ASI EXCLUSIVE (part 2)

Setelah perjuangan ASI Exclusive untuk Azkia bagian pertama sukses, ternyata perjalanan masih panjang, masih ada 4 bulan lagi yang wajib (karena 6 bulan pertama bayi hanya diberi ASI), dan masih ada 18 bulan berikutnya memerah ASI dengan didampingi makanan tambahan, hmm.. belum separuhnya bahkan..

Ayoo semangat !!

Melalui teman2 di milis dan blog, aku mencoba menyemangati diri sendiri untuk menguatkan tekad dan niat memberi yang terbaik untuk buah hati ku. Aku mulai berburu artikel2 mengenai ASI exclusive, tuh liat di blogroll ku, sila baca2 yah, bagaimana tatacara memerah, menyimpan & memberikan ASI Perahan kepada si kecil. Kemudian aku print beberapa dan aku kasih lihat ke bu lek ku. Biar tahu cara2 yang benar.

Cutiku akan habis saat Azkia persis berumur 3 bulan, jadi selanjutnya 3 bulan + 18 bulan setelahnya aku masih harus melakukan serangkaian prosedur yang berkaitan dengan pemberian ASI Perahan untuk Azkia. huff… terbayang betapa repotnya bawa2 termos dan serangkaian “alat perang” lainnya ke kantor😦

Cutiku masih ada sebulan lagi, ini waktunya aku mulai mengajarkan Azkia lebih intensif untuk minum ASIP. Sebenarnya Azkia sudah kenal dengan sendok, karena beberapa kali terutama waktu awal2 kelahirannya, putingku sempat lecet dan berdarah, sehingga harus diperah, khawatir darahnya keminum sama Azkia. Tapi aku belum terlalu intensif mengajarkannya, hanya sesekali saja, awalnya memang dia berontak, mungkin merasa ada yang berbeda, sampai tumpah2, tapi akhir2 ini beberapa kali aku tinggal pergi, bu lek yang mengasuh Azkia juga memberikan ASIP melalui sendok. Katanya sudah makin pinter sekarang, sekali minum bisa habis 100-120 ml bahkan kadang nambah.

Pengenalan dot untuk Azkia

Sempat terbersit pikiran untuk mengajarkan dot, karena kalo satu dua kali OK lah pake sendok, tapi kalo untuk seharian which is 5-6 kali minum selama aku kerja, mungkin akan sangat merepotkan. Tapi setelah search kesana kemari, dan atas saran bu lek ku sendiri (yang udah sering ngasuh bayi), ternyata resiko bingung puting itu cukup mengkhawatirkan, karena akibatnya bisa panjang, belum lagi kalau nantinya si anak susah melepas dot nya sampai besar, itu lain lagi ceritanya. Memang tidak semua anak mengalaminya, beberapa anak malah masih lebih senang menyusu ke ibunya meski sudah kenal dot.

Tapi aku benar2 tak mau mengambil resiko, aku punya cita2 melanjutkan ASI untuk Azkia sampe dia umur 2 tahun, dan mumpung di rumah juga masih ada bu lek yang insyaAllah bisa lebih telaten daripada aku sendiri, aku putuskan menolak pemberian dot untuk Azkia.

Menabung ASIP

Atas saran dari teman2 di milis, aku mulai mengumpulkan botol UC1000, karena mau beli botol kaca di St Carolus jauh boow, mending aku pake UC1000 aja, sekalian isinya bisa bermanfaat juga buat si ayah. Dan aku mulai menabung ASIP ku dari sekarang, katanya kalo disimpan freezer bisa tahan sampai 3 bulan. Kan 1 bulan lagi tabungan ASIP ku pasti akan kepake, karena aku udah mulai ngantor. Kalo beli satu pak (isi 6 botol) UC1000 harganya 20ribu. Kalo bijian harganya Rp 3600 per botol. Aku pikir botol UC itu mulutnya lebar jadi bisa langsung nampung ASIP dari PD ku. ee alah ternyata kecil. Jadinya aku tetep harus menyiapkan botol dot untuk menampung ASIP langsung dari PD ku, baru nanti dipindah ke botol UC untuk disimpan di kulkas.. uggh ribet juga ya..😦

Yah dijalani saja lah satu persatu… nggak perlu dibayangkan bagaimana ribetnya nanti kalo sudah ngantor, yang penting sekarang sebisa mungkin aku nabung ASIP sebanyak2nya biar nanti kalo sudah masuk kerja jadi lebih ringan…

Semangat!!! Demi yang terbaik untuk bayiku !!! Ini hak nya Azkia yang harus kuberikan !!

Alat pemerah ASI

Awal2 kelahiran Azkia, aku memang sengaja nggak menyiapkan/membeli alat pompa ASI, karena menurut beberapa informasi dari teman yang cukup berpengalaman, sebaiknya memompa ASI menggunakan tangan. Tapi waktu itu aku nggak bisa, nggak tau caranya, sampe akhirnya aku demam tinggi beberapa hari, karena Azkia minumnya masih dikit, dan ASIku udah banyak banget produksinya. Akhirnya dengan terpaksa aku minta dibelikan alat pompa ASI ke si ayah. Cari2 yang mereknya direkomendasiin sama temen2, gada, ya wis lah seadanya aja. Sakit banget kalo gak dikluarin. Ternyata dipompa juga sakit, puting jadi bengkak, duuh sama2 sakit😦 berhubung waktu itu gada pilihan lain, jadi tetep aja dipompa pake ala pompa manual, daripada aku demam terus.

Trus beberapa hari setelah badanku agak fit, aku ngajak suamiku refreshing kluar sebentar jalan2 ke toko buku seperti biasanya. Baca2 bagian perah memerah ASI (waktu itu blum pasang internet di rumah, jadi ga bisa browsing). Akhirnya aku temukan buku cara memerah ASI menggunakan tangan, trus ada gambarnya, aku cuman baca sekilas di sana, ga beli, aku lupa judulnya apa, yg jelas agak maharani harganya.

Begitu sampai di rumah aku praktekin, alhamdulillah bisaaaa !!! wuah seneng banget aku… ga ribet sterlisasi alat2 pompa segala dan yang paling penting ga sakit.. bye bye alat pompa… duhh sayang banget kepake cuman bentar..

Skenario Pemerahan ASI di Kantor

Persiapan nya :

1. Cooler box “Coleman”–> dikasih sama temen ikom, wah terimakasih ya.. Sangat berguna kadonya (padahal minta😛 ) ternyata ada yang khusus di desain untuk bawa ASI ya.. seperti cooler bag nya Medela.. hmm baru tau aku
2. Mborong botol UC1000
3. Beli beberapa botol dot 120ml, rencananya mau pake yang merek Huki, karena ada tutup rapetnya, bukan tutup dot.
4. Beli Dry ice beberapa pak

5. Beli Magic Jar untuk motor biar bisa taruh termos es nya, huehehehe, karena rencananya nanti transportasi PP kantor-rumah mau pake motor lagi boncengan sama si ayah, biar romantis gitu, hahaha (halah… padahal biar irit BBM & waktu😛 )

6. Beli plastik gula, buat bungkus ASI hasil perahan dlm botol biar di jalan ga tumplek2, siapa tau tutupnya kurang rapet.

7. Nge-tek-in tempat di kulkas kantor, soalnya pasti bersaing sama yang lainnya😀

8. Alat pompanya? pake tangan dong, tinggal cuci tangan sampe bersih

9. Bawa sabun cuci botol barangkali perlu, nanti pake air panas dispenser buat sterilisasi

10. Makan dan minum terutama sayur dan buah banyak2 biar produksi ASI lancar

“Setetes ASI bunda adalah kehidupan bagi Azkia”

Bismillah ya nak, doakan bunda bisa berjuang yang terbaik buatmu…

23 thoughts on “ASI EXCLUSIVE (part 2)

  1. Assalamualaikum mbak..salam kenal ya…:)

    Seneng ya Azkia sudah 2 bulan..semangat terus ya ASI nya..aku jg skrg lg hamil insya Allah udah minggu ke 33…tolong doakan ya..

    Seneng udh mampir dan baca2 di blog ini…:)

  2. two thumbs up untuk ibu yang satu ini, saya yang udah beranak (uh…beranak) 2, salut banget sama perjuangan mb nurul untuk kasih ASI. Semoga putrinya selalu sehat n salam kenal ya.

  3. tutup botol UCnya sebaiknya diganti dengan yg plastik. Ukuran yg cocok adalah bekas botol Zestea.
    Ohya, di dharmawangsa square 4-9 Juni ada breastfeeding fair. Disitu ada stand AIMI yang jual botol kaca dan coolerbag. Coolerbagnya lebih murah dibanding medela. Aku aja jd nyesel knapa ga beli yg itu aja hehehe…
    Salam kenal

  4. terus semangat mbak…
    6 bulan gak terasa kok,
    bayangin indah dan bangganya saat2 lulus asi exclusive
    *jd keinget masa lalu

  5. Hi nung, udah lama sering baca blog ini, tp baru sempet komen.
    Botol ASI di St Carolus lebih murah lho kaya’nya.. 2500/buah. Dan lebih lebar permukaan kepala botolnya.

    Kalo’ bisa titip yang sekalian lewat, kaya’nya lebih enak tuw..

  6. Ooh,..mbak bener-bener bikin salut deh,..besok kalo tiex udah diberi kesempatan juga jadi ibu,..Ajarin yah,..^-^
    baca nya aja jadi ikut semangat deh,..hehe..Semangat ya mbak

  7. aloo mba, salam kenal:) aku juga lagi berjuang buat ASIX ni;p sekarang Aisha ku udh mau 4 bulan.. banyak cerita tapi seru banget di kantor klo merah bareng ibu2 di mother’s room:) Tetap semangat yaaa:)

  8. Pingback: ASI untuk Azkia (persiapan ngantor) « little notes about my life

  9. Hai mba boleh nanya2?
    aku jg tinggal 2 minggu bakal masuk kantor, tp masih blm menyetok asi. lagi mau mencoba.
    bisa nanya japri?

  10. Pingback: ASI exclusive untuk Azkia (part 4) : sebulan back to office « little notes about my life

  11. Pingback: ASI exclusive untuk Azkia (part 5) : Ditinggal 5 hari ke Tokyo « little notes about my life

  12. Pingback: ASI exclusive untuk Azkia (part 6) : upacara kelulusan ASIX « little notes about my life

  13. Salam kenal
    Bulan depan, insyaalloh saya mo melahirkan anak pertama. Saya ingin melakukan IMD dan selanjutnya memberi ASI eksklusif untuk anak saya.
    So tulisan ini sangat berguna buat saya.
    Hanya saja saya masih bingung cara memerah ASI saya nanti. Kalo diperah pake tangan, ASI nya bisa langsung masuk ke botol UC itu gak?

  14. @henirusli :
    Sipp.. ayoo semangat berikan ASI exclusive nya🙂
    Kalo merah pake tangan nggak bisa langsung masuk botol UC, jadi harus ditampung pakai botol susu biasa dulu, baru dipindahin kalo mau disimpan ke kulkas/freezer, tapi kalau mau langsung dikonsumsi dalam 4 jam langsung saja gapapa.

  15. critanya bagus teh, bikin tambah semangat ngasih ASIX

    minta tolong ajarin meras ASI pk tangan donk teh – berhubung alat pemeras ASI qu rusak –

    katanya kl peras pk tangan hasilnya lebih banyak ya?

    tolong ya teh – thanx

  16. Aku berusaha ngasih asi eksklusif walaupun pake sambungan puting krn ptku rata,setelah 1 bln tyt brtnya turun dr berat lahir,aku mulai gak pede dgn kualitas asiku,akhirnya aku tamb susu formula,mungkin krn dia kebykan tidur,tlg bantu solusi dong bisa bangunin tidur spy mau nenen

  17. mbak, cara mindahin ASI dari botol dot ke botol UC 1000 gimana y caranya? secara ujung botol UC 1000 kecil, pake corong ato gimana cara mindahin ASInya? thx b4

  18. senengnya,,,, sekarang azkiya pasti udah besar,,,, anak ku juga namanya azkia usia nya 2 bulan,,, dan aku juga kerja,,,, doakan aku juga agar bisa memberikan ASI untuk Azkia ku,,,,,

Leave a Reply

