Sharing suka duka DBA (part 2)

rencananya aku mo pindah bidang jadi
oracle DBA (sekarang programmer, dah bored), ada saran gak gimana biar
bisa jadi DBA yang mumpuni, gimana klo ikut training / course. thanks

Sebelumnya sudah pernah pegang database oracle blum? biasanya codingnya pake database apa?

kalo mo jadi DBA yang mumpuni ya harus banyak belajar dari pengalaman,
tidak cukup dengan training/course, karena training tidak banyak
membantu, soalnya materi training sebenernya bias kita baca sendiri di rumah. Justru yang paling penting adalah pengalaman.

Saya juga belajar dari nol, langsung diceburin gitu aja, setelah
setahun otak atik sendiri baru dapet training di oracle university, dan agak2 kecewa karena materinya terlalu simple dibanding problem2 yang saya hadapi.

Tapi saya merasa pengetahuan saya lebih banyak berkembang dengan belajar dari pengalaman, baik itu pengalaman teman maupun senior2 saya.

Jadi saran saya, sering2lah bermain dengan oracle, kenalilah dia dengan baik, lalu banyak2 konsultasi dengan para senior ;)

Emang betul kita lebih bagus belajar dari pengalaman (ngoprek sendiri),
tapi klo kita belajar sendiri, kita kurang dapet studi kasus yang ok.
sedangkan klo mo langsung nyebur juga jarang ada perusahaan yang nerima
dba tanpa pengalaman, sebelumnya dah pernah megang oracle, cuma gak
dalem. coding pake c, php sama oradev. btw dulu metode belajarnya
gimana???sharing dong

=======
Next Comment :

Saran saya mulailah belajar dari orang yang lebih berpengalaman. Ikut project kecil2an kalo ada. Misal yang paling gampang bareng temen2 ngerjain sesuatu yang sedikit banyak menggunakan database oracle.

Pengalaman saya sendiri dulu waktu akhir masa kuliah saya, saya pernah magang di PT.INDOSAT, kebetulan dapet tema migrasi database ke oracle 10g. Sebagai orang yang baru nyebur di situ saya tentu ga ngerti sama sekali, what should i do?

Di sana saya punya mentor yang sama2 baru mencoba oracle juga, dengan browsing2 kesana kemari akhirnya kami bisa mulai belajar dengan mencoba menginstall, trus bikin2 database, dll.

Sebenarnya awal perkenalan saya dengan Oracle ya baru di situ. Begitu masuk di perusahaan yang sekarang ini, saya hanya membawa sedikit pengetahuan dasar dari hasil magang tersebut. Selanjutnya, lagi2 thanx God, saya punya atasan yang lebih senior dari saya dalam hal administrasi oracle. Di waktu awal2 saya masuk kerja, atasan saya sudah punya segudang buku tentang administrasi database yang harus saya baca, dan saya khatamkan dalam waktu yang singkat. hihihihi karena atasan saya langsung menyuruh saya untuk membuat jadwal maintenance yang ideal menurut buku2 itu. Termasuk membuat juknis troubleshoot ketika terjadi error.

Saya kemudian banyak belajar dengan beliau. Dalam berjalannya waktu kemudian banyak kasus2 yang terjadi, awalnya emang panik, ga ngerti musti diapain, tapi hasil tanya sana sini, coba ini itu, akhirnya jadi tau… dan untungnya saya langsung dikasih server testing untuk explorasi pengetahuan saya.

Jadi kalau anda bisa kecebur di lingkungan yang kondusif dengan oracle pasti anda bisa belajar.

Kalau tentang pertanyaan yang ini : “sedangkan klo mo langsung nyebur juga jarang ada perusahaan yang nerima
dba tanpa pengalaman, sebelumnya dah pernah megang oracle, cuma gak
dalem.”
itu sih menurut saya tergantung cara anda meyakinkan perusahaan bahwa sebenarnya anda sudah punya skill oracle, even itu sedikit. Tinggal yakinkan user/hrd bahwa anda orang yang sangat mudah belajar apapun.

Perusahaan itu akan melihat kemampuan & kemauan kita untuk belajar lebih, semua orang di dunia kerja akan selalu memulai dari nol, seberapapun hebatnya dia. Karena belum tentu lingkungan & pengalaman dia sama persis dengan tempat yang baru. Pasti selalu akan ada hal2 baru yang harus dipelajari.

Dan skill apapun itu selalu bisa dipelajari😉

kata sebuah semboyan :

“We hire for attitude & we train for skill”

8 thoughts on “Sharing suka duka DBA (part 2)

  1. lagi belajar ngaudit lagi. ilmu audit itu gampang gampang susah, soale seperti main layang layang, ada saat tarik kenceng, ada saat ngulur benang. jgn sampai putus ajah layangannya …🙂 bisa bubar semua …

  2. Learning by doing adalah sebuah pembelajaran yang paling optimal. Jadi coba saja menggunakan oracle, mulai dari instalasi sampain maintenance.

    Faktor penting untuk belajar adalah motivasi dan konsistensi.

  3. gue abip umur 22 dah ngambil OCA,
    gw sekarang gawe jadi web programmer
    tapi gw pengen banget gawe jadi dba

    tempat gw sekarang ga make oracle sama sekali

    mo nanya ke temen2, ada ga ya info buat magang jadi oracle dba
    soalnya susah banget kalo belum ada pengalaman,
    siapa tau rekan2 dba butuh orang buat bantu2, abip juga mau

    hub. abip di 1rstDev@plasa.com ya

  4. klo mo magang dr nol kaya gw, cb ke indosat pusat.n bnyk blajar lah, ksmptn pasti ad tuk bljr.asal ad kemauan. INSYA ALLAH

Leave a Reply

