ibu hamil boleh kok puasa

Perdebatan panjang antara aku dan si mas, meributkan keringanan yang sebenarnya memang sudah diberikan Allah untuk para ibu hamil dan menyusui.

Awalnya aku emang ngga kuat puasa, karena bawaan mual dan lapar yang hebat, masih krasa agak2 berat dan mengganggu, plus ditambah flu dan batuk yang ga sembuh2, jelas aku ga kuat buat puasa.

Tapi beberapa hari ini aku merasa kondisi tubuhku sudah membaik, batuk2 mulai berkurang, lapar pun nggak se-mual sebelumnya, apalagi kalo lagi weekend di rumah, kerjanya tidur terus jadi agak2 males makan. Dokter sebenernya mang ga ngebolehin aku puasa dulu, alasannya aku masih batuk, takut ga sembuh2, berhubung dah baikan, berarti bole dong puasa…

Jadi kemaren aku pengen nyobain puasa, sekali2, mosok mbakku kuat aku ngga kuat. Kan kehamilanku udah berusia 15 minggu, harusnya gpp dong…

sempat debat panjang lebar sama si mas mengenai masalah ini, aku dah bilang, aku niat puasa, aku ikut sahur, nanti siang2 kalo aku ga kuat aku batalin. Akhirnya si mas diem, dengan rada2 ngga ikhlas, aku yakinin lagi kalo aku ngga akan memaksa diri, nanti kalo krasa ngga enak aku bakal batalin kok.

Si mas tetep masih ngedumel
“kesian dedeknya loh, jangan puasa dulu, Allah aja ngasih rukhsoh kok.”
“Tapi kalo kuat nggak papa kok, buktinya mbak elis dulu juga hamilnya sama kaya aku 3 bulan lewat, eh puasanya penuh, anaknya sehat2 tuh, malah2 pinter2”
“istrinya Arif (-temen kantor si mas-) aja hamil 5 bulan ga bole puasa loh ma dokternya, palagi nda masih 4 bulan”
“ah dokter sih emang suka kaya gitu” (*mode ngeyel on)
“aku cuman pengen anaknya sehat, nanti kesian kalo dia ikut2an ga makan”
“insyaAllah sehat, kan aku makan sahurnya bergizi, aku makan daging, sayur, vitamin dokter, susu, cukup kok insyaAllah”
“ya udah ntar siang2 makan ya..” (* si mas pun masih ga rela)
“iya iya, kalo ga kuat yaa..”

Ortu pun ikut heboh, waktu tau aku mo puasa sampe2 aba-ku sms “kamu sedang berbadan dua, kalo kamu puasa, kesian si kecil, belum kuat, jangan pikirkan dirimu sendiri”

…. hiks, baru mo nyoba kok dah pada ribut sih😦 we’re fine insyaAllah …

Allah itu ngasih keringanan yang artinya “boleh puasa boleh tidakit’s an options… please deh bukan “tidak boleh puasa
dimana2 ibu juga tau diri kok, ga mungkin mencelakai anaknya sendiri

Akhirnya adzan dhuhur pun terdengar…

Perutku mulai berbunyi kruyuk2.. (hehehe ada yang protes nih kayaknya)
pura2 tidur ah… eh ilang kruyuk2nya, hehehehe😀
aku bangun buat sholat dhuhur, si mas pun mulai ngomel2 lagi “dinda makan ya, aku bikinin telor ceplok mau? ato mo makan sunkist, enak lohhh segeeer, tak potongin yah”… hwaduuuh aku masih kuat kok …
“sayang ah, setengah hari lagi, mumpung dedeknya lagi ga rewel nih mas, biar dia jadi anak yang pinter”

Adzan Ashar pun mulai terdengar…
“nda, 3 jam lagi, masih kuat ngga?”
“eh iya 3 jam lagi, horeeee… tanggung ah”

tidur lagi…. bangun dah jam 5
“ayo ayo siap2 kita cari buka yang enak”
“yup setuju, hadiah buat puasa 1 hari, kita kasih dedeknya makanan bergizi ya, hehehe”😀

begitu buka puasa, ngamuk, perutnya protes lagi, pulang buka mampir ke plaza bintaro, langsung kliyengan, “duh mas aku ga kuat, mo pingsan nih kayaknya” ga tau kenapa tiba2 rasanya tensiku ngedrop banget, langsung kluar kringat dingin… hiks…

terakhir waktu sholat shubuh tadi pagi dengan sangat pelan si mas memohon “nda, hari ini jangan puasa ya…. “
“ya ya.. kemaren kan weekend, energinya ga kemana2”

Jadi selama merasa kuat, insyaAllah puasa itu bagus loh buat kehamilan, asal jangan memaksakan diri aja😉


referensi :

http://www.kompas.co.id/kesehatan/news/0410/15/101448.htm
http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=88
http://www.dunia-ibu.org/sharing/index.php?id=42
http://www.gizi.net/gaya-hidup/Puasa-bumil-Republika.pdf

ada satu komen yang cukup bagus saya ambil dari salah satu referensi diatas:
“1. Aku dikasih daftar kebutuhan tubuhku dan janin untuk tumbuh; jadi
kalori perlu berapa, protein berapa dst. Nah, dia bilang asal aku
bisa penuhi itu selama 24 jam ya monggo saja berpuasa.
2. Badan kita biasanya kasih isyarat; jadi kalau memang sedang sering
muntah atau kliengan, itu tandanya bahwa kita nggak mampu berpuasa,
maka jangan dipaksakan.
3. Sugesti adalah bagian terbesar dari keyakinan; jadi kalau kita
memang yakin bisa dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi
yg diperlukan, insya Allah berhasil, tapi kalau memang ragu sebaiknya
jangan.. nanti kalau ada apa-apa kan menyesal…”

24 thoughts on “ibu hamil boleh kok puasa

  1. Halo bu anjar

    Manfaatkanlah keringanan dari Allah yg membolehkan ibu hamil tidak berpuasa. Toh bisa diganti ya kan? Kita dianugerahi bayi juga harus bertanggung jawab untuk menjaga kesehatannya. Jangan takut kehilangan pahala orang berpuasa, masalah pahala biar urusan Allah, menjaga titipan Allah pahalanya juga sangat besar,bahkan ibu yang hamil dan melahirkan disejajarkan dengan orang2 yang mencari sahid berjuang di jalan Allah…ya toh…
    Ibu boleh kuat, bayi belum tentu iya kan?

  2. Nunung,
    Yang perlu dipikirkan adalah kesehatan sang bayi, agar nantinya tak menyesal….dalam hal ini biar yang tirakat puasa ayahnya. Nunung kan bisa berdoa, dan beribadah lainnya…ingat lho asupan makanan bagi bayi harus cukup, apalagi hamil muda adalah saatnya pembentukan organ tubuh, jangan kurang suatu apapun.

    Setiap hamil saya tak puasa, karena memang fisik lemah. Ada temanku yang saat puasa tetap hamil, karena hamilnya ngebo…makan apa aja hayooo…tak pusing atau lemas sama sekali, bahkan lebih sehat dibanding yang tak hamil…nahh kalau yang seperti ini memang boleh.

    Perhatikan saja saran dokter, karena memang ahlinya.

  3. Allah sudah memberi keringanan…jangan takabur dan sok hebat dengan berpuasa…Intinya sama dengan kemudahan yg diberi Tuhan untuk shalat Jama dan Qashar, bila Allah sudah memberi keringanan, mengapa tidak dimanfaatkan ? Jgn nyesel di kemudian hari lho….

  4. wah intinya sih, tetep pengen shaum yaaa…
    aku doakan semoga ibu n janinnya sehat tidak kekurangan sesuatu apapun baik itu gizi atopun lainnya. Semoga babynya kuat “shaum” sebagaimana ibunya kuat shaum.

    La yukallifullohu nafsan illaa wus’ahaaa.

    tetep semangat n jangan memaksakan diri.
    jangan sampe kejadian anak pertama terulang kembali.

    Bismillah ya mbak.

  5. amin amin amiin..🙂
    ga memaksakan diri kok mbak hamidah, sekarang aja dah ngga puasa lagi, di-ultimatum ma suami soale, wehehehehe😀
    jadi cuman dapet puasa 1 hari doank😛 itu aja dah hebohnya minta ampun…

  6. halo mbak.
    mungkin kita bisa lebih legowo kl berpikir spt ini ; kenapa Allah mengijinkan kita si bumil utk tidak berpuasa, karena bumil itu membutuhkan ekstra asupan dan gizi demi kesehatan anak yg ada didlm kandungannya, terutama air. mbak, saya gak bermaksud menakut2i dan sm skl tidak menjelek2an niat berpuasa mbak sbg muslimah yg baik dan taat. tp dulu teman saya yg hamil bersamaan dg kehamilan anak ke-2 saya, dia spt mbak..merasa kuat puasa padahal doc sudah wanti2 jangan…ketika kehamilan memasuki akhir trimester ke 2 & bayi sudah membesar, dia hrs di opname & di infus selama 2 mg krn air ketuban kurang. menurut si teman saya ini, krn kurang minum air putih. akhirnya setelah itu kok ya malah banyak komplikasi, yg guladarahnya naik, yg tensi naik…temanku ini benar2 menyesal. toh..puasa bisa diganti kalau sudah selesai dengan “tugas mulia” ini.
    just 4 ur info, syukurlah ultimatum suami manjur ya…akhirnya..semoga mbak dan bayinya sehat2….
    salam kenal dari canada.

  7. problem kita sama mbk. saya juga lagi hamil 16 minggu. udah sering banget memohon kepada suami biar dibolehkan puasa. tapi suami keukehhh nggak ngebolehin.🙂

  8. sharing aja, alhamdulillah selama 2 kali hamil, saya puasa full. Hamil pertama pas 7 bulan, hamil kedua sekitar 4-5 bulan. dan alhamdulillah juga semuanya support untuk ini, dokter juga suami.
    kita bisa merasakan kok fisik kita kuat ato gak dan kalo memang puasa harus yakin bahwa memang ini akan membawa kebaikan pada anak kita. kalo gak kuat dan gak yakin ya jgn sampe dipaksakan, Allah sudah memberikan keringanan kok untuk ini.
    sebaiknya pertimbangkan nasehat dokter apalagi suami tercinta…

  9. Salam kenal jeng… gimana kehamilannya? psa puasa kemarin rame banget bahas ini di milis kesehatan yg aku ikutin, hehehe…lha, kok baru mampir blognya sekarang. Mudah2an lancar ya…. kalo mau siap2 buat jadi parent yang rasional belajar di milis sehat@yahoogroups.com ya jeng… aduuh, boleh ga siy merekomendasi milis di sini. Kalo nggak boleh, didilete aja. Kebetulan aku dulu nemu milis ini pas usia kehamilan 6 bulan(sekarang anakku menjelang 19 bulan) dan cakrawalaku tiba2 terbuka lebar sambil aku ternganga-nganga, karena merasa cuma sedikit tau soal menjadi ibu.

    Selamat menikmati kehamilannya ya jeng…

  10. wahhh….aq bingung nh..
    aq br hamil perdana nh, usia kandunganq br 14 minggu, aq ragu sebaikx aq puasa g y….
    padahal barusan tadi aq kontrol m dktr kandunganq, eh… malah lupa nanyain itu!
    gimana y s’baix?
    mohon diberi comment y saudara2q seiman…..
    salam,

  11. mbak fitri, kita yang sedang hamil dan menyusui dapat keringanan dari Allah, jadi tergantung keyakinan kita aja, seperti saya quote di atas

    Sugesti adalah bagian terbesar dari keyakinan; jadi kalau kita memang yakin bisa dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi yg diperlukan, insya Allah berhasil, tapi kalau memang ragu sebaiknya
    jangan..

  12. Saya juga sedang hamil anak pertama nih. Setiap hari saya sahur dan niatkan puasa. Kalo memang gak kuat, ya tinggal buka saja. Tapi Alhamdulillah saya dan si dede baik-baik saja kok.
    Bagi saya, puasa ini hitung-hitung pendidikan agama sejak dini buat anakku. Semoga saja dia menjadi anak yang sholeh/sholehah Amiin…

  13. Ass.wr.wb.
    Salam kenal..aku lg bingung neh..ini kehamilan pertamaku juga stlh 1thn-an nunggu..mohon advicenya..orangtua dan tante2 aku malah blg knp kmu gak puasa..jgn dimanjain gitu..pdhl ak dah jelasin bahwa dokter tdk menganjurkan diriku utk puasa..eh tp malah diomel2in..padahal kehamilan aku br 5minggu..gmn hrs menghadapinya yah?

    • Kalau mbak sendiri ragu2, sebaiknya jangan, apalagi dokter bilang begitu. 5 minggu memang belum terasa terlalu mual, tapi makin bertambah minggu sampai 4 bulan, mual2nya biasanya makin sering, kalau udah kayak gitu, solusinya adalah ngemil, kalo lagi puasa gimana bisa ngemil? bilang aja sama orangtua, kalau mbak memang nggak kuat buat puasa, namanya juga ibu hamil kan? Allah aja ngasih keringanan sesuai kemampuan hamba-Nya..

  14. hehe.. nung.. aku sekarang hamil 8 minggu; dan pas banget ketahuan hamilnya udah 6 minggu pas di hari pertama puasa.
    Tapi karena usia kandungannya masih muda banget, aku nggak berani ambil resiko ah. Udah mana nunggunya lumayan lama kan (3,5 tahun boo).
    Jadi meskipun kata dokter sekuatnya aja, aku memutuskan untuk nggak puasa, tetapi nanti bayar fidyah dan tetep ganti puasanya setelah melahirkan (insya allah..)

    Doain ya nung..😀

  15. ass..
    Mw minta saran.y neh ckg aq lg bngung..
    Udh 2minggu aq mual2,hsil testpack psitif,pas dperiksain k dkter d usg pun blm kliatan kata.y blm sebulan usia kndungan.y.
    Nah ckg udh mnggu ke-3 brtepatan dgn bln rmadhan, kira2 ckg aq ikt puasa ga ia..kuat she tp smpet ragu jg soal.y ni kehamilan pertamaku..
    Mohon masukan.y
    Mkch

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s