24 jam bersama bayi ku

Seminggu ini aku akhirnya berbulan madu khusus bersama azkia. Bu lek yang membantuku mengurus azkia harus pulang ke malang karena ada urusan yang cukup mendesak. Akhirnya aku harus belajar memegang bayi ku sendiri all day 24 jam. hehe.. sejujurnya agak grogi juga awalnya. Sempet ngrasa takut ga mampu. Ada pembantu di rumah yang membantuku mengurus rumah, termasuk mencuci popok si kecil. Tapi dia juga tak begitu tau bagaimana merawat bayi.

Apalagi urusan memandikan bayi.. haduh keringetan dingin deh. Pengalamanku memandikan ponakanku yang masih bayi, paling kecil waktu dia udah bisa tengkurep, jadi udah bisa menyangga kepalanya, dan badannya udah ga terlalu kecil. Lha anakku baru 40 hari, waah bingung juga awalnya.. Akhirnya nekat juga, bak mandi ditaruh di sebelah kasur di dalam kamar, pake jala mandi, hahaha… akhirnya lantai kamar memang menjadi basah.. hihihi untung ada yang mberesin😛 Alhamdulillah akhirnya terbiasa juga, dan si kecil pun nampaknya mulai enjoy mandi sama bundanya, kadang dia suka ngoceh2 sendiri setelah dimandiin, kalo lagi rewel, dimandiin jadi diem, trus ngoceh2.. hahaha.. pinternya anakku kompromi sekali sama bundanya, jadinya bundanya ga grogi lagi deh😀

Agenda sehari bersama azkia yang baru berumur 40 hari dimulai dari pagi2, si ayah masih sempat menemani aku dan azkia untuk jalan2 pagi menghirup udara segar sebelum dia berangkat ke kantor. Dilanjutkan dengan menjemur azkia di lantai atas, karena kebetulan tempat jemuran kami menghadap ke timur, jadi lebih banyak mendapat sinar matahari pagi. Selanjutnya memandikan azkia, menyusui, menggendong hingga dia tertidur, dan setelah itu sambil sarapan aku dah bisa mulai buka lappie dan chatting, hahahaha… sesudah tertidur pulas, azkia ditaro di kamar, dan aku pun mulai mandi. Memasak untuk makan siang dan malam, untuk tugas yang ini dibantu oleh mbak jum (asisten rumah tangga kami). Azkia mulai nangis, minta disusuin plus setelahnya aku harus mengayun2 nya agar tertidur lagi. Yang ini rutin tiap 2 jam sekali.

Pekerjaan paling berat merawat bayi seumur azkia adalah membuatnya tertidur pulas, caranya macam2, bisa dengan menggendong pake selendang, di ayun2, di bawa jalan2 keliling kompleks menghirup udara segar, bersenandung/mengaji, sampai dengan menyusuinya. Kenapa ini terbilang pekerjaan paling berat, iya karena semakin hari azkia semakin berat, hwehehehe… bikin pegel tangan dan kaki kalo mau tidur pake acara rewel. Dan biasanya si bayi juga suka bosan dengan satu macam gaya, kadang tidak berhasil dengan satu gaya, harus dicoba dengan gaya lain. Karena bayi 40 hari belum bisa jalan2, jadi ini adalah pekerjaan terberat, nanti kalo sudah mulai merangkak atau jalan, udah deh, makin capek ngikutin kemana dia pergi. Hehe tapi pasti seru, kalo yang ini sudah kebayang repotnya, karena sudah pengalaman dengan 8 ponakanku.

Akupun sudah mulai terbiasa mendengar tangisannya yang cukup merdu di telinga, karena kenceng sekualee.. kadang aku bilang sama azkia “sayangku.. sekarang kalo mau nangis boleh, ngga papa, sayangku kan blum bisa ngomong, masak bayi nggak boleh nangis ya, tapi nanti kalo sudah gede harus ngomong ya kalo pengen sesuatu, nggak boleh nangisan lagi” hehe… ayahnya mungkin masih blum terbiasa, nangis dikit digendong. Dan aku mulai bisa mengenali arti tangisannya sedikit demi sedikit.

Menjadi full time mom bagi azkia ternyata cukup menyenangkan juga, sampe kadang aku lupa kalo bayi ku baru berumur 40 hari, perasaan kayak udah gede, udah bisa diajak ngomong. Ini juga dirasakan si ayah saat harus merawat si kecil berdua dengan ku, tanpa bantuan bu lek.

Azkia sayang.. cepet gede ya nak..

4 thoughts on “24 jam bersama bayi ku

  1. Aiiih…jadi bikin ga sabar buat foto bertiga gituu!

    Yang segarnya jalan pagi :

    Jeung Nurul, dah balik ke badan semula ya? Ga ada kilo2 yang ketinggalan nyisa di badan? Hueehehhee, wuih!
    Pak Anjar.. tak kupercaya akan melihatmu dengan gendongan itu sebelum diriku? Hihihi

  2. Selamat yah mba…merawat anak sungguh nikmat walau terasa ‘berat’ menjalaninya. Kasih sayang ibu memang tiada duanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s