Skip to content

Tips belajar setir mobil untuk wanita

13 May 2009

Pengalaman diajarin Bapak setir mobil dulu dan pengalaman ku mengajari tetangga kemaren, membuatku bisa menarik sedikit hikmah, ternyata wanita itu membutuhkan 1000 kesabaran lebih banyak dibanding lelaki yang nyalinya jauh lebih besar. Wanita memegang setir mobil butuh keberanian yang extra untuk melaju.

Kalo lelaki, hajar bleh, saya ampe keringetan dingin ngajar si mas nyetir mobil, lha wong baru juga pegang stir, langsung kebut, maaakk.. banting kiri banting kanan.. hedeh.. instruktur mana yang gak jantungan.. kakiku aja sampe ikut2an ngerem saking tegangnya :D cukup sekali didampingi, selanjutnya “dah sana muter2 sendiri”.. eh bisa.. meski harus berkorban, mobil penyok di sana sini, nyerempet tembok di garasi :(

Kalo wanita :
“mbaak, ini gimana? aku takut jalannya rame”..
“mbaak.. ini mesin mobil kok tiba2 mati seh”..
“aduh mbaak, dibelakang ada mobil mercy”..
“duuuh ini apa seh nglakson2 mulu, dah tau lagi belajar, aku musti gimana nih mbak”..
kalo aku bilang : “udaah gas aja !! sepi tuh, biar jalannya mobil ga ndut2an”.. “aduuh ga berani, takut nabrak”.. :D

hihihi jadi ingat dulu, persis seperti aku dulu belajar sama Bapak, ngomel sepanjang jalan, takut ini takut itu.. bapak cuman bilang “dah tenang aja, ga usah panik, ada yang nglakson? biarin aja!! jalan masih lebar kok !!”.. hihihi.. gak sia2 akhirnya aku bisa menggantikan Bapak perjalanan jauh Jogja – Malang :D

Jadi tipsnya nih :
1. konsentrasi
>>> kalo cewe lebih cepet khatam teori tapi susah praktek, akan lebih mudah mengingat2 dengan praktek dan latihan soal :D

2. dengarkan suara mesinnya
>>> ini bisa melatih sense untuk seberapa kuatkah harusnya menginjak pedal gas dan kopling (buat yang masih manual). Kapan gas terlalu pelan dan rasanya mesin akan mati. Belajar menyeimbangkan kedua hal ini susah sekali untuk beberapa wanita

3. kasih tanda di pojok depan kiri mobil
>>> kalo aku dulu dibikinin antena sendiri sama bapak, kalo si mas, pasang antena di bengkel, kalo tetanggaku kemaren aku bikinin dari tangkai pohon ditempel di lampu mobil pake selotip, hehe.. ini buat belajar mengira2 apakah sudut terjauh mobil masih bisa masuk ke jalan2 sempit atau untuk belajar parkir.

4. tenang tenang dan tenang..
>>> yang namanya cewe pasti nature-nya “panikan”.. apalagi kalo tiba2 mesin mati di tengah jalan yang rame, diklakson disana sini, kalo dah gitu, tenang aja, dan konsentrasi apa yang harus segera dilakukan : nolkan gigi – injak rem – nyalakan mesin mobil

5. sebagai pendamping/instruktur harus tenang juga, dan menenangkan yang lagi belajar
>>> jangan ikut panik dan malah menyuruh si wanita untuk mundur duduk dibelakang, sabar, biarkan saja dia menyelesaikan belajarnya, di saat2 yang sulit membuat pengalaman dan keberaniannya bertambah

6. belajar berkesinambungan
>>> Jangan pernah belajar nyetir terputus, misal, seminggu sekali, atau sebulan sekali.. ya pasti ilang lagi keberaniannya.. kalo bisa, setiap hari, minimal 1 jam, harus berani muter2 sendiri…

7. sebaiknya pertama belajar, jangan pakai AC dulu, buka kaca jendela mobil
>>> Kalo ga yakin dengan posisi kemudi, posisi ban mengarah kemana, intip saja keluar, ini bisa digunakan untuk belajar parkir mundur juga, lama2 tutup jendela kaca, dan belajar mempercayai spion :D

Jadi, buat ibu2 yang blum bisa nyetir, ayoo belajar.. pentingnya apa? kalo sewaktu2 ada kondisi darurat, sedangkan suami tidak ada di tempat, siapa lagi yang bisa nganter?

About these ads
124 Comments leave one →
  1. 13 May 2009 1:12 pm

    wuaaaahhhhh. jadi bete nih. sblom hamil dah ngejar blajar nyetir, tapi terpaksa ga di praktekin lagi sejak bleeding waktu ituh. dan sekarang kayanyah nol lagih dah. hiks.

    btw mba, tarif nya sejam berapa? hihihi

    • 13 May 2009 1:37 pm

      hahaha.. ya nanti kalo adeknya raya udah lahir, belajar lagi ya.. harus kontinyu biar cepet bisa, masalah pada sebagian besar wanita adalah kurangnya keberanian.. sebenernya bisa, cuman takut, ya ga bisa2.. ;)

      maen ke bintaro gih, aku ajarin sini :P
      tarifnya ga mahal kok, cukup seloyang pizza.. hahaha :D

      • theda permalink
        16 September 2009 3:02 pm

        wah beneran nih gratis hahaha…aku rumahnya deket bintaro nih…boleh dong kalo gt…hahaha…

  2. 13 May 2009 1:33 pm

    bener mba…
    aku tereak-tereak sendiri, heboh, keringetan waktu ngajarin temenku (red: cowok) nyetir utk pertama kalinya. Masalahnya adalah :
    1. itu mobil bapakku
    2. temenku itu adalah manusia dgn komposisi 1% perasaan, 40% logika, dan 59% rasa sok tau

    Walhasil.. sukses besar! tanpa lecet :cool:

    • 13 May 2009 1:40 pm

      wew.. hebat banget kalo bisa meluluskan murid cowok tanpa bikin body mobil lecet :D soktaunya emang lebih gede ya..

      kalo mobilku jadi lecet2 gara2nya pas suamiku markir mobil di garasi ga bilang, tau2 udah nyangkut aja tuh mobil ga bisa maju ga bisa mundur, baru deh panggil aku, huhuhu :(

  3. 14 May 2009 9:38 am

    Aku dulu bisa, tapi begitu hamil plus punya anak, lupa lagi! Abis gitu mobil yang udah biasa dijual, diganti sama mobil yang skali nyentuh rem udah berenti. Sampe skrg ngga berani deh nyentuh nyentuh setir lagi.. Hehehe.. Padahal cita cita jemput suami kekantor slalu ada dalam hatiku..

    • 15 May 2009 10:20 am

      ohohoho.. ayoo.. wujudkan impianmu bu, belajar nyetir sama sekali ga ada ruginya kok ;)

  4. putilaksmi permalink
    14 May 2009 9:56 am

    hihi temanya masih blajar nyetir ya?
    tadi pagi ngantor dah bawa mobil niy..meski sukses bikin macet jalanan di bandar lampung.. hahahahha
    Blajar nyetir emang penting.. apalagi kalo suaminya jauh kek saya ini..hehhehe

    • 15 May 2009 10:21 am

      wahhh selamat bu.. hihihi bandar lampung macet karena si komo lewat ya.. ups.. :P

  5. 14 May 2009 12:52 pm

    Duluuu.taon 2005.. sempat belajar nyetir dengan adek cowokkku

    “Syiiss (nama adek).. di depan ada Kambing nyebrang, gimana dooong??”
    “Huwaaaaa!””
    “Huwaaa..”
    histeris sendiri

    Sis dengan kalem bilang
    “Di rem, dodol”

    *sungguh adek durhaka, dan kakak yang dodol

    • 15 May 2009 10:23 am

      wuakakakaka… guling guling.. kebayang2.. gimana betenya dirimu.. gara2 kambing :D

  6. 14 May 2009 5:41 pm

    gw jadi murid malah lebih galak drpd yg ngajarin…alhasil berantem lagi…berantem lagi wakakaka

    • 15 May 2009 10:25 am

      pasti yang ngajarin si papa tuh.. ahahahahaha.. kata papa : “ampun ampun mak…”

  7. sunghee's mom permalink
    15 May 2009 7:23 am

    wah tips nya bener2 uokeh.. adekku hrs baca nih. coz dia lagi mau belajar nyetir.
    kalo aku dulu belajar nyetir ditempat kursus nyetir gitu, cuma 3 sesi trs belajar sendiri. mau ga mau coz mobilnya udah ada moso mau dianggurin, alhasil bisa deh karena emang diniatin harus dan pasti bisa. walopun awal2 parkir sempet nyerempet innova punya engkoh2 gt, untung orangnya baek, walopun 200ribu ku melayang hahaha

    • 15 May 2009 10:32 am

      hihihi.. selalu ada cerita di balik belajar setir mobil, jadi kenang2nya yang lucu, kalo aku dulu, bawa panther Bapak, naek ke atas taman jalan, jadi mobilnya jalan miring gitu, ampe diketawain ama bule yang lagi lewat, dikirain lagi atraksi :D

  8. 16 May 2009 12:10 am

    kl suami sy suka comment kalo gaya nyetir sy itu tergantung mood. Kl lg adem hatinya, malah gampang panik. Gak berani yg jauh2 (selalu minta di suami, tp dulu msh pacar statusnya, buat nyupirin). Tp kl sy lg ngambek, nyetir ke mana juga ayo aja. sama suka rada ngebut. hehehe…

    tp bener yg namanya nyetir emang hrs terus kali y.. krn sejak nikah sy selalu minta suami yg nyetir akhirnya sp skrg kl di suruh nyetir sy mikir sejuta kali. hehe…

    • 16 May 2009 10:30 am

      hahaha… saat ngambek, takutnya ilang :D mungkin itu salah satu trik suami juga, biar dirimu mau nyetir mbak.. hiahahaha.. dibikin ngambek dulu :P

  9. amali permalink
    24 May 2009 9:27 am

    makasih
    aq pke sbg referensi ya…
    makasih…

  10. 24 May 2009 12:53 pm

    nurullll aku jg mau private belajar nyetir,hehe

  11. nurul permalink
    19 June 2009 12:53 pm

    wah..menarik juga, tnx ilmue ya mbak. senin kayake aku mulai kursus sebelum cuti habis.

  12. Dinda permalink
    27 July 2009 12:34 pm

    wah menarik sekali mb’nunung… saya juga sedang mencari tempat les nyetir, kebetulan saya tinggal di bintaro sektor 2, tapi takut nggak sreg dgn pengajarnya…
    blh minta contact numbernya?
    thanks b4…

    • 27 July 2009 3:04 pm

      mm.. kalo santai2 boleh mbak maen ke rumah aja, sambil nanti kita latihan bareng, tapi saya ga komersil lho ya.. pertemanan saja ;) contact email ku nunung.nq@gmail.com

  13. ellen permalink
    27 July 2009 10:01 pm

    SETUJU!! ndak peduli diledekin ipar ama suami sana sini pada takut aku nyetir. ndak peduli kadang2 masi mati di perempatan, ndak peduli diklakson2. pokoknya NYETIR HARUS BISA

  14. 6 September 2009 6:16 pm

    butuh insting juga kalo menyetir… nah namanya cewe itu susah belajar insting karena pikiran terpecah belah… kalo mau nyetir pertama kenali sifat mobil itu sendiri, jadi satu ama mobil itu, chemistry kali yaa… merasakan mobil itu gimana… baru deh feeling ada tambah main insting juga :)

  15. 6 September 2009 6:20 pm

    “3. kasih tanda di pojok depan kiri mobil
    >>> kalo aku dulu dibikinin antena sendiri sama bapak, kalo si mas, pasang antena di bengkel, kalo tetanggaku kemaren aku bikinin dari tangkai pohon ditempel di lampu mobil pake selotip, hehe.. ini buat belajar mengira2 apakah sudut terjauh mobil masih bisa masuk ke jalan2 sempit atau untuk belajar parkir.”

    > alternatif adalah beli spion kecil di pojok depan kiri mobil, ditaruh pinggiran kiri atas kap mesin mobil… berfungsi banget ;)

  16. theda permalink
    16 September 2009 3:04 pm

    huaaa masukan yang bagus…aku lagi mo belajar nyetir nih hehehe…semoga ilmu2nya keingetan pas belajar hahaha…

    dulu cuma sekali bawa trus teriak-teriak krn takut trus ga pernah lagi hahaha…ini lagi mo coba belajar lagi semoga yang kali ini suksessss…

  17. waty permalink
    10 October 2009 9:56 pm

    aku dulu pernah belajar, tp gak diterusin, skrg pengen belajar nyetir lagi, tp heran takutnya koq gede banget ya,gimana sih solusinya ?

  18. 12 December 2009 2:21 pm

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Sangat bagus informasinya…. terima kasih ….
    visit http://liliramli.blogspot.com
    http://liliramli.wordpress.com

  19. Umi Ghina permalink
    14 December 2009 12:03 pm

    td pagi resmi pake jasa kursus mobil… woi langsung ke jalan sempit yg banyak angkot… hehe sapa takut kan ada instrukturnya.. body feeling gimana ngedapetinnya?

  20. bertha permalink
    1 March 2010 1:52 pm

    kasian ama suami yang ajarin setir kena omelan mulu ; > tambah2in dosa ane. mbak bagi2 tipz tuk parkir mundur L dong rasanya kok sulit puoool :[ .thn ini anakq msk sekolah and suami ngasih tugas antar jmput anak gimana nich belum bs parkir ….klo nyetir biasa sich bisa tp cm berani smp gigi 2 doang :D

  21. 8 March 2010 2:28 pm

    Mbak Nungqee…ajarin aku nyetir private dong hikshiks…aku dah 2 kali kursus tinggal lancarin ajah nih, aku tadinya mo private ma si mas-mas yg di tempat kursus pake mobilku sendiri sampe lancar, aku masi belom lancar parkir. tp klo dipikir2 risih juga belajar private ma cowok. Hiks..hiks..swamiku klo ngajarin sambil marah2, jd aku males

  22. 14 April 2010 10:47 am

    hehe. makasih infonya. ni rencana juga mau latihan nyetir mobil.

  23. Indah permalink
    12 June 2010 11:53 am

    mba,smua yg ditulis diatas bener ttg keberanian wanita menyetir.Sy wkt SMA gr2 nyerempet tembok jd takut deh eh skrg Insya Allah suami bli mobil lg mau bljr nyetir lg.Tapi gimana mobil yg udh ada di rmh buat sy belajar adalah solar sdgkan yg bulan ini mau dikirim mobil bensin trs pst jd mst kudu adaptasi lg dong mba?Jd baiknya gmn dong…minta sarannya aja deh.

  24. bundanya Chiara permalink
    12 July 2010 1:12 am

    huaaaa…aku pengeeennnnnn..dari skarang blm berani..sampe ngiri liat temen2 yg udah bisa nyetirr…sampe suamiku bilang..percuma pnya mobil tapi orangnya gak bisa pake “payah”..hiksss…..

    • Mahmudah permalink
      16 July 2010 9:39 am

      saya ibu rumah tangga yang sudah lama ingin sekali bisa mengendarai mobil sendiri tapi saya sangat takut untuk itu, bagaimana agar rasa takut itu berubah menjadi keberanian karena sekarang-sekarang ini saya sangat ingin bisa mahir menyetir,terimakasih mohon saran dan masukannya.

  25. Mama Sheva permalink
    19 August 2010 8:16 am

    Hehehe…jadi keinget pengalam sendiri nie…..kata suamiku “mobil bagus2 kok jalanya kayak kuda” jadi tambah panik deh mana di lampu merah lagi. “tenang…tenang dan tenang” memang bener tuh. Tips yang OK

  26. tuti permalink
    21 August 2010 3:14 pm

    wah ternyata susah belajar mobil itu ya..ckckckc

  27. senyam senyum permalink
    28 September 2010 8:00 am

    wkwkwkwk
    que jg mo bljr nyetir nie bsok ….
    doakan yaa tmen2 smua …
    mdhan que cpet bisa dan g’ akan lupa cara nyetir sampe bisa beli mobil ndiri ….amien… ( doakan yg sungguh2 dong… jgn ktawa gtu ahh)tks.

  28. 8 October 2010 3:55 pm

    halo mba salam kenal, aku dah ikut kursus stri di graha, kllo minggu latihan mobil sama suami di tanah kosong yng di graha raya itu…….teteup…ngk berani juga kalo dah ketemu di jalan dan bawa sendiri :)…. gimana ya…. fuihh…moso mesti bayar supir kyk artis ajah :)

  29. lisa permalink
    14 October 2010 9:59 am

    mbak nung, aku jg mau dong diajarin nyetir mobil tp bayar nya mahal ga?
    nanti aku hubunginnya kmana? pls mbak bantu aku…

  30. yoke permalink
    26 October 2010 4:14 pm

    mbak………aku sih udah kursus, cm buat bw sendiri butuh pendamping yg bukan suamiku….

  31. aimoet permalink
    31 October 2010 7:54 pm

    Akuuu mau belajaar privaat doong mbak,…. Biaya nya brpa?! Lokasi d mana mbak?! Pernah belajar sama teman, tp deg2an….trs gk pernah lagi sampe skrg…takuut tapi pengen… :D

  32. elly permalink
    12 November 2010 3:25 pm

    hehehe lutcu juga ya baca pengalaman ibu2 smua waktu blajar nyetir< aku skr jg lg belajar nyetir nich, pertama2 suami yg ngajarin tp dia ngajarinya kurang sabar gituh (jadi bete), akhirnya skr diajarin sm supir kantor :0, sdh lumayan bisa sich baru 2x pertemuan, tp tadi pagi aku coba2 nyetir sendiri ditemani suami sm anak ku yg baru umur 3thn, eh baru sampe gerbang perumahan anakku lgs nangis coz kepalanya kepentok dashboard waktu aku ngerem mendadak di pos security, akhirnya balik maning dech kerumah hehehe, tap[i aku niatin pokoke aki hrs bisa.. semangat

  33. vida permalink
    27 November 2010 11:27 pm

    wah klo aku ada di jakarta pasti make jasanya nungki..pengalamanku sih klo nyetir dilapangan tiba2 ada kambing or ank kecil lwat, aku langsung panik…pkoknya keringetan gitu…wah nyaliku emang kecil nih..bisanya cuma muter2 dilapangan ampe puluhan kali..tapi ayahku girang tuh,,,katanya dah jago padahal baru muter2 lapangan aja ..hehe

  34. mama ainyqa permalink
    12 January 2011 12:02 pm

    aduhh…ternyata banyak juga yach teman senasib -sepenanggungan..!!!
    semalem aku habis dimarahin suami< sampe nangis bombay..gara2 ga berani stir di jalan raya.
    terus masih mati mesin. katanya besok pagi harus bawa mobil sendiri ke kantor kalo ngga mobilku mau dijual lagi atau dia mau kursusin pembantuku aja buat stir mobil wahh….masa saingan sama nyonya nya sih???!!!
    kepala muter..pusing 7 keliling, sempet kepikir mau berangkat jam 5 pagi dari rumah… padahal jarak dari kantor ke rumah paling cuma 15 menit..tapi akhirnya ga jadi,,!!
    akhirnya semalem sampe jam 1 pagi aku browsing, cari2 tips buat bangkitin lagi PD ku yang kemaren tinggal 50% gara2 nyerempet mobil orang dua kali…he.he..
    Dan Alhamdulillah…setelah baca pengalaman dari ibu2..tadi pagi dah ngeluarin dari parkiran dengan selamat dan PD nya jadi tambah lagi 90%.
    Insya Allah nanti sore mau stir mobil sendiri ah…..Do`a in ya….. and buat temen2 yang berani, sering2 nyanyiin lagu D`Masiv.. ( Jangan..menyerah..jangan menyerah…!!) tapi kalo masih nabrak juga ya…terpaksa lagu Bondan Prakoso jadi andalan "Ya..Sudahlah.." ..he..he..he..

    • wulan permalink
      16 October 2013 12:10 pm

      Waahh mbak sm pengalaman nya.. Gr2 bulan kmrn sempet nyerempet (walo bru 1x) td nya blajar nyetir nya mau lancar muter2 jd kagok n gemeter terus ni kaki sm tangan tiap mulai pegang stir.. Gmn nih tips nya biar pede nya muncul lg min. 80% dehh hehehe

  35. 16 January 2011 6:06 pm

    waaaah…senangnya bisa gabung disini..pas banget lagi cari2 tips ngilangin takut bawa mobil sendiri. seru juga ya ceritanya ibu2..sista2..hehhe..kalo pengalamanku taun kemarin dah kursus stir, bapak yang ngajarin untungnya sabaaarrr..banget… dia bawa 1 temen yang disuruh nemenim duduk di belakang, sambil tidur..kalo pas aku ngeremnya bikin temennya bangun brati ngeremku masih belum OK.ehhehe….
    dan hasilnya….sampe sekarang juga belum berani bawa sendiri!!hiks…. kayaknya emang bener, harus dapet chemistry dm mobil dulu..harus klik dulu sm mobilnya..dan..harus tenang…

    thx mb, tips2nya.. resolusiku taun ini : harus bisa nyetir & punya SIM A!!!

  36. Lenny permalink
    18 January 2011 2:37 pm

    Mau Beljar Lewat Lenny, hub saja 70608598 or 54369926, dia itu punya tip yang banyak karena bertanggung jawab penuh

  37. 26 January 2011 10:39 am

    siang kk…sy trmsuk yg lola dlm blm nyetir..diajarin sm pp tp ppnya suka bentak bentak..sedihnya…. tp skrg tinggal bljr parkirny…ntah knp mengapa krn apa sy gx bs bs… krn liat info kk jdny nnt sore mw bljr nih..mungkin pake ranting pohon..hhe

  38. Millia permalink
    31 January 2011 5:21 pm

    Mbak Nunung, thanks tipnya. Boleh dong aku privat les setir ma Mbak Nunung, gimana caranya. tq

  39. yenni permalink
    10 February 2011 12:27 pm

    Setelah baca comment ini jadi Semangattt euy belajar nyetirnya! Terimakasih Mba2 semuaaaa.. Aku pengen juga nih belajar nyetir sama Mba Nunung.. Hayoo Mba,buka tmpt kursus ajaaaa banyak nih peminatnyaaa.. :D aku mau yaa Mbaaa klo Mba Nunung mau ngajarinnn.. :D terimakasihhh..

  40. Rina permalink
    14 February 2011 9:49 pm

    Wah mba.. baca artikel ini kok saya jd senyum2 sendiri..soalnya sama persis dgn saya. Jujur saya sdh belajar mobil 3thn tp masih takut keluar kandang… haha..

  41. alfi muntafiah permalink
    14 March 2011 10:40 am

    tks info nya mbak Nungqe…
    ayo ibu2…kita SEMANGAT…. pantang menyerah….harus bisa dan pasti bisa…!!!

  42. yanti permalink
    4 April 2011 12:12 pm

    ibu2 ni.. senasib juga samaaku, kenyataannya memang betul. cewek banyakan takut plus grogian. Seperti aku udah beberapa bulan latihan, waktu atret di tempat sempit, kemarin2 dg diaba2 suami bisa sukses atretnya. Eh besok paginya lagi, groginya keluar waktu liat ada mobil lain ngantri mau lewat. Saking groginya jadi kekencengan nginjak gasnya, walhasil mobilku nabrak pohon,…… untung pohon cabe….slametlah

  43. angela permalink
    3 May 2011 2:59 pm

    Minta tips nya dong…gmana cara ngilangin rasa takut…!
    hizk..sayang ada mobil ngangur ….

  44. Nana permalink
    13 May 2011 5:06 pm

    Lucu2 ya comentnya btw busway aku jg lg kursus stir skrg… Awal2 diajarin suami dasar2nya tp ujung2nya malah brantem mll…skrg klo pas bljr suka nervous putar balik arah duh kringat dingin plus mesin mati di tengah jalan dah diklaksonin stress komplit ….gmn spy wkt puter balik arah bisa sukses ya?

  45. nada permalink
    19 May 2011 10:46 am

    wah…kejadian juga nih sama aq…belajar sama temennya ibu…
    ‘eh, km knp sih de’,udah smp 6 kali g bisa2…dulu aq cm 3 kali ja udah lsg bisa…’
    akhirnya aq putusin aja blajar setir mobil ditempat kursus…weleh..bapaknya gantian esmosi ngajarin aq…gara2 q salah mulu parkirnya…..
    ‘intiny cm 2 mb….bla,bla,bla…’jd pngen tidur dengerinnya…’:D

  46. 30 May 2011 8:47 pm

    ya kalau mau belajar sih , gak usah pake kata “susah” ! Soalnya nanti jadi susah beneran loh … Cba fikir kayak gini aja .. “huh , tetanggaku dulu belajarnya kayak mana ya ?” … Nah , pake imajinasi …. Bayangkan , tetangga anda itu belajarnya lebih parah …

  47. feri yanto permalink
    2 June 2011 11:35 pm

    pertama kali aq lansung bljar mobil truk . wah”!!!! rasanya sunggu” menakutkan dan klo mau belok kekiri carik haluhan dlh yng pas untuk bodinya yang blakang. Oya perna aq wktu dlh aq pas belok kekiri kenak mobil sedan pas waktu mlm hari . wah”……… skrng ya enak klo nytir udh pake tangan satu klo waktu haluan . hehehehhe……

    temen” ya hati” klo mau blajar nyetir mobil.

  48. 13 July 2011 12:24 pm

    aq baru belajar nyetir mobil..gampang2 susah..paling ga bisa mengendalikan kopling & gas..jdny mobilnya ga stabil..mau mengendalikan kopling ee..mesinnya jadi mati, mau nge-gas nekannya terlalu kenceng..trus waktu belok msh blm bisa ngendalikan setir..masih kaku pegang setir..

  49. Wahyy permalink
    21 July 2011 11:32 pm

    Thank mbak ..sangat membantu

  50. erna permalink
    26 July 2011 8:40 pm

    Cerita mba2 & ibu2 bikin semangat ngelancarin nyetir lg. Sy belajar ma suami bertahun2, ga bs2, cm brani di lapangan & org lain ga boleh belajar bareng di situ, hehehe. Akhirnya modal nekat, Maret kmrn kursus, Mei nya bikin SIM, tp msh ga brani bw sdri sih. Targetnya lebaran nanti bs gantian nyetir ma suami pas mudik jkt-solo. Kita saling mendoakan ya tmn2 :)

  51. Antheia permalink
    5 October 2011 9:03 am

    Huahahahaha… lucu juga ya… saya baru mo belajar mobil sore ini. Bisa jadi referensi.

  52. rachman permalink
    15 October 2011 4:34 pm

    hahahahaha….

  53. Amanmuradova permalink
    16 October 2011 6:05 pm

    Saya juga dulu susah bisa menyetir mobil. Sampai hampir putus asa. Berkali2 ganti mobil pribadi tetap gak bisa. Tapi akhirnya setelah sekian lama saya bisa juga.
    Sharing tips dari saya yang sudah mengalami jatuh bangunnya belajar nyetir :) :
    1. Belajar starter mobil sampai bisa maju jalan dulu. Kalau sering mati berarti injakan gasnya masih ragu2. Belajar lagi mengatur injakan gas dan kopling (untuk mobil manual).
    2. Setelah starter lancar, banyak2lah belajar pada posisi gigi 2 karena posisi ini akan sering terpakai saat berkendara. Misal pada saat arus padat, mau belok, atau kondisi2 yang memerlukan mobil berjalan pelan.
    3. Gigi 3 dan selanjutnya otomatis akan terpakai setelah kita berani jalan dan sudah punya feel dalam berkendara.
    4. Tidak harus memaksakan langsung belajar menyetir di jalan raya yang ramai. Kalau menurut saya yang penting belajar dulu untuk bisa menguasai mobil dengan tenang dan nyaman. Setelah itu barulah belajar menguasai medan.
    5. Menyetel musik membantu menenangkan diri saat belajar menyetir.
    6. Tentukan tantangan2 yang perlu diatasi, misal macet di jalan menanjak, melewati gang sempit, parkir di lahan terbatas, dsb. Dan lakukan usaha yang sungguh2 untuk menguasainya. Saat kamu sudah bisa menguasai tantangan2 ini, kepercayaan dirimu akan makin bertambah dan ketakutanmu akan makin berkurang.
    7. Sering2lah menggunakan mobil untuk membiasakan diri dan menambah pengalaman.
    Selamat belajar menyetir mobil ..

  54. magda permalink
    18 October 2011 10:26 pm

    setelah saya baca2 ternyata banyak juga yg senasib sama saya, ada mobil tiap hari bisany cuma manasin mesinny doang. Dulu perna belajar bareng ma ade saya skrg dia ud jago saya masi belom bisa, belajar sama sopir kantor ud, belajar sama montir toko suami saya jg ud, belajar di kursus stir mobil ud jg .. tp koq ya ga bisa2 apa saya begitu bloonny :( frustasi jadiny … pdhal saya ud pernah bawa sendiri tapi krn stop nyetir n wkt stop nyetir blom jago skrg ya ga bisa lagi n skrg koq jadiny malah takut banget ya bawa mobil .. baru ambil konci mobil aj ud deg deg an gimana klo nyetir … apalg pas liat tetangga nenek2 baru belajar ehhh ud berani bawa tu mobil ke jalan .. + sedih d :(
    mudah2an target bisa nyetir saya tercapai …

    • love permalink
      24 October 2011 10:57 pm

      wah sama banget, belajar mobil ngga bisa2 , persis mbak magda, takutan , baru mau nyalain mobil, aduh deh, apalagi d jalan raya yang banyak motor seliweran, ya ampunnnnn
      gimana ya solusinya hikshiks

  55. 19 October 2011 1:45 pm

    hari ini hari pertama aku belajar di ” ANGGREK “, Si Bapak yangngajarin baek banget dan sabar biasa, ibu-ibu sih takutnya yang di dulukan bisanya belakangan…. alhamdullilah hari pertama sukses meskipun ada kesalahan-kesalahan kecil nggak fatal sih….

  56. 25 October 2011 11:14 am

    thanks dear

  57. susan permalink
    26 October 2011 2:33 pm

    mba nungki,

    sy mau dong diajarin nyetir mobil sm mba.

    mba rmh nya di mana? sy di bintaro hill, merpati raya, sawah baru.

    sy bisa sabtu/mgg siang.

    boleh minta no hp mba nungki? :)

    • cici permalink
      17 November 2011 3:04 pm

      huhuhu… susah bgt menumbuhkan keberanian bt nyetir sendiri.. klo ada pendamping, aku bisa pede.. tapi klo sendiri, mikirnya seribu kali ngeluarin mobil dari garasi.. aku harus bisa.. harus..tapi takuuuuuuuuttttttttttt…

  58. eyla permalink
    17 November 2011 10:33 pm

    hihihi lucunya,,,,, aku pengen belajar stir mobil tapi gak punya mobilnya…hahaha :D

  59. dewi permalink
    23 November 2011 4:11 pm

    makasih ya… comment nya bikin semangat, 2x pertemuan lg kursus nyetir sy selesai, mohon doanya… berani n sukses bawa sendiri… , yg msh ragu tuh di tanjakan pas keluar ke jalan raya, mobil mundur or mesin mati, suami keukeuh pilih mobil manual, pdhl tdnya mobil sy agak gede diganti city car gara2 sy pengen nyetir sendiri, sdh diganti ternyata blm berani jg n ambil kursus tuk yg ke 2 kalinya… hehe , pernah sekali bw sendiri sm anak2 pas tikungan mesin mati… mpe 5x nyala mati lg nyala mati lg, tp akhirnya sukses jemput suami walau cm gigi 2 aja….

  60. rahmah permalink
    6 December 2011 6:08 am

    Mbak…( Mudah2an ga salah…) Tulisin cara parkir mundur donk… Tinggal satu itu tuh kelemahanku… HŪHŪHŪ…
    Padahal الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ dah bs jemput misua k bandara dr luar kota, tp klo suruh parkir mundur apalagi di mall, mending bayar Vallet parking deh… Nah, ditunggu catatan/cara buat parkir mundur yaa mbak… Makaassiihh bgt yaa….

  61. Tiara permalink
    9 December 2011 11:47 am

    aku uda blajar nyetir seminggu ini ama babeku, . . pasti kena marah di sepanjang jalan,,, males bget dengerinnya, dan jdi ngerasa terpaksa lok belajar lagi, Tiap jam 4 pagi uda kdu siap blajar mobil, mumpung jalan dpan rmah sepi,, pgang setir uda lumayan, tapi gas ama kopling gak stabil2 mulu,,, gas nya telat mulu, abisnya tkut ngorok mesinnya, g5na solusinya ya mbak???

  62. 22 December 2011 11:26 am

    belajar setir mobil juga kadang tergantung instrukturnya, jika gurunya optimis kasih semangat,”Ayo tancap gas, cepat, santai aja, jgn panik,!” ada lagi instruktur yg katakan begini” aduh udah 6 kali pertemuan ko lom lancar si? harusnya uda tu!” dodol a loe kata gw si…ie jika belajar di desa dekat sawah pasti da lancar paling juga masuk sawah, nah ini di jalanan jakarta yg super padet n di klason ma angkot berkali2.

  63. 5 January 2012 1:08 pm

    pe de aja lagi:))

  64. Anna permalink
    14 January 2012 11:14 am

    Hehehe ternyata belajar nyetir punya banyak kenangan lucu…. dulu pas saya belajar nyetir, pas mobil mau belok otomatis saya putar stirnya, karena dirasa “kok kayaknya mobilnya belum muter ya” walhasil saya tambah putarannya dannnnn…… kebablasan deh, muternya kebanyakan mana dulu mobil belum powersteering jadi pas ngebalikin ke posisi lurus agak lama, berat pula. hasilnya adalah mobil sukses jalan miring nyaris nyeruduk taneman. hihi… langsung deh dimarahin bapak, ibu cuman geleng-geleng kepala aja.
    Tapi sekarang udah lebih lancar nyetirnya karena sering bawa dan kalo waktu senggang sengaja lewat jalan-jalan rame buat nambah pengalaman. saya malah nggak suka kalo nyetir ada yang nemenin malah ganggu, kecuali kalo emang mau nganter kemana gitu sih oke… kalo nggak saya lebih menikmati driving alone, buat saya kok rasanya lebih nyaman dan enak aja.
    jadi buat yang lagi pada latian nyetir saran saya PD aja, mau diklaksonin kek, di lampu dim berkali-kali kek, jalan aja terus, keep going! asal mobilnya jangan ditengah jalan :) biarkan mereka pada lewat.
    kalo semisal mobil macet karena kurang gas di gigi 1, ni kejadian jamak buat yang lagi belajar nyetir mobil manual, nggak usah panik, langsung netralkan gigi, injek rem, starter ulang, kopling, masukin gigi 1, gas dan lepasin tu kopling perlahan agar mobil nggak lompat. that’s simple! so don’t panic.
    kalo mau ngegas yang berani aja kalo emang jalanan sepi tapi tetep jaga jarak sama mobil lain untuk manuver.
    selamat menyetir mobil……..

  65. Nadhif permalink
    19 February 2012 2:45 pm

    Tq infonya mbak..bagus+betul banget,jd makin bersemangat nih..ala bisa krn biasa yaa,jd musti dipraktekin terus,sampe2 my hubby bilang..nti kalo udah bs nyetir jgn2 ga mau turun dr mobil..maunya jalan2 mlulu hehehe atau malah minta dibeliin mobil sendiri hahaha..

  66. sekar permalink
    21 February 2012 12:46 am

    saya juga sedang berniat untuk belajar nyetir mobil nih, mohon doanya yah kakak, sekarang baru cari-cari tempat kursus setir mobil di Jogja, saya bisa nyetir motor tapi ga bisa nyetir mobil, pengen jd wanita mandiri dan modern aja klo bisa nyetir mobil *ehhh….

  67. Owcha permalink
    24 February 2012 12:07 pm

    Ikutan berbagi pengalaman belajar nyetir achh..;) td malem q bru pertama kali belajar,,ampun deh deg-deg an bgt mpe keringet dingin..awal q dilapangan ja belajar nya tuh..yg susah tu ngimbangin tancap gas,,,,bener2 susah,klo hbs belok mesti gas turun jd nyendat2 geto dech…;) untung instrukturnya sabar bgt
    tp q ga boleh nyerah hrus tetep belajar n belajar biar bisa jd cew mandiri n bsa nyenengin ortu krn bsa nganter mreka kmana aja tnpa harus kepanasan kalo panas n ga kebasahan kalo lg hujan…hehehehe

  68. fay permalink
    5 March 2012 11:45 am

    haha…ternyata gitu ya…aku baru mau belajar.. thanks banged mb nungqee.. ayo podo semangat ibu2….

  69. Lea permalink
    12 March 2012 8:07 am

    Kalo aq seh, swami cpt capean orgnya jd musti cpt2 bs bw mbl neh, trz qt orgnya suka refreshing pke mbl jd biar hemat gk pke supir,hehey

  70. Nina permalink
    20 March 2012 10:16 am

    Makasih ya mbak tipsnya..komentar2 driver cewek diatas tuh saya bangeeet..hehe..eh salam kenal nih dari Jogja..

  71. irma permalink
    10 April 2012 12:18 pm

    mantappsss… saling medoakan..semoga sukses bt semuahnya… buat sy juga yg lum bisa ngatasi brenti di tanjakan.. yg ada mundur hiks hiks……..

  72. anis permalink
    21 April 2012 4:47 pm

    Aku pernah diajarin suami skali (ngomel mulu)minggu depan suruh mulai kursus setir. Setelah baca ini..jadi semangat rasa takut berkurang..
    Gimana ya cara ngilangin rasa takut?apalg nanti’y suruh bw mobil sdr kemana2..kita jauhan suami samarinda ak brebes..doakan ya biar lancar dan bisa..

  73. rara permalink
    21 April 2012 7:49 pm

    Trims y mba untuk tips nya..benar2 membuat semangat nih ..aku jg ud belajar stir mobil di kursus sepertinya ud pengen langsung bisa aja deh tp pas mau mulai sendirian jadi takut ga berani..ih hh gmn sih biar rasa takut itu ilang ya ..mba ?? mohon supportnya lagi dunk ya..biar maju terus dan pantang mundur nih…

  74. deasy permalink
    30 April 2012 9:56 am

    Salam kenal..
    Ya ampun.. Saya kira cuman saya yg merasa sangat terpuruk belajar mobil ini..
    Udah 2 minggu kursus d LPK tp msh blom berani bawa sendiri. Mana suami tugas luar kota.. Minta bantuan pun ga’ da sodara, maupun ortu.. Bener2 sendiri..

    Belajar mobil bener2 jd beban yg hrs d tuntaskan.. Tiap hari cuman bs liat mobilnya kepanasan + kehujanan.. Terpajang manis depan rumah..

    Moga dengan membaca kisah2 para sahabat bs membangkitkan keberanian saya untuk keluar dr tempurung.. Amin YRA..

    Btw thanks atas tips nya.. Moga bs bermamfaat buat saya dan para sahabat yg msh ragu.. HeHehe…

  75. vie permalink
    3 June 2012 12:35 pm

    hehehe lucu2 juga penglman2x ..beta lagi pikir nich mendingan belajar bawa mobil biar seruduk sedikit ‘ga lecet alias jatuh hahahaaa
    coz” beta pernah belajar motor ,,,,udah turun jaln eeehhh stir ke kanan malah motor jatuh ke kekiri dalm goot,,,ckckck jadi agak trauma itu taon 2007
    tapi skrng taon 2012 mau belajar biar bisa kemana2 gampang ,,,tinggal ingatin nd biasain lagi eeehhh mulai pake kaki ,,,akhirnya udah bisa sdikit,,,,tapi jatuh krna blm bisa koontrol gas
    jadi mending belajar nyetir mobil aja hehehe tx for all coment2,,,,

  76. siwi permalink
    16 June 2012 10:07 pm

    Singkat dan memberi semangat untuk blajar.thx ya…:))

  77. cilutte permalink
    15 July 2012 11:04 am

    hahaha… terimkasih sharingnya mbak…. meski postingan udah tahun 2009.. tapi tetep bermanfaat di tahun 2012 ini….
    apalgi buat saya yang baru 2 hari ini belajar mobil…
    ternyta wanita juga memiliki maslah yang hampir sama saat belajar mobil ya…
    kukira cuma saya aja…
    kmrn langsung keringat dingin waktu sama yang ngjar lnsung disuruh belajar di jalan raya Manahan….
    hasilnya… tekan gas kekencengan, setir g bisa ngatur…
    konsentrasi pecah antara kopling, rem, gas, setir, kaca spion, reting, mobil yang lain…
    hahhh….biasanya kaki kiri dipake ngerem (kalo pake motor) sekerang buat gas…
    bismillah semoga bisa cepet lancar naik mobil nya… Aminnn…
    biar bisa bawa keluarga jalan2…
    kekeke…

    • wiet permalink
      10 September 2012 12:38 pm

      wah bener jg yah…kbanyakan cwek byk takutnya pdhl kl udh terjun ga seserem yg dibayangin xixixixixi,,btw hr ni q hr pertama kursus nyetir di “senior” tamrin,alhamdulillah sekses n sdikit menambah nyali hehehe….mudah2an 4x pertemuan lagi udh lancar amiinnn

    • DONA permalink
      29 January 2013 10:08 pm

      Hii cilutte..wah dari solo jg yah?kok bljrnya rute Manahan?sama dunkk…aq wktu kursus jg pake rute itu hehe…mang dl kursus dmn neh?
      btw skr ud gape kan nyetirnya?

  78. Feby permalink
    19 September 2012 4:33 pm

    Mba, boleh minta notelp.nya? Kebetulan rumah saya di Bntaro sektor 3 jg.. Pengen nanya2 nih..

  79. agus permalink
    24 September 2012 6:44 am

    boleh juga nih tipsnya…kebetulan saya lagi ngajarin mami…

  80. risma permalink
    26 September 2012 10:04 am

    hhuuuaaahh,,,seru banget, seneng deh baca pengalaman ibu2 semua. Semalam ak dmarah suami. secara aku udah kursus 10x pertemuan, berharapnya sih sdh ada keberanian, tapi nyatanya blm bisa bw sendri. Huufft…mau ngeluarin mobil dari garasi itu takutnya minta ampuuuunnn. masalahnya jalanan sempit dan depan rumah saya itu langsung “”””jurang booo”””…..aaaaahhhh….ya ngepperr lagi.
    Tips nya miswa semalam ‘ belajar maju mundur, isahakan jaga jgn sampe mesin mati.
    udah ngak usah pake banyak nanya ! itu aja dulu, kalo udah bisa laporan ke saya ” huakakakakkkk….

    tadi pagi sy coba keluarin mobil, mesinnya sampe mati 15 kali…
    bahaya ngak sih kalao mobil sering mati gitu…jadi takut kalo mobilnya rusak.
    tangkiuuu…
    semangat bu ibu..

    • Tika permalink
      6 October 2012 11:35 am

      Hihi..mbak Risma mirip ma kejadian yang saya alami.. saya udah bela-belain kursus nyetir.. tapi masih ga bisa2 nyetirnya.. sampe frustasi… apa emang ada orang yang memang tidak akan bisa nyetir ya?… sekarang aku lagi hamil, jadi ketunda lagi deh belajar nya.. padahal sudah bete banget setiap kali mau jalan mesti tergantung sama suami or adek yang masing2 punya kegiatan sendiri… semoga aku bisa nyetir… thanks ya semua yang udah share…

  81. leogirl permalink
    20 October 2012 10:07 pm

    Mba bagi tips dong, kalau cewek baru mau belajar mobil tapi kakinya kurang panjang, ada tips untuk membantu sambung pedal gas gak. supaya duduknya bisa enak kalau kakinya enak sampai ke pedal.

  82. ria permalink
    24 October 2012 3:10 pm

    Wah ternyata saya ga sendirian yaa,,,,lola belajar nyetirnya, sampe yang ngajar terheran2,,,biasanya orang2 dua kali pertemuan sudah lancar,,,saya jadi ngeper dengernya,,,mana tadi belok patah di perum nabrak tembok tetangga pulak,,,,baca postingan mba mba smw saya jadi smangat lagi,,,,,minta tips dong cara sukses belok patah,,,,hiks

  83. Perwita susi permalink
    25 November 2012 12:07 pm

    `Dengan info ini mudah2 an aku juga bisa nyetir sendiri, InsyahAllah besok aku bener 2 sekolah stir and bawa anak2 ku jalan2, sekolah dan pulang kampoeng Amiin

  84. 16 January 2013 11:40 am

    sama jg…uda 2 bulan belum bisa2….bner ya mba emank hrs tiap hari…setuja bgt….bwt yg baru mau mulai belajar…jadwalin bner2 hrs tiap hari….untuk mulai bljar nyetir…
    semenjak beli mobil matic….jd pgn bs nyetir mobil..tyt gampang loh sodarah-sodarah….emang hrs berani injek gas..intinya kl cwe……jgn takutan….kl sempet stress istirahat dlu bentar…tp abis itu hrs mulai..jgn lsg udahan…..okay bu?

  85. DONA permalink
    29 January 2013 9:58 pm

    Hahahaa…hanya d blog inilah aq menemukan pengalaman lucu soal belajar stir..ternyata aq gag sendiri (banyak temennya euy..)Jadi inget februari th ll kursus stir,kebetulan pelatihnya sabarrr bngt,tp mpe 15x pertemuan kok aq blm gape2 yah..nee critanya aqnya yg super grogi or apaan yah…apalgi pas jlann rame n pake acara mati mesin sgl,blm lg d klakson mobil2 dibelakang…alamakkk.. malu, n nervous nee g ketulungan.
    akhirnya suami yg ambil alih jd pelatih…nee krn kursusnya gratisan or gmn,kok rsnya galak bngt neh suamiku,yg ad d mobil malah teriak2 adu argumen wakakakkkk….
    Hmmm..hampir stahun strugle dng stir,akirnya nyaman jg dng mobilq..wktu keluar kota, dari jogja,sempat gantiin suami dari klaten mpe solo…dng selamatt…hehehe..praise the Lord.
    Bwt sista2 semua..yg masih grogi bljr stir..kumpulin niat dl aja,biz it modal doa n keberanian..st saat pasti sukses kok…Cap cus yuukkkk..

  86. Nia permalink
    21 February 2013 1:29 pm

    nice article :)
    nemu artikel ini karena sengaja cari tips2 buat ngilangin trauma nyetir,, sempat belajar di tempat kursus kmudian beberapa kali nyoba pake mobil sendiri dan menghasilkan baret2 dan terakhir nabrak pager rumah smpe body mobil yg depan penyok parah. alhasil, trauma dan takut buat nyetir lagi.
    besok mau nyoba lagi nyetir ke kantor yg jaraknya lumayan jauh.. tipsnya berguna insyaAllah,, tenang..tenang..tenaaangg.. do’akan saya bisa segera mengatasi trauma..amiiin.. :)
    *thanks 4 d’ tips

  87. Temmy permalink
    26 February 2013 4:47 pm

    Bisa mengikuti Belajar Setir. bagi yang di Purwokerto, bisa datang ke spesialis Belajar Setir MOBILe. Jadwal bebas. Bisa atur dengan bu Temmy no. 085842993288

  88. Anggi permalink
    27 March 2013 7:57 am

    Liat setir mobil aja langsung ciuttt apalagi belajar nyetirnya….10 taun gak berani2, pengen nangis tp malu. Anak2 makin gede dan kebutuhan lainnya membuatku hrs belajar walaupun harus nangis2 ttp harus berani (ceritanya lg ngumpulin nyali, nih) 10 taun kok gak ngumpul2 nyalinya hadeuhhhhhh tuh nyali ngumpet dimana yak???

  89. imel permalink
    23 April 2013 7:19 pm

    Selalu iri kl liat pere bisa nyetir. Di keluargaku cuma aku aja yg ga bisa. Bln lalu diajarin mertua selama seminggu.begitu mertua pulang kejawa jadi berhenti lagi latihanya. Dan tadi pagi krna anak pengen ikut ke kantor n suami lagi sibuk jadi terpaksa bawa mobil sendiri. Pas waktu pulang mau mundur ke injak gas puolll untung gak nabrak temen2 yg lagi nunggu jemputan. Tp maluuuuuuuunyaaaaa wihhh bikin panik..kapokkkkkk

  90. mirah permalink
    6 May 2013 9:48 am

    xixixix,,ternyata bkn aku aja yg grogi,aku sdh ikut kursus 10X pertemuan tp msh aja blm stabil antara kopling n gasnya apalagi mau nikung dipertigaan ato perempatan pasti mati tuh mobilnya lgs ciut nyali deh krn diklakson2 terus sm mobil diblkng,,,hadeh n beraninya cuma didampingi suami klo bw sendiri msh ketakutan serasa mau nabrak aja,,,mudah2an dgn sharing ini aku jadi pede bw sendiri,kita sama2 doakan ya ibu2 biar bisa lancar nyetirnya:)

  91. magda permalink
    8 May 2013 11:36 am

    haloo, dulu saya pernah tulis susahny nyetir mobil ..
    setelah membranikan diri skrg saya ud bisaaa, ud bisa ngebut, bisa nyalip hehehehe …
    bagi teman2 sekalian yg blom berani dicoba aj, setelah coba di jalan ternyata ga seseram yg dibayangkan … :)
    semangat yaaa :)

    • nia permalink
      20 May 2013 12:34 pm

      Kmrn pas hamil 4blnan aq belajar nyetirnya ama suami, cuma muter2 komplek aja, sktr smggu full belajar tiap mlm, berhubung masih mabok plus nyali masih kemana2 stop deh, skrg hamil udah 7blnan, nyalinya agak ngumpul malah khawatir ama perut makin gede…bismillah..niatnya abis lahiran mau belajar lagi, moga2 ga lupa antara gas, rem, kopling…abisnya ngiri bo’ liat pere dijalan bs lincah bw boilnya…huhuhu

  92. vina permalink
    29 May 2013 7:56 pm

    hari ini hari pertamaku kursus nyetir.. pengendalian gas dll sukses.. tp susah banget ngendalikan setir. bingung kapan saatny muter setir kalo belokan.. belum bisa ngukur badan.. belum menyatu dgn mobilny.. emang benar perlu pake perasaan n punya nyali… doany ya sista2,,,

  93. rene permalink
    4 June 2013 10:21 am

    Mba.. ajarin yg matic bs?
    Hub ke emailku ya (serius mba)

  94. 6 June 2013 2:03 pm

    sangat bagus sekali tipsnya.bisa bermanfaat bagi yang sedang belajar nyetir.setelah lancar menyetir beli mobil baru ya,hehe…kalau mau beli mobil bisa saya kasih satu alternatif merk mobil yang menurut saya bagus.silahkan masuk sini merk mobil untuk melihat spesifikasinya

  95. lina permalink
    25 June 2013 1:04 pm

    bagus jg tips2 dr ibu2,mdh2n saya bisa,sebab kasian bgt kl kita hanya ketergantungan sm suami,kl tiba2 suami dinas luar,repot.anak2 mau kemana2 kasian apalagi kalau panas atau hujan,sementara mobil diam di rumah…

  96. 6 July 2013 4:03 pm

    tadinya senyum2 sendiri baca komen2 diatas tp lama2 jd mules ke inget mobil baru yg insyaallah dtg minggu depan huhuhuhu gimana kalo eikeh ga berani yak secara minta matic dikasihnya manual … mules banget nih rasanya perut seperti waktu mo ijab kabul xixixixi

  97. 22 July 2013 1:41 pm

    waah sama yah

    tadi juga sama diomelin sama ayah sebenernya yang ditakutin kalau jalanannya nanjak n mundur mati lagi mesinnya akhirnya digantiin deh sama ayah

    sepertinya kalau dengan keluarga
    bakalan diomelinnya galak…

    baca koment diatas ketawa2 tapi bener bgt pengalamanya
    udah bisa nyetir tapi belum lancar T_T

    gimana yah?

    • detta permalink
      4 September 2013 11:11 am

      wkwkkkwkkkkkk…. baca koment para momz ngakak abiezzz… bermanfaat bgt neh buat aku yg mo belajar setir mobil.. tapi gimana mo belajar pegang kunci mobil aja dah keringat dingin yg keluar… moga2 6x pertemuan dah lancar cuuuuzzzz….. bisa antar-jemput anakku skul… :) #semangaaattt…..

  98. tati permalink
    16 September 2013 3:07 pm

    thanks info nya , kebetulan saya mau belajar setir mobil nie…..

  99. 23 September 2013 10:16 am

    waw tulisan 2009 masih lestari sampe 2013. ga ada matinya ya tema ini, share ah ke isteri

  100. 3 December 2013 9:08 pm

    Wow MBA nungki… Tulisanmu bikin aku semangad nih..

  101. dyan permalink
    17 December 2013 1:09 am

    Aku bsk mw belajar mobil,sbnerny ak msih ragu2 seh,soalny aku msih trauma wktu itu aku udh bs setir mobil cm emng blm gape,misua nyuruh ak yg bw mobilny,pd saat itu aku ragu tp tetep aq jalanin alhasil knp aku lgsung nancep gas kenceng2 n nabrak deh pagar rmh.n parahnya lg aku lupa rem ada dmn!!,ya allah untung dirmh aku ada pasir saat itu rmh aku dlm renovasi klo ga ada pasir yg bs nahan itu mobil….hufftt ga tw deh…ya ampuun gmn yh carany ngilngin trauma ini….pleaseeee..aku ingin bljar lg,tp takuutt..mudh2an bsk aku hrs bs n berani,doakan aku yh teman2..

  102. fitri permalink
    17 December 2013 1:07 pm

    haduhhh bunda2 aku latihan sudah 14 jam tapi belok atau tikungan kok takut yakkkk selama 15 tahun kerja sama satu kantor dengan suami eeee sekarang sekarang kerja misah mau gak mau harus punya kendaraan gak bisa duduk manis…haduhhh haduhh mudah2an mulus sampai 20 jam kedepan…prinsipku gak mau di paksa tapi aku berusaha…

  103. vie permalink
    4 January 2014 12:11 pm

    mbak, saya kirim email japri mau ikut belajar ya :)

  104. neni permalink
    22 April 2014 12:51 pm

    Wah”membntu B̲̅åπƍέ† ΩĭĆĦ☃ mb”sy sebagai pemula yg ♏äƱ belajar nyetir”baru bayangin”βϊ§α g Ƴαα “mmudh2an βϊ§α”tp rasa waswas belom bs d kendaliin+suami g ♏äƱ ngajarin”ktya mending kursus aja…

  105. Titi Fajar Wahyuni permalink
    17 July 2014 10:00 pm

    Thx mbak semua sharing2nya. Sama persis kaya sy kemaren, ditanjakan tiba2 mobil mesinnya mati.alhasil sukses membuat macet hingga ratusan meter :D
    diklaksoni sana sini,dimarahi ,huahahaha semua ada cerita uniknya masing2 ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: