ibu hamil jangan sampe sakit

Duh bener2 deh, kalo lagi hamil jaga kondisi sebaik2nya. Jangan biarkan virus2 mudah menyerang anda. Soalnya kalo dah sakit, duh luar biasa effortnya… ga bisa minum sembarang obat.

Aku dah sejak hari kamis yang lalu kena flu, biasanya dihajar pake CDR 2 hari, trus makan banyak2 dan tidur dah sembuh, yang kali ini… masyaAllah, pusing banget, flunya ga sembuh2, hiks hiks hiks… malah makin jadi nih. Kalo lagi bersin2 tuh perut bawah rasanya keteken2 gitu jadi agak tegang.
Padahal aku dah berusaha minum CDR, minum tomat, jambu, yang katanya vitamin C nya tinggi, makan sayur, tidur seharian, menghindari es, hiks… ternyata makin parah… hiks hiks hiks… jadwal ke dokter masih minggu depan, pengennya alami tanpa obat, tapi ternyata kalo lagi hamil agak2 susah ya….

si mas aja ampe heran, “tumben2an nih dinda flu agak lama” secara dia yang lebih sering langganan kena flu malah baek2 aja…hiks hiks hiks… ngga tauuu…

aku dah bolos sehari plus sabtu minggu istirahat di rumah, kok ga sembuh juga ya… sedihnya, padahal mual2nya baru aja sembuh😦 ayooo nak, tetep sehat yaaa, makan yang banyak….

Obat alami apa lagi yaaa yang bisa nyembuhin flu, pusing, pilek, tenggorokan kering, pita suara dah nggak jelas gini…. hiks…

O iya usia kehamilanku sekarang dah 13 minggu 1 hari, minta doanya yaaa biar pet sembuh….

37 thoughts on “ibu hamil jangan sampe sakit

  1. Jangan-jangan itu memang bawaan bayi. Ada yang selama kehamilan mudah flu, dan memang badan terasa lebih dingin, terutama jika masih hamil muda.

    Pesanku, kalau ke dokter, sebaiknya ke dokter kandungan, agar obat yang diberikan aman bagi bayi. Diambil positifnya aja, karena sakit, jadi banyak istirahat dirumah…sehingga bayinya lebih aman.

  2. istri sy jg lagi hamil 5-6 bln. KLo dia flu, biasanya istirahat total, jgn mikir yg berat2. Makan dan minum yg anget2. Kdg2 kaki direndem aer anget, plus di uap2in gitu idungnya biar lega. Dia antiobat klo lg hamil.

  3. Iya bisa jadi bawaan bayi.
    Waktu kemarin masih hamil 2-3 bulan, aku terserang diare. Perut melilit dan kontraksi terus. Padahal dah ke dokter kandungan, tapi obatnya sama sekali ga manjur.
    Setelah 3 hari akhirnya maksa minta dirawat aja ke RS. daripada-daripada hehehe….
    Yang penting, take it easy aja.
    Kayak Mbak Edratna bilang bahwa ini tandanya memang mesti banyak istirahat.

  4. Waktu awal hamil aku juga kena flu dan batuk yang menyiksa ga sembuh2, padahal aku jarang banget batuk. Aku udah coba minum jeruk nipis&kecap tapi batuk ga hilang. Akhirnya minta obat ke dokter kandunganku deh. Kalo masih kuat tahan dulu aja, makan & minum yang sehat. Tapi kalo sakit menjadi dan menyaktikan ya minta obat ke dokter. Saranku walaupun dokter kandungan tetep dicek obat yang dikasih apa kandungannya, cari info di internet, soalnya aku pernah dapat obat yang meragukan utk ibu hamil dari dokter kandunganku sebelum yang ini, itu jadi salah satu sebab aku ganti dokter kandungan.

  5. Iya bener..
    kadang aku ragu apa iya dokter kandungan bisa memberikan obat untuk penyakit lain selain urusan kandungan?
    Yahh… walaupun awalnya dia belajar ilmu kedokteran umum, tapi ga jamin hehehe…

  6. coba tanya apa bisa ikut vaksin flu mbak ke dokter kandungan..buat yang lain terutama yang mau nikah n masih tergolong nikah muda segera vaksin deh. macamnya banyak..jadi biar asik n fit kalo hamil. salam kenal mbak

  7. Halo mba, salam kenal.
    Mudah2-an sdh sembuh ya..lain kali saran saya banyak minum air putih aja dan kalau mba ada waktu mungkin bisa coba browsing ke
    hypno-birthing.web.id untuk namabah2 ilmu

  8. iya nih, kasian istriku…. flu n batuknya bikin si dedek goyang-goyang di perut….udah dihajar ma cdr tapi ga manjur juga..mana anak pertama jadi khawatir banget……………

  9. ya ampuunn aku ngerasain juga nii:( dikasih amoksisilin sama dokter, dan dianjurkan minum obh generik untuk batuknya. Tapi misoa kemarin ke apotik nyari obh generik, kok malah apotekernya bingung ya.. hehehe..

  10. halo mbak..aku juga lagi hamil nih 2 bulan, di bulan pertama kehamilan aku juga pernah kayak gitu ini malah panas tinggi sampai 3 hari. Akhirnya aku kompres terus badanku and bener sarannya mbak ika…minum air putih yang banyak dan konsumsi buah2 yang banyak mengandung vit C nya. saranku jangan sekali2 minum obat2an deh terutama untuk antiboitik dan sejenisnya, apalagi kalau kehamilan pertama..kalo aku sih nggak mau ambil resiko..kasian kan dedeknya🙂 selamat mencoba dan semoga lekas sembuh ya

    • Iya nie aq juga lagi flu sama tenggorokan sakit smpe skarang belum sembuh2…kan kasian dedek nya goyang2..kalo aqu lagi batuk😦 gimana ya cara ngilangin smua nya pake obat warung takut…?

  11. aku juga sekarang lagi flu nih.. ga enak banget, peningnya minta ampuunn.. apalagi setiap batuk perut bawah sakit.. sekarang kandungan aku jalan 6 bulan.. mudah2an sehat yaaa… aku juga makan amoxicilin ama panadol biru aja.. redoxon juga..ama buah2an..

  12. setiap dua bulan pasti sakit batuuk dan radang pdhl sebelum hamil gak pernh yg namanya batuk mampir, mungkin bawaan bayi tp gak enak bgt serasa sesak gatal di tenggorokan,, aku pikir menjelang kelahiran gak bakal batuk lg ternyata egak skrg aku hamil 9bulan tp batuk itu menyerang lg,, dokter cuma ksh OBH batuk berdahak haaa cuapeek deh

  13. bener banget tuh mba nunung, emang kalo lagi hamil harus fit banget, aku waktu hamil 11 minggu sakit tipus aduuuh rasanya ga enak banget n kasian dedenya… oya mba link in ke blog aku ya, aku baru belajar nulis..matur nuwun

    • Mba kurniaputi…
      waktu hamil 11 minggu dan sakit tipus ke dokter ga…
      Sempet panas tinggi ga…
      Tapi dd bayi lahir seha dan normal kan…
      kata ibu mertua aku kalo pas hamil kena tipus harus di ambil janin nya karna akan lahir cacat ( jangan sampe deh )
      Terus mba minum obat apa pas tipus…

  14. istriku hamil !0 minggu tapi skrg lgi sakit demam , pusing , flue … takut mau kasi obat .. plizz bantuan rekan2 yaaah … untuk rekomend obat nya .. trims

  15. Uhmm..sekarang sy juga hamil mau 2 bulan, badan rasanya cepat lelah, ditambah penyakit asma. Kemaren malem udah kerasa ga enak tenggorokan, dan bersin2 ditambah batuk2, karena dr awal kehamilan sya sudah alergi obat makanya saya ga pernah konsumsi obat apapun, saya seduh jeruk nipis+madu+air hangat, Alhamdulillah batuk langsung hilang seketika…dan jangan lupa banyak minum air putih..

  16. Aku juga pernah mengalami hal yang sama,pada saat hamil 4 bln. Hampir 1 bln aku gak bisa tidur malam batuk tak henti2,hidung mampet,nafas jadi sesak,dalam 1bln sampe 3kali ke dokter kandungan,obat yang sama juga kasih,akhirnya aku biarin aja,eh sembuh sendiri. mungkin ini emang dari bayi nya. Sekarang aku hamil 6bln,penyakit lain lagi yang datang,sakit belakang,sakit pinggang. baring salah,duduk salah,bediri pun serba salah. Tapi aku anggap ini sebagai cobaan untuk kita2 yang akan bergelar ibu. Banyak wanita lain yang kecewa karena gak bisa hamil. Jadi kita berutung karena di kasih kesempatan oleh Allah untuk mempunyai keturunan dari darah daging sendiri.

  17. Haii, aku juga sedang ngalamin batuk,udah hampir 3bln😦 hiks. Hampir tiap minggu ke dokter kandunganN THT,PARU,tapi ga ditemukan penyakit parah, yenggorokanpun kata dokter THT hanya merah sedikit, tapi tenggorokan bsia gatal banget, lendir yang keluarpun dari warna hijau,kuning, putih, balik lagi hijau,kuning dst..hiks sampai sekarang. Emang sih sekarang aku ga seberapa jaga makanan, gorengan atau kacang kadang masih aku santap,abisnya aku jengkel pernah 1bln full ga makan yang berminyak sama sekali tapi tetaap aja batuknya ga sembuh. Ada yang bisa bantu ga ya? Thank u friends..^^

  18. Haii, aku juga sedang ngalamin batuk,udah hampir 3bln😦 hiks. Hampir tiap minggu ke dokter kandunganN THT,PARU,tapi ga ditemukan penyakit parah, yenggorokanpun kata dokter THT hanya merah sedikit, tapi tenggorokan bsia gatal banget, lendir yang keluarpun dari warna hijau,kuning, putih, balik lagi hijau,kuning dst..hiks sampai sekarang. Emang sih sekarang aku ga seberapa jaga makanan, gorengan atau kacang kadang masih aku santap,abisnya aku jengkel pernah 1bln full ga makan yang berminyak sama sekali tapi tetaap aja batuknya ga sembuh. Udah minum antibiotik, obat racikan dokter,bisolvon anjuran dokter kandungan. Sekarang lagi hamil 6,5bln masih aja serak n gatal2 tenggorokanku😦. Ada yang bisa bantu ga ya? Thank u friends..^^

  19. kalo lg hamil trus flu, makan aja sup ayam yg panas. itu salah satu obat flu yg mujarab. insyaAllah. sy baca dr majalah. dan sudah dipraktekan ternyata ya memang berhasil. uap panasnya dr sup bikin hidung mampet jd meleleh🙂 dan jgn lupa kuah sup nya ditambahkan jahe yg dimemarkan, pala, lada, dan bawang putih yg banyak….insyaAllah membantu.

  20. hmmm aku sekarang juga lagi hamil 18 week,,aku cm sakit sesek nafas sama hidung mampet aja,pdhl ga pilek…ini sangat mengganggu banget apalagi tiap malem ga bisa bubu sebelum di pijit m suami,,kn kasian suamiku…hehe tp demi dede anak pertama kita,,smua saling doain aja semoga lancar

  21. dah 6 hari aq kena flu, pdhal udah periksa ke dr. kandungan. tp hidungnya masih mampet..skrg aq lg hamil 14 minggu, krn hamil anak ke-1 jd msh takut dgn keadaanq,.

    • sya hamil 7 bln sdah 3 hari ini sya kena flu n batuk krn tertular suami saya,krn tdk bisa mnum obat sya hanya mnum vit c,cdr,minum hangat….tp tetap saja belum sembuh…adakah cara yg lainnya???
      trims

  22. hay semua salam kenal ya,nma saya indah,saya lgi hamil mnrut perhtungan saya 2 minggu sih,tapi mnrut dokter 1 bln lbih,saya coba browsing2 di google,awal khmilan saya ,saya sakit flu dan batuk sama kayak yg lainnya,skrg sih lumayan sudah agak mendingan,tapi tadi sore saya diare sekarang perut saya melilit setiap beberapa menit,ada gak ya yg punya pengalaman kayak saya ? share ya……

  23. Waktu hamil 8 minggu ngalamin batpil juga. Lendir hijau, sesak napas, pusing, lemes. Aku gak minum obat kimia karena toh flu bakal sembuh sendiri, tinggal daya tahan tubuh dikuatin. Aku pake kencur dicemil tiap 3-4 jam, jeruk nipis+madu tiap 3-4 jam, minum air hangat, bikin air jahe, buah2an jeruk, jambu batu, dll dan yang paling penting: istirahat cukup. Tapi emang karena hamil kali ya, waktu sembuhnya lebih lama dr yg normal. Lendirnya gak keluar2 *bingung* baru mulai keluar di hari kelima, trus sembuh sendiri setelah total2 minggu terkapar.

    • Aq lagi hamil 2 bulan tp knp ya tnggorokan aq sakit klo nelen… udh brobat , aq bikang k dktrnya klo aq lg hamil tp kt dktrnya ini aman.. aq mnum slma 3 hri.. tp ko ga smbuh2 juga.. udh mnum madu, jeruk nipis, macem2 udh.. tp bukanya smbuh malah makin sakit… itu knapa ya?? Apa bawaan dede bayi nya?? Mohon infonya yaa🙂
      Soalnya aq anak prtama .. jd blum paham bgt…
      makasih ^_^

Leave a Reply

