Layanan Pemerintah Selalu Buruk

Mengapa fasilitas publik yang dikelola oleh pemerintah selalu tidak profesional. Sebagai contoh, saya telah menjadi korban birokrasi yang dipersulit di beberapa institusi pemerintahan.

Yang pertama pengurusan ktp di kelurahan dan kecamatan setiabudi. kemudian pengurusan IMB di pemda kabupaten tangerang. selanjutnya telepon layanan umum rumah sakit daerah Cipto MAngunkusumo (RSCM) yang selalu diputer-puter, dioper2, hanya sekedar untuk menanyakan dokternya ada atau tidak.

Semua pengalaman itu membuat saya hampir menyimpulkan bahwa pemerintah indonesia tidak pernah bisa profesional melayani publik. Hal ini yang membuat orang2 miskin makin terlantar di negeri ini. Layanan swasta makin menggila harganya, karena jelas mereka lebih customer focus daripada layanan pemerintah. Apakah karena harganya murah lantas, pemerintah menjadi tidak profesional ? ataukah karena pengurus lembaga pemerintahan terlalu sibuk mencari cara untuk korupsi dari pada mengurus rakyat ?

Satu2 nya pengalaman saya mudah mengurus administrasi yang berhubungan dengan pemerintah hanyalah pendaftaran NPWP. Itu juga karena pemerintah yang butuh uang kita, bukan untuk memberi pelayanan ke kita.

Negeri yang aneh😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s