Bijak Menggunakan THR


*gambar diambil di sini

Sekarang lagi pas nih musimnya ribut2 mengenai THR.. dimana2 ngomongin THR..
Siapa yang gak seneng dikasih tambahan minimal 1 kali upah sebulan??
Tapi yang dapet THR perlu bersyukur sekali lagi, karena banyak juga yang ga dapet tuh, meski udah ada peraturan pemerintah..
eits tapi ati2.. sebelum habis dengan jluntrungan yang ga jelas,
ada baiknya dilist dulu kebutuhan2 lebaran yang paling mendesak dan wajib untuk dikeluarkan… agar THR bermanfaat secara optimal..🙂

Kalau saya sendiri, sebagai keluarga muda yang sudah mulai cukup banyak pengeluarannya, kalau gak dibikin daftar kayak gini, bisa bahaya, THR jadi menguap entah kemana aja..
Jadi begitu efektif THR yang saya dan suami terima gak boleh diutak-atik dulu, karena disitu ada hak orang lain..

Beberapa hal yang perlu disisihkan terlebih dahulu sebelum yang lainnya:

1. Zakat wajib,
    dihitung berapa jiwa yang wajib dikeluarkan zakatnya, berapa rupiah yang wajib dizakati

2. THR Pembantu di rumah + bonus2 baju or something buat lebaran

3. THR buat satpam2 kompleks.. (biasanya bareng iuran bulanan)

3. Ongkos mudik PP + uang saku di perjalanan plus pengeluaran2 tak terduga di kampung, hehe😀

4. Oleh2 buat pulang kampung
(*gyahahaha.. penting itu.. baju lebaran buat ayah ibu di rumah jangan lupa😀 secara setaun sekali     pulangnya, itu juga kalo sempet pulang, ada juga sih yang lebih seneng ngasih mentahan, boleh juga, asal disisihkan ya.. inget2.. bikin seneng ortunya ya..)

5. SEDEKAH dulu sebelum belanja2.. mumpung ramadhan looh, berkahnya berlipat2 lebih banyak dari bulan2 biasa… ini itungannya nabung untuk akhirat..

6. Kalo masih sisa, sisihkan sebagian untuk ditabung dan sebagian boleh untuk belanja kesenangan pribadi (kalo ga cukup ya… sabar dulu, tunggu akhir taun belanja buat kesenangan pribadinya.. hehehe😀 atau tunggu sisa gaji bulan depan..yang penting prioritas2 atas kebagian dulu)

Selamat bagi2 THR.. Semoga bermanfaat..:)

3 thoughts on “Bijak Menggunakan THR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s