invest apartemen

Beberapa temen kantor ada yang menjadi korban mati listrik di setiabudi, huff untunglah aku udah pindah ke bintaro… hehehe… dan issue kapan listrik normal kembali belum dapat dipastikan, jadi masih simpang siur.

Gara2 itu, seorang teman bersama seluruh teman penghuni di tempat kosannya punya ide untuk menyewa sebuah apartemen, di setiabudi residence, dengan harga 175ribu permalam, atau di apartemen kuningan, dengan harga $65 per hari.

Wow lumayan juga ya, dari sisi konsumen kayaknya lebih murah kalo dibanding dengan menyewa kamar hotel semalam, tapi harga segitu cukup menguntungkan juga bagi pemilik apartemen.

Dari hasil ngobrol2 sama temen2, jadi kepikiran nih, kayaknya punya investasi apartemen di segitiga emas bole juga yah.. Waktu datang ke pameran properti bulan februari yang lalu, di The 18th Residence Taman Rasuna punya Bakrie ini harga nya masih ada yang 300-500 jutaan . Itung2 sama kayak investasi beli rumah kan? Tapi beberapa pengalaman saudara, kalo nyewain rumah biasanya penyewa ga tanggungjawab, kebanyakan rumah jadi rusak, sehingga beban perbaikan yang ditanggung pemilik jadi makin tinggi, renov sana sini sepeninggal si penyewa.

Hmmm… mungkin ada yang punya pengalaman?

50 thoughts on “invest apartemen

  1. Hmm..temen aku dulu pernah hampir ambil di 18th Tower. Tapi masalahnya, di situ koq kalo parkir susah banget, padahal kalo masalah akses top markotop. Harga jangan dipercaya mbak..saya dulu malah tahun 2006, mau ambil yang 3 kamar kena hampir 600, masih kosong, inden lama pula. Akhirnya liat lokasi lain kaya Sudirman Park & Casablanca Mansion. Soal akses memang kalah dari Taman Rasuna, tapi menang di layout ruangan. Kalo di TamanRas rada mencong2, di 2 tempat itu kotak2. Kata tukang, kualitas bangunan bagusan di CM.

  2. Sebetulnya enak tinggal di apartemen, ditengah kota. Yang masalah kan kita kurang disiplin, suka menumpuk barang dan tetek bengek lainnya.

    Betulkah bisa Rp.300-500 juta? Temenku mau beli mundur, karena yang dekat Citos Rp.700 juta, kecil dan kosong (belum ada furniture)

  3. Well, as investment, why not?

    As my experience, my family bought an apartment at Margonda Residence, Depok. It is “quite cheap on price” compared with the similar unit on Kuningan.
    Now it is being occupied by Korean. Indeed the unit is near to UI campus, so I think it is a good investment😉

  4. Mbak ; bisa minta contact person utk yg nyewain di setiabudi residence gak ?
    Soalnya aku punya temen yang rutin ke jakarta utk urusan pribadi.
    Kalau nginep di hotel terus kemahalan… (rata2 > 300 rb per malam).

    Thanks ya mbak…

  5. @ 2

    Temenku mau beli mundur, karena yang dekat Citos Rp.700 juta, kecil dan kosong (belum ada furniture)

    Kalo di Citos, emang kerjanya di mana? Kalo di Casablanca 3 kamar (kosong seh) 590. Tambah 50 lagi, semua kamar jadi furnished :)Deket tempat kerja pulak. Tapi ati2 masalah surat2 ya..penting untuk diperhatikan

  6. dan hati2 pula masalah PPN BM seringkali marketing tidak menuliskan di awal, tau2 sekian jut2 di total akhirnya, kabarnya sih apartemen itu murah, tapi PPN BM nya yang mahal, gimana tuh? ada yang punya pengalaman?

  7. Memang PPN BM & pernak-pernik AJB, BPHTP, dll nggak pernah ditulis didalam PPJB sama developer, akan tetapi marketing sudah selalu keep us aware bahwa pernak-pernik tersebut harus dibayarkan ke pengelola kurang lebih dalam jangka waktu 1 tahun setelah serah terima dan kisarannya 5% dari harga yang tercantum di PPJB. Jadi misalnya apartemen 300juta total biaya tambahan untuk item2 diatas tadi paling banter 15juta itupun pihak pengelola yang akan mengurusnya…

  8. wah nggak mungkin kalo cuman 15 juta mas panjul, lha wong rumah saya aja yang harganya kurang dari 300 juta biayanya lebih dari 15 juta, apalagi apartemen yang mengikuti aturan PPN barang mewah, setau saya lebih dari itu deh….

  9. Oh, sori Mbak. Kalau PPN BM udah masuk di harga price list yang tercantum di PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli). Yang saya maksud tadi itu Biaya Pengurusan Sertifikat Hak Milik, Akta Jual Beli, BPHTB, dll yang belum masuk di harga price list (yang nantinya tercantum di PPJB juga) waktu kita beli. Begitu… Sorry for the misuderstanding.

  10. Ini Mbak salah satu contoh T&C utk harga:

    1. Harga sudah termasuk :
    1.1 PPN BM
    1.2 Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
    1.3 PAM
    1.4 Listrik 2,200 watt (2 Bedroom)
    1.5 Instalasi Jaringan Telepon
    1.6 Instalasi Antena TV
    2. Harga belum termasuk :
    2.1 Akta Pengikatan Jual Beli, Akta
    Jual Beli di hadapan Notaris/PPAT
    2.2 Biaya Pengurusan Sertifikat Hak
    Milik atas Satuan Rumah Susun
    2.3 Pendaftaran Sertifikat Hak Milik
    atas Satuan Rumah Susun ke atas nama
    pemesan
    2.4 Biaya Balik Nama Sertifikat
    2.5 Biaya Perolehan Hak Atas Tanah dan
    Bangunan (BPHTB)
    2.6 Biaya Penggunaan dan/atau Biaya
    Pemeliharaan
    2.7 Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
    2.8 Biaya yang timbul atas ketentuan/
    peraturan dr pemerintah

    Yang +/-5% itu tadi untuk yang nomer 2.

  11. Ngurus surat2 ya..hmmm..pengalaman aku sih ga begitu ribet, karena kita serahkan ke orang marketingnya. Cuma bener2 harus diawasi, karena kadang ada oknum yang kongkalingkong ama divisi legalnya, sehingga dengan mulut manisnya, kita diyakinkan untuk tidak bayar PPnBM, AJB, dsb yang di nomor 2 seperti yang mas Panjul katakan di atas. Ini bisa jadi mengarah ke indikasi penggelapan pajak. Cerita lengkap gimana ya..nanti aku tanya ke orang yang beli alias mertua..hihihi

  12. Sebenernya sih PPN BM itu hanya applicable utk apartemen dengan luas > 150m2 kalo menurut peraturan dari Dirjen Pajak, which means apartemen2 kelas menengah di SCBD macam Rasuna, SP, TR, JR, etc. kagak ada yang masuk kategori karena yang 3 BR pun luasnya masih 150m2 itu udah harga > 1M untuk apartemen di lokasi manapun di Jakarta. Tapi gak tau jg sih prakteknya gimana…😉

  13. Ralat : “luasnya masih lebih kecil 100m2” instead of “luasnya masih 150m2”. Da** wordpress… ga bole pake tanda lebih kecil he2x… Mangap, Mbak Nung…

  14. Jeng nungki, kalau inves apartemen, mau dong saya yg sewa ajaah… hahahahahaha….
    Pengen punya apartemen, tapi kantong masih jauh dari harapan hihihhi…

  15. Kalau beli apartemen yang umurnya sudah lebih 10 tahun (mis. Taman Rasuna yang awal2 dibangun) risikonya apa ya? Ada yang bisa nerangin tentant strata title?

  16. Wah, kalo resiko dr sisi kontraktual mungkin orang legal yang lebih bisa menjawab…🙂 Kalo menurut saya sih resiko justru dr sisi duit, karena pastinya harganya udah pada nggak terjangkau & pasti kondisi bangunan sudah menurun… he2x..🙂

  17. Trim Mas Panjul. Terusin dong replynya. Tolong dibahas juga tentang strata title itu. Mas Anjar bisa bantu juga?

  18. Sharing dikit ya, saya lagi coba invest apartemen, tapi kebetulan bukan di Indonesia, pilihannya kenapa bukan di sini, karena disana lagi bebas pajak. Lalu langsung ada guarantee rental rate. Dan sistem pembayaran juga sangat mudah. Saran saya kalau mau invest di apartemen, beli saja yang baru akan bangun, setelah jadi kalau tidak minat disewain, dijual lagi harganya paling ngga udah naik minimal 20%. Itu salah satu alasan saya cari bukan di Indonesia, karena hukum disini masih sangat memungkinkan, mau bangun sesuatu eh pengembang kabur, he.he.he…..

  19. Mbak Nee, kalo di Indonesia semua tergantung developernya sih. Kalo developernya udah well known & proven macam AP gitu ya kita nggak usah khawatir ada kasus macam Hollywood Residence…🙂

  20. @oon………wahhhh saya bukan di taman wisata residence kok, tapi emang di cibubur…..:-))

    @panjul…saya mengacu ke perumahan juga, banyak sekarang yang tergusur sama toll, he.he.h.e..bukan hanya apartement

  21. PPNBM apartemen, menurut UU PPNBM No 8 tahun 1983 yang diperbaharui UU No 18 tahun 2000 yang kemudian diperjelas dengan Peraturan Menteri Keuangan No 620/PMK.03/2004 adalah”
    Dikenakan tarif 20% untuk Apartemen, Kondominium, townhouse dan sejenisnya dengan luas bangunan 150m2 atau lebih ATAU dengan harga jual bangunannya Rp. 4 juta atau lebih per m2 tidak termasuk nilai tanahnya”.

    Jadi jika NJOP bangunan lebih dari Rp. 4 juta, maka HARUSNYA kena PPNBM 20%. Tapi di negeri ini memang peraturan dan kenyataan di lapangan berbeda…jadi mungkin aja yang beli Sudirman Park atau Casablanca Mansion yang mestinya kena PPNBM tapi kenyataan tidak bayar. Oh ya, ini hanya untuk pembeli pertama, artinya kalau beli dari developer langsung. Kalau secondary market sudah tidak kena PPNBM lagi…

  22. Kalo ingin Apartment di tengah kota dengan harga 250 jt-an, tuh lagi di bangun di bek murad punya Sahid. Kayaknya sih kecil aja, tapi dari pada kos yang tiap bulan kadang naik…

  23. Mau nanya, masi newbie ni.
    Klo liat harga2 yang ditawarin di iklan2 untuk secondary apartemen di sudirman park harganya 400-450 jt an (2 bedroom, non furnished) sebenernya harga itu pantes ngga yah? ato terlalu mahal? klo tll mahal kira2 pantesnya berapa hehe.
    Trus itu belom termasuk biaya aneh2nya yah?
    Selain itu harga listrik dan air nya beda ama perumahan biasa yah?

    Thanks very much buat bantuannya =)

  24. Waspadalah!! Waspadalah!!

    Di Casablanca Mansion, udah bayar lunas tapi masih juga belum dapet sertifikat hak milik. Ada apa ini? Menurut angin yang berhembus, konon kabarnya, pemilik unit yang lama pun belum dapet sertifikat juga.

    Menurut angin topan sih, orang di divisi legal memang bermain di sini. Pokoknya serba ga jelas deh.

    @26

    Harga segitu kayanya pantes koq..dah rata2. Cuma kata tukang, kualitas bangunan di sana sih (katanya lhooo) kurang bagus dibandingkan dengan yang sekelas lain developer. Ga tau bener nggaknya. Untuk listrik air, memang agak beda kayanya dengan ;anded house, tapi ga tau juga, soalnya pengalaman aku tinggal di apartemennya bukan di Indo😦

  25. pertama-tama denger sertifikat casablanca mansion sebagai pemilik unit disana saya gusar, ttg sertifikatnya.. eh beberapa minggu lalu saya di undang u/ pengambilan sertifikat.. padahal saya tidak tau kapan keluarnya dan saya tidak konfim/push sertifikatnya.. mungkin saya ikut alur aja kali ya..
    eh… saya mau sewain tuh …ada yg mau?

  26. Berapa rata-rata maintenance fee nya perbulan ?

    Kalo kita punya apartemen niatnya utk disewain tapi dalam kurun waktu tertentu belum ada penyewanya jadi apartemen masih kosong. Apa kita mesti bayar maintenance fee nya ?

    Kalo berbulan-bulan atau lebih dari setahun kosong pasti maintenance fee nya lumayan besar

  27. @shanti
    rata-rata $1 / meter persegi
    iya harus dibayar mbak
    makanya,
    biasanya yang nyariin penyewa itu marketing officenya. atau kalo nggak dapet penyewa juga,
    dijual lagi aja khan udah naik 20%.
    Atau dijadiin kos-kosan.

  28. Saya udah lama di Taman Rasuna, rasanya asik2 aja. Soal kualitas bangunan, kan kontraktornya dari Perancis thn 1994, dibikin sebelum krisis. Kata tukang-tukang (terutama tukang AC) sih, temboknya keras banget.

    Yang asik, disini lingkungan sudah jadi. Segala ada: apotik Guardian, Starmart (ada 4 toko), sekolah High Scope (ini mahal beeng sekolah pake bahasa Inggris), food court bridge link (lengakp, murah, enak, banyak yang cantik2), ada mesjid dn pengajian rutinnya juga playgroup, bis ratis keliling (shuttle bus), taksi banyak, mau makan di hotel ada Astonnya tuh, parkirnya tetap lho per unit (jadi kaak rebutan spt apartemen lain), utamanya service charge masih murah (jadi loe nggak merasa dirampok pnegelola), juga perhimpunan penghumninya kompak banget (banyak orang lulusan luar negerinya, jadi tau masalah). Eh udah ada busway lho … trus ada office park (ada tukang cukur dan salon dan dokter gigi). kalo mau heboh dikit ya ke Pasar Festival. MMC, deket laaaah! pokoke siiip.

    Ah segitu aja dah. mau bobok lagi.

  29. Tanya donk,
    kalau taman rasuna bisa serah terima unit kalau sudah berapa % lunas?

    Di surat pesanan hanya disebut kalau mencapai % tertentu, tidak ada angka specific. Karena saya beli dari tangan pertama bukan developer, dibilang 30 % , ternyata sampai developer 50 % lunas baru bisa serah terima. Sementara temen yang mau beli lsg developer dibilangnya 20 % bisa serah terima.

    ada yang punya pengalaman ?

  30. klo ada yg minat mo beli apartemen tuk tinggal or invest bisa telp or sms andre di 021 71233655 or email di kulkas@telkom.net, andre bisa bantu jelasin detail spek, legalitas, dan bocoran apartemen baru di jakarta, tq🙂

  31. hi..
    numpang ikutan tanya boleh ya? Saya ada minat juga utk beli apartment, cuma saya nggak gitu paham dg seluk beluk pembelian apartment, kira2 ribet gak ya? Dan apakah ada biaya lain spt condo fee perbulannya?
    Ada yg bisa bantun jelasin?

  32. kalau untuk apartemen di indonesia biasanya developer beri 3 opsi pembayaran
    1. cash (1 bulan lunas)
    2. cicil ke developer (lama cicilan tergantung kebijaksanaan developer)
    3. kpa via bank yang sudah kerjasama

    andre
    sahid_sudirman@yahoo.com
    02171233655/081310906555

  33. Kalo beli apartment di daerah setiga emas. Gimana ya prospeknya? lagi mikir mo beli di sudirman park atau di casablanca mansion.
    Hmm.. menurut kalian gimana? Ok ga nih milih diantara dua tempat ini? ada masukan?

  34. mau tanya donk…
    aku lagi ngincer apartemen di warung buncit.. gardenia boulevard… 360 jt/ 33 m2. Ada yang punya pengalaman dengan developernya pt surya sentoso dari cempaka group?

    Ada yang bisa kasih ide dan saran soal PPJB?

    thnx

  35. wah lagi ngomongin apartemen neh..saya udah inden di The Lavande Residence, daerah Tebet-Pancoran. ukurannya 33m2, netnya 29.98 m2 harga 388 juta (pake KPA) and yang paling penting developernya Agung Podomoro…jadi ya pasti selesai lah..hehehe…trus masalah PpnBM..katanya sih ngak bakalan kena..dijamin…

    btw buat rekan2 yang butuh design interior untuk apartemen hub saya aja di 081808069152, saya ada paket interior furniture + elektronik loh..untuk rumah juga bisa sih.pokoknya hub saja aja deh

    info liat aja http://www.designbyeduard.com sama http://www.vindodesign.com ya

    Thanks!

  36. wah lagi ngomongin apartemen neh..saya udah inden di The Lavande Residence, daerah Tebet-Pancoran. ukurannya 33m2, netnya 29.98 m2 harga 388 juta (pake KPA) and yang paling penting developernya Agung Podomoro…jadi ya pasti selesai lah..hehehe…trus masalah PpnBM..katanya sih ngak bakalan kena..dijamin…

    btw buat rekan2 yang butuh design interior untuk apartemen hub saya aja di 081808069152, saya ada paket interior furniture + elektronik loh..untuk rumah juga bisa sih.pokoknya hub saja aja deh

    info liat aja http://www.designbyeduard.com sama http://www.vindodesign.com ya

    Thanks!

  37. ya apartemennya mudah2 bisa selesai lah..trus masalah PPNBm..kayaknya sih permainan deh..soalnya emang beberapa apartemen kelas menengah ngak kena PPNBm tuh…contoh Sudirman Park…ngak tau deh yang lain

  38. mau tanya…gw tinggal di taman rasuna udh 2 tahun….sekarang gw lg parno…takut rubuh…krn gw pikir gedung ini udh tua bgt!!

    ada yg bisa kasih masukan???

  39. Mba Nung….mo nanya pertanyaan yang sama nih seperti yang ditanyakan Tyunarti..tapi kalo ga salah blum dijawab..hehe tau ga mba contact person kalo mo sewa per malam di setia budi resindece ato apartemen kuningan. kalo temennya mba nung tau..mohon infonya yaa… thx a lot…

  40. soal penyewa yg ga bertanggung jawab, mgkn kebiasaan ato praturan di australi bs diterapkan. sblm mnyewa, ada kontrak n penyewa hrs byar bond sebesar biaya sewa per bulan utk jaminan klo penyewa hrs mrawat rumah sebaik2nya. di akhir masa kontrak, bond dikurangin sbsar estimasi krusakan, klo ada kerusakan. klo ga yah, bond dibalikin utuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s