ASI exclusive untuk Azkia (part 4) : sebulan back to office

Kisah sebelumnya :

ASI Exclusive untuk Azkia (part 1)
ASI Exclusive (part 2)
ASI untuk Azkia (part 3): persiapan ngantor

Ok, part 4 banyak bercerita mengenai sebulan pertama aku kembali bekerja, artinya sudah mulai masuk di tahapan awal implementasi (hwadduuhh… emangnya project bu??? gini nih kalo kebanyakan melototin dokumen2 di kantor, huwehehehe😛 )

Hari pertama, mulai dari stock yang ditinggal di freezer sejumlah 19 botol UC dan beberapa kantong plastik, berangkatlah diriku ngantor dengan bismillah, moga2 hari ini dapat perahan cukup.. pulang hari pertama membawa oleh2 ASIP sebanyak 3 botol UC penuh… alhamdulillah cukup untuk esok harinya, Azkia minum nya 3 kali @100 cc, sedikit banyak harus tetap disyukuri… perolehan ini nggak berubah sampai seminggu pertama😀

Metode pemberian ASIP ke Azkia

Di part ke-3 aku udah memutuskan untuk menolak penggunaan dot buat Azkia, takut bingung puting. Akhirnya minum ASIP pake sendok memang lancar, Azkia udah mulai pintar bersabar menunggu suapan demi suapan. Kesian juga sih benernya, capek juga kali ya..

Tapi ternyata, seminggu kemudian rombongan keluarga dari malang&jogja rame2 datang ke bintaro buat nengokin Azkia sekalian liburan sekolah… Pas pulang ke rumah betapa kagetnya aku tiba2 ada dot HUKI yang orthodontic plus botol susu Azkia ada di meja makan…

“loh?… kok??…”

iya, ternyata tanpa seijinku, mbakku yang sudah punya 7 putra dan memang sudah sangat pengalaman dengan perbayi-an, tiba2 menyerobot dan memberi dot ke Azkia, katanya “mesakne… kesuwen, gak entek2 iku susu ne, nek karo dot mimik e iso tambah akeh, glek glek glek” (kesian kelamaan tuh gak abis2 susunya, kalo pake dot minumnya bisa tambah banyak, glek glek glek)…
hmm…hasilnya emang lumayan, dalam waktu singkat langsung bersih tu isi botolnya… hweleh weleh weleh… panik mode = on, “waduh gawat, kalo bingung puting gimana dong?”…

Alhamdulillah.. anak bunda memang pintar, nggak ada bingung puting sama sekali, malah menghisapnya makin mak nyuuss… glek glek glek… hufff… syukurlah… lega jadinya😀 bukan cuman ngisep sekarang, tapi sekaligus menggigit dan menarik gemas puting bundanya.. hwaddoooww… dengan muka innocent nya… hu hu hu…

Sejak hari itu minumnya Azkia jadi jauh lebih banyak.. he he.. Azkia bilang makasih ya sama bude Elis, udah diajarin ngedot 😛 ( haduh.. musnah sudah idealismeku tentang ini😛 )

Hasil Perahan ASIP

Nah sejak hari itu juga hasil perahan ASIPku mulai tekor😦 hampir ga bisa ngejar kebutuhan Azkia selama aku tinggal ngantor, sehari dia bisa ngabisin 4x @ 160 cc.. sedangkan hasil perahanku selama dikantor cuman 3x140cc.. sedikit2 meningkat sampe 3x@160cc… pernah 2 kali mencapai rekor tertinggi menghasilkan 530 cc… tapi itu cuman 2 kali terjadi


Sempet ciut juga ngelihat hasil perahan teman yang bareng2 merah di kantor bisa mencapai 2x@260cc… apalagi ndengerin suara memerahnya yang deres banget.. haduuh punya ku kok seret ya😦

Tapi demi Azkia, aku tetep ga mau kalah, malam hari setelah sampai di rumah, aku perah lagi sampe memenuhi target kebutuhan minum Azkia… kalo masih kurang juga, pagi hari sebelum berangkat ngantor aku perah lagi.. sebisa mungkin aku nggak mengurangi jumlah stock ASIP di freezer… alhamdulillah sejauh ini masih CUKUP

Nah di tahapan ini aku bener2 bisa ngrasain manfaat trik kilik2 puting untuk mendapatkan LDR.. begitu udah mulai seret, kilik2 lagi, ASI akan mengucur lagi, begitu seterusnya sampe ASI terasa bener2 habis… aku biasanya menghabiskan waktu 30-45menit ( duh untungnya bosku pengertian, banyakan merahnya daripada kerjanya, huwekekekeke😛 peace boss !! )
hmm.. kalo masalah kecepatan aku masih ga ngerti nih, kok ga bisa cepet ya, padahal temenku bisa cuman 15 menit dapet 250cc.. hebat banget ga sih?
Gapapalah, sing penting CUKUP, hehehe jargon andalan😛

Tapi tergantung sikon juga, kadang bisa cepet 15 menit dapat 140ml (tapi jarang banget)

Ada tips satu lagi : Kalo perahan ASI sedang dikit, coba untuk lebih
sering memerah, misal tiap sejam sekali, sedikit2 dapatnya nggak apa2,
coba untuk dikumpulkan menjadi satu..

SAKIT PERTAMA AZKIA

Azkia sakit untuk pertama kalinya waktu umurnya masih 3,5 bulanan, sakitnya pilek+demam ketularan ayahnya…
awalnya sempet kecewa juga, “katanya anak ASI ga gampang kena sakit, kok Azkia sakit sih”… tapi InsyaAllah aku tetep pede, sakitnya Azkia bisa sembuh juga dengan ASI…

2 malam demam 38’C, dikasih tempradrops, ini obat cadangan waktu imunisasi DPT.. untuk pileknya gak aku kasih obat apa2, cuman pagi2 dijemur sambil ditengkurepin, dielus2 punggungnya.. sama dikasih pala+baby oil di keningnya (ini resep dari mbakku)… trus kasih ASI sebanyak2nya, sambil mengajak Azkia berdoa “ayo nak kita berdoa, ya Allah sembuhkanlah Azkia”..
Kalo 3 hari ngga sembuh juga baru mau dibawa ke DSA.. alhamdulillah pas 3 hari sudah sembuh… huff.. lega rasanya..

ASI tetep yang terbaik untuk anakku..

PERJUANGAN ASI EX MEMANG TIDAK MUDAH

Ada perbincangan di sebuah toilet kantor, saat aku sedang memerah ASI :

Aku (A) : hai, kamu lagi meres juga?

Teman (T) sama2 baru melahirkan : belum, nanti aja..

A: masih ASI kan anakmu? (sambil berharap mencari teman seperjuangan yg bisa berbagi&ngasih dukungan)

T: iya masih ASI, tapi nggak exclusive2 amat, campur ama sufor

A: ooh, kenapa? ASInya kurang ya?

T: ada sih, cuman aku suka males meresnya.. kamu masih ASI juga ?

A: iya exclusive

T: ASI mu pasti banyak yah?

A: engga banyak, tapi CUKUP (lagi2, mengeluarkan jargon andalan😀 )

T: kadang sekali meres dapet 300ml, tapi aku males aja meres2 lagi, capek!! jadi aku kasih sufor!! apalagi anakku cowok, minumnya banyak !

what?? 300ml sekali meres? aku aja nggak bisa dapet segitu.. “MALES”?? padahal banyak ibu2 yang ASInya sedikit berusaha biar banyak, ini ASInya banyak cuman karena satu kata “malas” akhirnya menyerah pada sufor.. speechless😦

Aku sedih saat hasil perahanku tak mencapai target, dan mulai khawatir
ASIPku tak lagi mencukupi kebutuhan Azkia, si mas selalu mengingatkan
dengan jargon andalannya “udah nggak usah nangis, nanti dedek pasti
sayang banget sama bundanya”

Ibu2 yang berniat ASIX jangan mudah menyerah ya…
tetep semangat demi yang terbaik untuk anak tercinta !!

Memang capek bu, tapi niatkan ikhlas untuk anak kita.. sambil memohon sama Allah agar selalu melindungi sang buah hati.. Ayoo Semangat!!

20 thoughts on “ASI exclusive untuk Azkia (part 4) : sebulan back to office

  1. Bisa dapet 300 ml tp males??! Yg sini br 100 ml aja dah keringetan. Wah wah wah, perlu dibriefing ibu satu itu (eh..siapa elu?). Huekeke ..

    Sedih. Ga tau kenapa, sjk jadi emak2 gini jd gampang nangis kl dgr, liat, mbayangin bayi2 yg ga dpt haknya, Rul. Kebayang kl itu Qia..lgsg deh berkaca2. Halahh!

    Hehe, akhirnya Azkia ga pake sendok lg ya? Moga ga bingput smp seterusnya ya, anak pinter..

    Siap2 Azkia tumbuh gigi ni, Bu. Bukan cm ditarik gemes ma dia tu puting. Hehe.. * berasa masih jauh *

  2. iya mbak dilla, aku juga sedih banget, kok aku jadi kesian ama anaknya ya..
    trus jadi inget Azkia, kadang sampe nangis kalo hasil perahannya lagi dikit😦

    apalagi update terbaru, mulai kemaren, Azkia mimiknya dah nambah 1 botol lagi, jadi 5 x @160cc….

    Kalo lagi narik2 puting tuh… ampun deh, mak nyuuss rasanya😀 tunggu aja tuh bentar lagi😀

  3. hai nungqeee…aku baru hamil 5 bulan, tapi terinspirasi banget ama cerita2 mbak dari hamil sampe sekarang menyusui…

    teruskan perjuanganmu ya…nanti insya Allah aku ikutin…

  4. ayo bundanya azkia pasti bisa….emg susah sih awalnya kejar setoran gitu **sama percis ama pengalamanku** belum lagi dengerin omongan orang dgn nada miring setelah tau klo anaknya dah 1thn lebih tp masih aja mompa asi😀
    tp YAKINLAH klo bisa…cuma itu yang membuat diri termotivasi
    moga2 dedek azkia juga bisa kyk kakak lesya ya, jd sarjana asi 2thn & bunda azkia jgn sampe berhenti merah asi sampai dedeknya 2thn😀

  5. Jeng Nurul,
    Kalau boleh tahu di kantor merah ASInya pake tangan atau alat?. Kalau aku pakai Medela yang manual trus dilanjutkan pakai tangan karena kalau pakai alat, PD gak bisa sampai kempes padahal ASI nya masih banyak.

  6. Jeng Nurul,
    Aku kan nyimpen ASIP nya juga pake botol UC. Tapi, kemarin pas buka freezer, 2 botol pecah😦. Sampai nangis aku. Inget2 kenapa botol sampai pecah padahal botol dengan umur ASIP lebih lama gak ada masalah. Sebelum nya botol2 itu aku sterilkan. Caranya di rendam di air mendidih, bukan di rebus. Jeng Nurul sendiri gimana threatment nya?
    Akhirnya dengan berurai air mata aku buang ASIP yang botolnya pecah itu, karena takut ada serpihan kaca yang tertinggal di ASIP. Bayangin, 2 X 140 ml ASIP terbuang dengan percuma. Merahnya penuh perjuangan je :-((. Mohon info nya. Mungkin teman yang lain ada yang mau sharing? Thanks.

  7. @juminten :

    aku pernah pengalaman kayak gitu juga, 2 botol ASIP ku pecah, sama aku juga nangis2 bombay deh😀 Penyebabnya adalah kepenuhan ngisi ASI nya, maksimum sampai pangkal leher botol aja, jangan lebih, karena akan memuai dan pecah. Trus kalo bisa sebelum dimasukkan ke freezer taruh dulu di kulkas bawah selama semalam, biar perubahan suhunya ga terlalu drastis dari panas ke dingin. Tapi pengalaman pecah botol yang kedua itu aku isinya juga ga penuh2, cuman 120ml, kayaknya emang ada beberapa botol yang kualitasnya beda..

  8. wah.. sekali meres 300? 2x meres udah cukup buat pagi sampe tengah malem tuh.. gelo.. ikutan speechless deh😦

    Btw, moga-moga makin banyak ya minumnya dengan dot, tanpa kena bingung puting, amin.

    Oh ya Nung, sekedar saran, mending jangan pake huki deh kalau memang mau ngajarin pake dot.. Shaina dulu pake huki jadi binun puting lho (cuma beberapa hari sih) karena struktur dotnya kan gepeng dan lubangnya diatas…ada cara tersendiri buat ngeluarin susu dari dot itu, dan BEDA DENGAN NENEN. Alhasil, si bayi harus berusaha keras untuk mengeluarkan susu karena “beda cara ngisepnya”.. akhirnya pas balik ke nenenku, bunyi hisapannya kayak ngisep botol huki, ada CK CK CK gitu..sedih banget😦

    Akhirnya pindah ke Avent.. alhamdulillah model nenennya sekarang udah enak, malah nariknya kenceng banget🙂 Sekedar saran berdasarkan pengalamanku sih, sori kalau ngga berkenan.

  9. Thanks jeng Nurul. Setelah botol pecah itu, ayahnya anakku juga langsung googling. Sama seperti dibilang jeng Nurul, gak boleh kepenuhan. Sebelumnya aku ngisi ASI di botol UC sekitar 140ml, kadang lebih dikit, dan memang yang kepenuhan yang pecah. Sekarang aku ngisinya 130ml aja. Trus benar juga, sekarang sebelum aku taruh di freezer, aku taruh dulu di kulkas bawah. Oh ya, kalau ASIP sudah dipanasin, berapa jam ke depan expired nya untuk diminumkan ke baby. Soalnya pasti manasin ASIP kan pas baby tidur trus baru diminumkan setelah bangun biar nunggu nya gak lama. Takutnya ASI sudah siap, baby nya gak bangun2 hehehe.

    Rasanya sedih ya saat cuti2 melahirkan akan berakhir..:-(

  10. @ juminten :

    detail nya bisa dilihat disini http://askdrsears.com/html/2/T026900.asp#T026901 , itu ada jam2nya detail..

    kalo aku sih, pas babynya bobo ASIPnya dikluarkan dulu dari kulkas, jangan diangetin dulu, sama air panasnya ditaruh di termos, biar ga kelamaan ngerebus2 dulu, trus kalo udah mulai ngek2 baru deh, diangetin sebentar, langsung dikasih ke babynya..

    oiya, memang sedih banget pas cuti abis, aku aja ampe ga bisa tidur, tapi tenang aja, baby kita akan ngerti kok kalo kita bicara heart to heart🙂 btw blognya mana ?

  11. Thanks info link nya jeng.
    Wah, aku gak punya blog nih. Apalagi Blog mengenai anakku. Gak tahu nih, gak suka publikasi aja. Lagian udah umur kritis nih baru punya baby. Tapi layaknya ibu2 muda, tetap berjuang melahirkan normal dengan rajin jalan, senam hamil dan berpikir positif. Alhamdulillah akhirnya dapat melahirkan scr normal seorang bayi perempuan yang skr hampir 2 bulan. Dan sekarang berjuang untuk memberikan ASIX. Walau cuti setelah melahirkan cuma 2 bulan (1 bulan harus diambil sblm melahirkan), tapi tetap semangat dan bertekad kuat, moga2 bisa memberi ASIX anakku selama 2 th🙂

  12. Pingback: ASI exclusive untuk Azkia (part 6) : upacara kelulusan ASIX « little notes about my life

  13. Mau tny gmn caranya bawa coleman berisi ASI si kabin..? gpp tuh lewat pemeriksaan X-ray nya..?
    biasanya khan petugasnya reseh mbak..? soalnya aku mau ke Luar kota nih..
    ASI-EX juga…

  14. sekali peres bisa 300ml, aduh mom, itu mah banyak kali..saya aja asinya pertama kali cuma 5 ml, itu pun dengan susah payah keluarnya netes2…sayang ya mom yang dikasih ASI melimpah, kok malah kasih babynya sufor…jadi inget temen yang ASInya melimpah sampe berembes ke baju,akirnya stop ASI gara2 babynya dah tumbuh gigi dan suka ngegigit;D

  15. ikutan ngobrol…begitu senangnya orang2 yg bisa memberikan asinya apalagi dgn ex…sedihnya saya…selain asi tdk keluar…anakku alergi protein susu sapi pula…anehnya pas pertama-tama anakku dikasih asi…malah dehidrasi…malah sampai berat…padahal aku semangat memberikan asi pada awal2,,tp setelah anakku dirawat selama 5hari dan akhirnya dikasih sufor sbgai penambah asiku yg sangat sedikit tambah berkurang-berkurang dan menghilang…dan alergi protein sapi akhirnya pindah ke pepti…BERSYUKURLAH UNTUK PARA IBU YG MEMPUNYAI ASI…doakan anakku segera sehat….

Leave a Reply

