40 Hari Pasca Persalinan

Judul : 40 Hari Pasca Persalinan : Masalah dan Solusinya
Penulis : Bonny Danuatmaja dan Mila Melliasari
Penerbit : Puspa Swara

Buku ini menurut saya cukup lengkap sebagai panduan bagi ibu baru dalam menghadapi 40 hari pertama-nya.
Beberapa hari yang lalu untuk refreshing, saya dan suami sengaja berjalan2 ke toko buku, dan saya menemukan buku ini yang saya rasa dari judulnya saja sudah cukup mengena dengan apa yang saya butuhkan. Memang saya agak terlambat membaca buku ini, karena masa 40 hari saya sudah hampir lewat. Tapi saya tidak merasa informasi yang disajikan basi. Bahkan saya jadi lebih bisa memahami peranan saya sebagai ibu baru. Permasalahan2 yang saya hadapi di minggu2 pertama terjawab semua di sini.

Buku ini membahas permasalah dari minggu ke minggu dengan sangat detail, meskipun memang beberapa informasinya agak kurang akurat. Tapi informasi yang diberikan cukup bermanfaat buat saya. Peran sebagai ibu baru (terutama yang baru melahirkan anak pertama seperti saya) tidaklah semudah yang saya bayangkan. Seusai persalinan, perasaan bercampur aduk menjadi satu. Haru, gembira, jenuh, bingung, ditambah dengan lelahnya kondisi tubuh yang belum pulih membuat si ibu merasa menghadapi berbagai permasalahan. Buku ini membekali si ibu baru dengan solusi2 dari tiap permasalahan yang mungkin akan timbul pada kondisi fisik dan emosionalnya seusai persalinan, hingga permasalahan2 dan cara mengurus sang buah hati di minggu2 pertamanya.

Terdapat 9 bab dalam buku ini :
bab ke-1 mengenai tiga hari pertama di RS
bab ke-2 membahas segalanya tentang menyusui
bab ke-3 membahas minggu pertama setelah persalinan : hari-hari penyesuaian diri
bab ke-4 membahas minggu kedua setelah persalinan : “waktu berjalan begitu lambat”
bab ke-5 membahas minggu ketiga setelah persalinan : berbagai perubahan tubuh
bab ke-6 membahas minggu keempat setelah persalinan : hidup Anda pun (mau tidak mau) berubah
bab ke-7 membahas minggu kelima setelah persalinan : “kami mencintaimu nak”
bab ke-8 berakhirnya masa nifas “apakah aku sudah sehat?”
bab ke-9 bab untuk ayah : Ayah modern juga pegang bayi

Dengan membaca buku ini si ibu baru akan mempunyai gambaran yang jelas, apa2 yang akan terjadi pada 40 hari pertamanya. Selain membekali sang ibu, buku ini juga memberi informasi yang bermanfaat bagi sang ayah. Jaman sekarang, mengurus seorang bayi mungil di rumah, adalah tugas ayah dan ibu nya.

Jadi, mulailah tersenyum dan nikmati hari2 pertama Anda sebagai seorang ibu ! Selamat membaca !

4 thoughts on “40 Hari Pasca Persalinan

  1. Yup,betul sekali🙂 yang mengurus adalah ayah & ibunya. Suami saya udah fasih soal ganti popok/celana & mandiin si kecil hehehe.

  2. Udah beli bukunya. Praktis dan informatif. Makasih ya, Nung, infonya. Btw, kalo ada buku bagus lg, kbri dung, huehehe

Leave a Reply

