
sore makan bubur+lauk+sayur
mimik ASInya masih 2 botol@150ml (selama ditinggal ngantor, malemnya sih tetep langsung nenen)

nah tinggal dikombinasikan sayur dan lauk pauknya aja. yang azkia udah pernah nyicipin a.l. :
bayam, wortel, brokoli, seledri, ayam/kaldu, tahu, tempe, kabocha

nanti kalo udah lebih pinter lagi, dicobain makan nasi tim saring, lalu nasi tim kasar, berhubung azkia blum ada giginya, hahaha… jadi ya masih pake bubur dulu deh😀

*Biar gak bingung ini ada sedikit panduan yang saya ambilkan dari milis mpasirumahan

resep-makanan-bayi-6-12-bulan

menu-mpasi-30-hari-pertama

18 thoughts on “MPASI pertama Azkia

  1. dulu keke & nai juga alergi gitu sama sabun mandi. Tapi sebelum mencoba sebamed (yg rada lumyan mahal. Hehe…). Sy coba pake sabun bayi tapi yg ada kandungan milk atau honeynya. Ampuh tuh alhamdulillah. Kalo gak pake yg ada honey atau milknya keluar lagi deh alerginya. Tp skrg sie udah gak mslh pk apa aja. Pas udah rada gedean mulai di bandelin coba2in semua sabun🙂

    Py anak MPASI yg gak di biasain makanan instant emang paling repot kl udh urusan mudik ya. Sy sempet ngalamin masa2 itu. Tapi ya demi anak, di nikmatin aja repotnya🙂

  2. Azkia chubby banget siy, jadi pengen sun deh,..
    Lulus cum laude pula,..hebat sayang,..!!
    Semoga bisa lulus mpe 2 tahun ya bunda. yang semangat,..!!!

  3. mba, numpang ngopi resepnya ya… anakku juga lg mulai makan, sebisa mungkin juga kubuatkan makanan sendiri.. salam kenal yah…

  4. Wah..baca MPASI nya Azkia jadi makin semangat menyelesaikan ASIX nya Dita. Insya Allah 1.5 bln lagi tanpa halangan. Dita sih mulutnya sudah mulai “ngecap-ngecap” gitu. Aku bilang sabaaar, bentar lagi makan adik lebih bervariasi tidak cuma ASI bunda aja😀 . Thanks ya jeng.

    Salam dari Bundanya Dita a.k.a juminten😉

  5. Jeng Nurul, nanya nih. Kalo gak pake blender trus pake baby food maker, bikin buburnya bisa halus gak? (sori belum pernah liat detil baby food maker nih). Soalnya bulan ini udah mau rencana beli peralatan MPASI nya Dita. Jadi lagi nge-list yang perlu-perlu aja. Matur nuwun.

    • Salam Kenal,

      Bunda Dita,
      Mo nanya peralatan pertama yg harus disiapin apa aja yah, soalnya anakku mg ini dah MPASI nech..
      Tq,

      • ayoo bunda dita dijawab tuh pertanyaan hana🙂 di blognya bunda dita (alumongga.wordpress.com) diulas lebih lengkap tuh tentang MPASI nya dita, tengokin ya..😉

  6. Sebaiknya sih pake foodmaker, bisa kok kalo mau alus pake saringan kawatnya itu, biar anak juga latihan mengunyah, tapi kalo mau praktis ya bli blender khusus, kalo aku sih belum sempet2 mau beli yang blender tangan itu, biar ga ribet nyucinya, jadi sementara pake foodmaker, bentar lagi juga dah ga perlu alus2, kan dah mulai tim kasar

  7. haloo mb Nungqe, bole ya aq link balik, MPASI/MPSufor (uda campur sufor soalnya) anakqu masi 3 bulan lg, cuman maknya udah getol bgt nyari2 kebutuhan MPASI, adi aq link balik yaa site nya, bagus nih

    Aq jg ikut milis HB & AFB cuman member pasif aja, hwehe

  8. BundaAzkia.. numpang tanya dong
    aku pernah cobain tepung gasol beras merah campur asi selama 2 hari.. tapi kok pup anakku (6 bulan) jadi mengeras dan bintik2 gitu… apa kebanyakan yah ?. di petunjuknya kan 40 gr, aku kasih airnya 200 ml.. trus tambah lagi ASI 30 ml
    itu aku kasihin dalam sehari (2 kali makan)…
    kalo bunda sendiri gimana cara mengolah tepung gasolnya ?… makasih sebelumnya

    • sama aku ngolahnya juga gitu kok, dan sama juga az kena beras merah pertama kali sempat susah pupnya, dan katanya emang bener, beras merah paling bagus untuk mengobati diare.. bikin pup keras. Saranku sih coba selingi dengan pepaya/tomat dulu, dan kurangi porsi beras merahnya sampai normal kembali pupnya, baru dilanjut lagi..

    • aku pake yang batangan, hm.. beberapa anak ada yang ga gitu cocok sama yang batangan, musti pake yang cair, tapi karena yang batangan lebih murah ada baiknya dicoba dulu, kalo ga cocok juga baru coba yang cair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s