Trauma pada bayi

Percaya atau tidak, ternyata bayi bisa trauma…

Saya sempat kaget sekali ketika kemaren sore pengen ngajak Azkia ngabuburit, dan sekedar jalan2 naek mobil keliling kompleks, sekalian manasin mesin mobil yang udah seminggu ga dipake2… Betapa kagetnya saya, si mas dan bulek yang lagi nggendong Azkia, begitu masuk mobil, teriaknya subhanallah, bikin aku deg2an.. kayak abis dicubit dan dipukulin.. kata bulek “haduh, kayak adegan penculikan bayi aja”.. dan ga bisa ditenangin, sampe akhirnya si mas menghentikan mobil di pinggir jalan, dan Azkia aku gendong keluar mobil. Akhirnya mobil putar balik ke rumah.

Kasian banget aku ndengerin tangisannya yang luar biasa itu.. merinding rasanya.. anakku kenapa ya?

beberapa kali dicoba ditenangkan udah diem,  pelan2 dibawa masuk lagi ke dalam mobil, nangis lagi, dengan intonasi tangisan yang sama dengan sebelumnya, dengan pandangan mata yang ketakutan.. uhh.. aku nggak bisa lupa ekspresinya.. padahal sebelumnya Azkia paling suka naik mobil, begitu rewel, naek mobil langsung diem, eh gak lama langsung tertidur..

entah bener atau engga, seingetku terakhir kali Azkia naek mobil itu nangisnya kenceng banget, waktu itu naek taksi mau imunisasi ke rumah sakit, sambil celingak celinguk pak sopirnya di liyatin terus, mungkin dia pikir kok bukan ayahnya, trus abis tu spontan dia langsung nangis kenceng banget, eh baru sebentar mereda tangisannya, udah disuntik sama bu dokter, udah deh nggak diem2 sampe rumah..

beberapa saat kemudian, aku coba mengulangi lagi membawa masuk Azkia ke dalam mobil sambil membawakan mainan2annya plus musik favoritnya, tangisannya tertahan sambil pandangannya melihat dengan teliti semua peralatan di mobil, aku bilang “sayang, ini mobilnya dedek, tu ayah yang nyopir kan, gapapa sayang, ini mobilnya dedek loh” akhirnya dia mau, dan mulai tertidur setelah terbengong2 agak lama sambil konsen ke mainannya..

Ada yang punya infokah tentang ini ?

7 thoughts on “Trauma pada bayi

  1. Mungkin azkia terasosiasi, rul.

    Seperti ibu + asi = kenyang dan nyaman.
    Mobil + suntik = sakit.
    Coba asosiasikan mobil dengan hal-hal menyenangkan saja.

    Bayi tuh switch on/off-nya mudah banget kok, asal persisten. Semoga membantu ya.

  2. Iya, Rul,mgkn kyk kata mbak Sanggita

    Azkia mikir, kalo naik mobil dan yg nyetir bukan ayah = imunisasi = disuntik

    masih awam juga soal yg ini

    Btw, Azkia masih ngenyot ga?
    Gimana penanganan paling tepatnya ya, biar ga kebiasaan? Huhuhuhu…

  3. Setiap anak pasti ada kecenderungan ngenyot kok. Kan masa oral. Sekali lagi, asal persisten dibilangin aja.

    Misal : No no no, jempolnya tidak perlu dimasukkan mulut ya, nak + kepala menggeleng + sambil tangan kita menarik tangannya dari mulut.

    Mending pake kata-kata yang aman buat anak. Kata jangan/tidak boleh diganti dengan no/tidak perlu.

    Beri alternatif juga. Setelah tangannya dialihkan dari mulut, suruh meluk guling aja coba.

  4. @mbak nurul
    persis anak saya yang pertama, waktu seumur azkia sdh mulai ngenyot sampai sekarang (=umurnya 32bln)kalo dilarang ngamuk dan marah-marah malahan. Memang sih, boboknya gampang gak pake gendong,gak nakal, gak suka rewel (ngenyot anteng sampe bunyi crop..crop). sekarang adiknya(umur 4bln)juga ada tanda2 mau ngenyot tapi sebisa mungkin utk tidak jadi kebiasaan walaupun ngenyotnya waktu mau bobok aja. efek tidak bagusnya si kakak giginya udah mulai keliatan maju skg.

  5. Atau mungkin ia terkena ‘ain (karena pandangan mata), karena ‘ain pujian pun kadang bisa membuat anak down, takut. apalagi kalau ‘ain jahat. wah hati-hati deh…
    karena hal seperti ini jarang diketahui, kecuali sedikit orang yang tahu🙂
    tentang ‘ain lengkap di http://www.asysyariah.com search : ain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s