Perjalanan Mudik 2008 dan berkah ASIX

Kisah lebaran taun 2007 aku masih hamil dan kena macet yang begitu super duper extrimnya, sampai bikin orang2 yang menunggu di rumah sampai senewen.. hehe …

Kali ini lebaran 2008, mudiknya rame2, roadshow pertama bawa Azkia ke sodara2. Aku, si mas dan Azkia mudik ke Malang pakai Sriwijaya Air, Jkt-Mlg, masih dapet tiket harga @688rb. Bulek dan Mbak Jum mudik ke Malang pakai bus Lorena, harga tiket @435ribu (Penting nih, buat mbandingin harga tiket taun depan, hehe😀 )

Azkia tepat usia 6 bulan lebaran kali ini, baru saja lulus ASIX dan baru saja perkenalan MPASI. Dulu waktu umur 3 bulan, Azkia udah pernah roadshow ke Cirebon, hehe.. maklum.. kampungnya banyak sih😀

lebaran @ jogjaini tim kumplit keluarga malang yang lagi lebaran di jogja

ketemuan sama dek Qia dan bundanyanah ini dia kopdarnya dek Qia sama dek Azkia.. hohoho, emak2nya narsis abis yak😛 critanya sih lagi tukeran emak, biar anak2nya cepet akrab, huehehehe😀

Segambreng bawaan Azkia dan oleh2 buat keluarga di Malang membuat tentengannya lumayan banyak.. yang pasti bikin si mas ngomel2 saat packing.. hehehe.. “ini mo mudik apa mo pindah rumah sih?” namanya juga bawa bayi, gak mungkinlah bawaannya cuman seiprit😛

Perjalanan di pesawat lancar, meskipun saat mau mendarat di Malang, pesawat sempat berputar2 sampai 30 menit sebelum mendarat, mungkin karena awan sangat tebal atau entah karena sebab yang lain, Alhamdulillah pendaratan lancar. Oiya, di dalem pesawat ternyata banyak yang bawa bayi dan anak2 kecil, jadi terasa sekali suasana mudiknya, kata si mas mirip metromini udara, rameeee banget… hahaha😀
Datang di bandara disambut sama mbauti dan mbahkung yang sudah siap menjemput cucunya. Ini kali pertama Azkia pulang kampung ke malang.

ADAPTASI AZKIA
Malang mendung dan lumayan sejuk dibanding jakarta, tapi kata abah (mbahkungnya Azkia) belum pernah hujan sebulan terakhir ini, hanya hujan abu dari gunung Galunggung (atau gunung apa ya? ) lagi kenceng2nya, anginnya yang kenceng membawa abu2 itu masuk ke dalam rumah. Mbah uti, Mbah de, Mbah lek dan Mbah2 yang lain (hihihi.. banyak banget mbah nya, secara ummiku 20 bersaudara😛 ) pada kena batuk pilek semua… waduh.. gawat juga nih.. aku khawatir kondisi tubuh Azkia yang baru adaptasi di tempat baru ini membuat Azkia kenapa2.. hu hu hu..

Hari pertama tiba di Malang Azkia pinter nggak rewel, cuman masih takut sama mbahkungnya, hahaha, tiap dideketin mesti nangis..😀 Tapi mungkin karena kecapekan di perjalanan, tidur malamnya pun lumayan gampang dan nyenyak.
Tapi di hari kedua, Azkia mulai kaget2an bobonya, maklum rumah di malang seberangnya rel kereta api, dan deket sama pintu palang kereta api, jadinya setiap kali kereta lewat, pasti ada bunyinya kenceng banget. Akhirnya diboyonglah bobonya ke kamar mbah uti yang posisinya agak ke belakang, lumayan mengurangi kebisingan.

Alhamdulillah agak tenang tidurnya, dan hari kedua Azkia udah mulai kenal sama mbah uti dan mbah kung nya jadi gak nangis lagi kalo ketemu, hehe😀

Sempat muntah-muntah 2 kali gara2 abis makan pepaya.. duh.. kok bisa ya.. padahal kan MPASI pertamanya di jakarta makan pepaya gapapa tuh. Sampe deg2an semua orang serumah. Dikasih nen muntah lagi muntah lagi, sampai akhirnya Azkia tertidur pulas dengan baluran minyak telon, alhamdulillah besok paginya sudah gapapa, cengar cengir lagi.

SHOLAT IED
Takbir idul fitri pun tiba.. syahdu banget rasanya, terakhir merasakan suasana lebaran di sini, 2 tahun yang lalu masih bersama ortu dan kakak2ku, masih mentertawakan repotnya kakakku yang mudik dengan bayinya.. haha.. (*baru tau rasa ni sekarang😛 ) sayup2 merasakan hembusan angin di lapangan saat sholat ied, sambil menatap siluet pemandangan gunung dan awan dari kejauhan.. indah.. terasa banget kebesaran Allah..

Selepas shubuh semua sudah bersiap, Azkia pun sudah didandani rapi dengan jilbab kesayangannya. Berangkat jalan kaki menuju tempat sholat ied yang memang nggak terlalu jauh. Di perjalanan Azkia tebar senyum ke orang2 yang ada di sekitarnya.. hehe.. begitu imam mulai takbir, dia mulai celingak celinguk, ngeliyatin aku, begitu imam mulai baca alfatihah, mulai pecah tangisnya, eeehh makin lama makin kenceng.. ya sudah.. aku batalin dulu sholatku, aku gendong.. Azkia diem, tapi ga mau bobo, masih celingak celinguk. Sampai rokaat kedua, aku taruh lagi, eeeeehh nangis lagi.. walah nduk.. ya sudahlah, aku jadi nggak bisa ikut sholat ied deh.. hehe gpp deh, yang penting kan udah niyat ya..😀

ROAD SHOW DADAKAN KE JOGJA
Lebaran kali ini, hanya aku yang pulang, 2 kakakku yang lain gak bisa pulang karena satu dan lain hal. Ummi tampak agak sedih, lebarannya sepi, katanya kangen sama kakak laki2 ku dan segambreng cucu2nya. Inisiatif pergi dadakan ke jogja datang dari si mas, “ya udah kita ke jogja aja besok! rame2 lebaran di sana !”…. dan akhirnya berangkatlah kita beramai2 dari malang ke jogja bawa mobil.

Sampai di jogja, Azkia mulai agak rewel gak bisa tidur, geraaaaaaah banget, aku aja kegerahan, bayangin aja, di jakarta panas, di malang dingin trus ke jogja panas lagi, opo ga mumet rasanya. Sampe sempet sekali Azkia tak mandiin pake air dingin (saking panasnya airnya sampe krasa anget). Aku udah dag dig dug banyak2 doa moga2 Azkia sehat2 terus. Perjalanan ini pasti cukup melelahkan buatnya.

Di jogja Azkia sempat muter2 juga, dari rumah pakdhenya di Monjali, ke rumah tante Dilla dan adek Syauqia (Alhamdulillah bisa ketemu juga), belanja ke pasar Beringharjo, trus lanjut ke rumah budhenya di CondongCatur, dan ketemuan sama tante Aik, om Khabib dan Mas Ufid

Ngelewatin kampus UGM tercinta, dan ngasih tau Azkia “ini lho nduk, tempat sekolahnya ayah sama bunda dulu”.. wuaah seperti mimpi rasanya.. seneng banget bisa nostalgia di Jogja, tempat yang penuh kenangan.. hu hu hu kangeen pengen kesana lagi, belum puas kemaren cuman 3 hari😦

Azkia di rumah budhenya (kakakku) di Concat sempet aku tinggal sebentar di rumah, berhubung kakakku itu masih menyusui juga, jadinya Azkia mau coba2 disusuin juga sama budhenya, tapi katanya ekspresinya lucu, begitu nyot2, trus dia mrengut2, dirasa2in gitu ASInya sambil lidahnya kluar2, trus udah gak mau lagi, tutup mulut rapet2.. hahaha.. beda kali ya rasanya..

Akhirnya lebaran di Jogja kali ini ditutup dengan acara foto bersama.. hahaha.. ini mah rutin tiap kumpul bareng kita selalu foto bareng.. ni dia..

[image]
NOTE : foto menyusul, yang ngupload di rumah lagi fakir bandwith😛

KEMBALI KE MALANG
Perjalanan kembali ke malang 12 jam, pake acara mampir di kota Nganjuk dan ngerampok mangganya om Doni.. hehehe.. makasih ya..

Aku sudah legaa.. akhirnya bisa istirahat dengan tenang di sini.. Si mas balik duluan ke jakarta dengan bis, karena pengen mampir dulu ke Cirebon. Azkia ikut nganter si ayah ke terminal, mukanya lesu banget, selama di malang kalo Azkia rewel yang nggendongin ayahnya. Begitu si ayah mau berangkat ke Cirebon, eee lah kok malah nangis2 bombay sesengukan.. eiitts.. bukan Azkia nya yang nangis, tapi ayahnya😀 haha.. baru tau muka si ayah lagi nangis😛 sampe ditinggal balik ke rumah si ayah masih nangis aja ga brenti2 inget Azkia katanya.. hehe namanya juga ayah dan anak ya ?

Selanjutnya Azkia masih melanjutkan roadshownya ke rumah mbahlek2 dan mbahde2 nya di Malang.

Akhirnya perjalanan mudik ini berakhir hari sabtu, 11 okt 2008. Aku berdua dengan Azkia kembali ke jakarta pakai Sriwijaya Air lagi. Alhamdulillah Azkia nggak rewel, langsung bobo selama perjalanan. Banyak yang bertanya2 “loh bu, sendirian aja bawa bayinya? suaminya mana?” haha.. kasian ya, kesannya ditinggal suami gituh😀

Selama paket perjalanan mudik alhamdulillah tubuh Azkia tahan banting dengan track perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, dengan segala cuaca dan kondisi, sempet rewel cuman karena adaptasi orang2 yang berbeda, lingkungan yang berbeda yang mungkin sedikit tak nyaman. Alhamdulillah.. apa mungkin ada hubungannya dengan ASIX ?🙂

*tulisan ini kubuat sebagai kenang2an buat perjalanan2 mudik lebaran yang akan datang..

3 thoughts on “Perjalanan Mudik 2008 dan berkah ASIX

  1. halo mbak fety, iya nih, penting didokumentasikan kisah2 mudiknya, biar gak lupa, mudik taun ini pergi ke mana aja, pastinya perjalanan mudik selalu unik dari taun ke taun kan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s